Terbit: 27 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sejak beberapa tahun terakhir, psoriasis memang menjadi perhatian tersendiri. Kelainan kulit sangat mengganggu karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit. Pada tahap yang lebih paah bercak akan tampak seperti penyakit kulit parah yang menyeramkan. Hingga saat ini, kelainan tersebut memang belum diketahui penyebabnya, atau ditemukan obatnya.

Lidah Buaya Bisa Atasi Psoriasis, Begini Caranya

Namun belakangan, diketahui bahwa ada bahan alam yang bisa meringankan gejala yang ditimbulkan oleh psoriasis, yaitu lidah buaya. Gel lidah buaya mampu meringankan peradangan yang disebabkan oleh psoriasis sekaligus menghilangkan ruam dan rasa gatal yang muncul. Selain lidah buaya dapat membantu menghilangkan kulit bersisik dan membantu melembabkan kulit.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Ekstrak lidah buaya bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko. Namun Anda perlu bersikap selektif karena beberapa produk tidak memiliki kandungan murni. Lebih aman jika Anda membuatnya sendiri dengan cara mengupas daun dan mengerok gel yang ada di daging daun.

Jika gel lidah buaya sudah tersedia, Anda tinggal menggosokkanya ke bagian yang meradang dan memiliki bercak. Oleskan tiga kali sehari untuk meringankan rasa tidak nyaman yang dirasakan. Jangan mengoleskan terlalu sering karena akan membuat kulit semakin kering.

Meski demikian, beberapa orang mungkin akan mengalami alergi terhadap lidah buaya. Karenanya, Anda perlu melakukan testing terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Oleskan pada bagian yang bisa dijangkau misalnya punggung tangan. Jika dalam waktu 24 jam tidak terjadi masalah kulit berarti lidah buaya aman untuk kulit Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Selain lidah buaya, mungkin Anda juga memerlukan bahan dan treatment lain untuk mengatasi masalah psoriasis. Salah satu yang cukup dikenal selama ini adalah krim salicylic acid. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terkait bahan-bahan dan obat yang Anda gunakan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi