Lidah Hitam: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

lidah-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com – Terkejut melihat lidah Anda tiba-tiba berubah warna menjadi hitam dan bahkan disertai dengan bulu? Kondisi ini tentu saja bukannya tanpa alasan. Lidah hitam yang Anda alami menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan indera perasa tersebut sehingga perlu segera diketahui penyebabnya agar bisa diatasi. Lantas, apa penyebab lidah hitam? Bagaimana cara mengobati lidah hitam?

Penyebab Lidah Hitam, Kok Bisa?

Pada kondisi normal, lidah berwarna merah muda dengan disertai bintik-bintik di permukaannya yang disebut sebagai papila. Akan tetapi, sejumlah faktor menyebabkan lidah mengalami perubahan warna menjadi hitam gelap, dan tampak seperti ditumbuhi bulu walaupun sebenarnya bukan bulu.

Perubahan warna pada lidah pada umumnya dikarenakan sel-sel kulit mati pada papila menumpuk dan memanjang (bisa 15 kali lebih panjang dari ukuran normal). Kondisi ini membuat papilla terpapar bakteri maupun zat-zat tertentu. Paparan kedua hal tersebutlah yang menyebabkan lidah berganti warna menjadi hitam atau pada beberapa kasus, warnanya menjadi kuning, hijau, dan lainnya.

Berikut ini adalah penyebab lidah hitam yang perlu Anda ketahui

1. Tidak Menjaga Kebersihan Lidah dan Mulut

Seperti yang sudah disampaikan, penyebab lidah hitam adalah bakteri. Adanya bakteri pada lidah sangat erat kaitannya dengan kebersihan lidah maupun mulut secara keseluruhan.

Jika Anda malas membersihkan lidah, jangan heran jika tiba-tiba mendapati lidah berwarna hitam. Pasalnya, lidah yang jarang dibersihkan membuat sel-sel kulit mati pada papila menumpuk dan ujung-ujungnya menjadi “tempat tinggal” bagi bakteri yang menyebabkan lidah berwarna hitam.

Oleh sebab itu, jaga selalu kebersihan mulut, gigi, dan lidah Anda agar terhindar dari kondisi lidah berwarna hitam ini.

2. Produksi Air Liur Sedikit

Produksi air liur yang sedikit juga menjadi penyebab lidah hitam yang harus Anda perhatikan.

Air liur sangat dibutuhkan untuk mengusir bakteri yang ada di dalam mulut (termasuk lidah) sekaligus membersihkan sisa-sisa sel kulit mati pada papila lidah. Akibat produksi liur yang kurang, bakteri dan sel kulit mati akan menumpuk pada lidah dan menyebabkan lidah berwarna hitam.

Kurangnya produksi air liur berkaitan dengan dehidrasi. Jika tak ingin lidah Anda dipenuhi bakteri dan sel kulit mati, pastikan untuk menjaga mulut tetap terhidrasi. Caranya, tentu saja dengan mencukupi asupan cairan, entah itu minum air putih yang banyak atau makan buah dan sayur.

3. Kopi dan Teh

Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang sudah lekat dengan keseharian kita. Tanpa disadari, kandungan zat kimia pada keduanya selain menyebabkan perubahan warna pada gigi juga menjadi penyebab lidah hitam.

Hal ini sangat dimungkinkan apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi salah satu di antara keduanya (atau dua-duanya). Jadi, baiknya batasi konsumsi kopi dan teh untuk mencegah lidah berubah warna menjadi kehitaman.

4. Rokok

Selain kopi dan teh, rokok juga menyebabkan lidah berwarna hitam.

Alasannya, tak lain dan tak bukan karena bahan tembakau pada rokok tersebut. Tembakau adalah zat yang diklaim sangat mudah mengubah warna lidah menjadi hitam akibat papila yang mengalami perpanjangan.

Anda yang merupakan perokok aktif tak usah heran apabila menemukan lidah berubah warna menjadi hitam.

5. Obat Kumur

Di balik manfaat obat kumur untuk menjaga mulut tetap bersih dan segar, ternyata Anda harus berhati-hati ketika hendak membeli produk obat kumur.

Pasalnya, sejumlah jenis obat kumur disinyalir justru menyebabkan lidah berwarna hitam. Jenis obat kumur yang dimaksud yaitu obat kumur yang mengandung peroxide. Zat ini faktanya memengaruhi keseimbangan bakteri di dalam mulut.

Dampaknya, bakteri “terbantu” untuk dapat tumbuh dan berkembang hingga akhirnya menyebabkan lidah berwarna hitam.

6. Obat Antibiotik

Penggunaan obat-obatan juga turut menjadi penyebab lidah hitam yang Anda alami. Obat antibiotik, misalnya. Obat ini bertugas untuk membunuh bakteri jahat yang ada di dalam tubuh, pun bakteri baik yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Akibat aktivitas tersebut, keseimbangan jumlah bakteri di dalam mulut termasuk lidah menjadi terganggu. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan jenis bakteri lainnya berkembang yang lantas berdampak pada perubahan warna lidah.

7. Bismuth Subsalicylate (Pepto-Bismol)

Selain antibiotik, jenis obat lainnya yang diduga turut menjadi penyebab lidah hitam adalah bismuth subsalicylate (pepto-bismol).

Bismuth subsalicylate adalah obat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Masalahnya, obat ini ketika bercampur dengan zat sulfur yang ada pada mulut menyebabkan lidah berubah warna menjadi hitam.

Gejala Lidah Hitam

Selain lidah yang berwarna hitam, kondisi ini mungkin juga disertai dengan sejumlah gejala lainnya yaitu:

  • Napas bau (halitosis)
  • Sensasi gatal pada lidah
  • Lidah tampak seperti ditumbuhi bulu

Cara Mengatasi Lidah Hitam

Tidak perlu khawatir karena lidah hitam bukan tergolong masalah kesehatan yang serius. Lagipula, lidah berwarna hitam yang Anda alami bisa diatasi dengan sejumlah cara yang bisa dikatakan mudah.

Berikut ini adalah pelbagai cara mengatasi lidah hitam yang patut Anda terapkan:

  • Rajin membersihkan lidah, cara ini untuk memastikan tidak ada bakteri maupun sisa sel kulit mati yang tertinggal pada lidah. Bersihkan lidah secara rutin 2 kali dalam sehari
  • Berhenti merokok, karena tembakau rokok memiliki efek kuat dalam mengubah warna lidah menjadi hitam.
  • Batasi konsumsi kopi dan teh, karena keduanya juga turut andil dalam mengubah warna lidah meskipun tidak sebesar rokok. Itu sebabnya batasi saja bukan dihindari sama sekali
  • Minum air putih, karena salah satu alasan lidah berwarna hitam adalah kurangnya produksi air liur yang dipicu oleh dehidrasi pada mulut
  • Diet tepat, yakni mengonsumsi makanan-makanan yang netral dan tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan bakteri berkembang dengan baik. Buah dan sayuran adalah pilihan diet terbaik untuk mengatasi perubahan warna pada lidah

Khusus lidah hitam yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, maka cara mengatasi lidah berwarna hitam dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan solusi mulai dari alternatif pengganti obat hingga dosis yang tepat guna mencegah penggunaannya menyebabkan perubahan warna pada lidah.

Itu dia informasi mengenai lidah hitam beserta penyebab dan cara mengatasinya. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila lidah hitam yang Anda alami dirasa mengganggu. Semoga bermanfaat!

 

Informasi ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Osborn, C. 2018. Why is My Tongue Black? https://www.healthline.com/health/black-tongue (Diakses pada 5 September 2019)
  2. Anonim. Black Hairy Tongue. https://www.webmd.com/oral-health/guide/black-hairy-tongue#1 (Diakses pada 5 September 2019)
  3. Anonim. Black Hairy Tongue. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/black-hairy-tongue/symptoms-causes/syc-20356077 (Diakses pada 5 September 2019)