Penyebab Lidah dan Dinding Mulut Tergigit Dengan Sendirinya

DokterSehat.Com– Apakah Anda pernah mengalami suatu kejadian di mana lagi asik mengunyah makanan, lalu tiba-tiba lidah atau dinding mulut tergigit? Tentu saja akan terasa sangat sakit, bukan? Hal itu lumrah terjadi pada hampir setiap orang. Meskipun Anda sudah makan dengan hati-hati, namun tetap saja Anda menggigit lidah atau dinding mulut sendiri. Saat Anda mengalami hal tersebut, Anda tentu saja akan merasa aneh dan tidak tahu apa penyebabnya, sehingga Anda kehilangan kontrol dan tiba-tiba menggigit lidah dan dinding mulut sendiri.

Mulai sekarang, Anda tidak perlu bingung dan merasa aneh lagi. sebab, ternyata ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menggigit lidah atau dinding mulut secara tiba-tiba. Berikut penjelasannya.

  • Mengunyah Terlalu Cepat dan Emosi Berlebihan

Salah satu penyebab utama dan paling sering dilakukan yang bisa menyebabkan lidah atau dinding mulut tergigit adalah ketika Anda makan dan mengunyah makanan tersebut terlalu cepat. Selain itu, emosi yang berlebihan juga seringkali membuat Anda menggertakkan gigi atas dan bawah sehingga menyebabkan lidah atau dinding mulut ikut tergigit. Cara mengatasinya, Anda harus lebih santai dalam mengunyah makanan dan cobalah untuk meredamkan emosi Anda.

  • Terjadinya Gesekan di Dalam Mulut yang Kering

Mungkin ini adalah penyebab Anda menggigit lidah dan dinding mulut yang jarang terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Ketika Anda sedang mengunyah makanan, maka gigi akan sesekali menyentuh bagian dinding dalam pipi. Dinding pipi ini berfungsi untuk membuat makanan tetap berada dalam zona kunyahan. Sedangkan lidah berfungsi untuk meggerakan makanan untuk melewati kedua rahang Anda, serta untuk memindahkan posisi makanan di mulut.

Proses tersebut akan berjalan lancar jika kondisi mulut Anda licin akibat ludah yang dihasilkan oleh air liur. Akan tetapi, tak jarang pula Anda berada di dalam situasi mulut kering, padahal Anda tengah memakan jenis makanan seperti roti, kue, dan gorengan yang dapat menyerap kelembapan mulut. Sehingga, hal tersebut menyebabkan Anda merasa kesakitan saat mengatup menjepit lidah atau dinding mulut Anda.