Terbit: 18 Agustus 2020 | Diperbarui: 7 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Lidah bayi putih umumnya disebabkan oleh endapan susu formula atau ASI yang dapat ditangani dengan mudah. Ketahui apa saja penyebab, gejala, dan bagaimana cara mengatasi lidah bayi putih.

Lidah Bayi Putih: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Gejala Lidah Bayi Putih

Lidah putih pada bayi umum terjadi terutama saat bayi sedang dalam program ASI eksklusif atau minum susu formula. Gejalanya berupa bercak atau lapisan putih pada lidah, gusi, langit-langit mulut, atau di bagian dalam mulut bayi.

Umumnya, bercak atau lapisan putih tersebut tidak menyebabkan nyeri, sensasi terbakar, atau luka pada mulut bayi. Bayi Anda mungkin merasa sedikit gatal namun tidak menyebabkan gejala serius. Kondisi ini juga tidak akan menyebabkan bayi rewel atau sakit, namun Anda harus segera membersihkan lapisan putih tersebut.

Kapan Harus ke Dokter?

Bunda tidak perlu khawatir dan buru-buru pergi ke dokter bila menemukan lapisan atau lesi putih pada bayi. Anda harus memeriksanya sendiri terlebih dulu. Umumnya, lapisan putih pada lidah bayi bisa dibersihkan dengan mudah dengan usapan kain basah.

Anda disarankan konsultasi dengan dokter bila lesi putih pada lidah bayi tidak hilang walaupun sudah dibersihkan. Terlebih lagi bila bayi mengalami gejala lain seperti rewel, tidak mau minum susu, atau demam. Anda juga harus memeriksa kondisi puting atau payudara Anda bila terasa sakit di saat yang sama bayi Anda mengalami gejala lesi putih pada mulutnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Penyebab Lidah Bayi Putih

Ada dua penyebab lidah bayi putih, yaitu infeksi infeksi jamur Candida albicans (trush) dan endapan atau sisa-sisa dari susu bayi. Simak penjelasan berikut ini:

1. Infeksi Jamur

Lesi atau lapisan putih pada lidah bayi mungkin disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans, jamur yang sama penyebab ruam popok dan infeksi vagina pada wanita dewasa.

Infeksi jamur Candida pada lidah bayi dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh bayi belum terbentuk sempurna. Jamur tersebut mungkin berkembang saat bayi menggunakan antibiotik tertentu yang secara tidak sengaja juga membunuh bakteri baik yang dapat mengendalikan pertumbuhan jamur merugikan tersebut.

Infeksi jamur Candida pada lidah bayi mungkin juga dipaparkan dari puting payudara ibu yang tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan benar setelah menyusui. Jamur juga dapat berkembang dari botol susu bayi atau kebiasaan bayi mengemut mainan yang tidak dibersihkan.

2. Penumpukan Sisa Susu Bayi

Penyebab lidah putih pada balita yang paling umum adalah penumpukan sisa susu formula atau ASI. Pasalnya, kelenjar air liur bayi belum berkembang sempurna sehingga mulut bayi memproduksi hanya sedikit air liur.

Akibatnya, sisa-sisa susu tertinggal di lidah karena tidak memiliki cukup air liur untuk membasuhnya. Penumpukan residu susu ini juga mungkin menempel di langit-langit mulut bayi.

Nah, Anda harus mencoba membedakan apakah kondisi ini terjadi akibat infeksi jamur Candida atau sekadar penumpukan sisa susu. Bila diakibatkan oleh penumpukan residu susu, maka lidah bayi cenderung lebih putih setelah minum susu dan dapat dibersihkan dengan mudah.

Lesi putih yang diakibatkan infeksi jamur tidak hanya terlihat di lidah, namun juga di bibir dan pipi bagian dalam. Lapisan putih tersebut juga akan sulit dibersihkan.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh, Bunda Perlu Tahu!

Cara Mengatasi Lidah Bayi Putih

Cara mengatasi lidah bayi putih berbeda tergantung pada penyebabnya. Bila disebabkan oleh infeksi jamur, maka Anda harus menghubungi dokter. Bila disebabkan oleh endapan susu, maka Anda dapat membersihkannya sendiri.

1. Akibat Endapan Sisa Susu

Apabila lesi putih pada lidah anak terjadi akibat endapan susu, maka Anda dapat membersihkannya dengan mudah dengan cara sebagai berikut:

  • Cuci tangan Anda sampai bersih.
  • Gunakan kain kecil atau kain kasa.
  • Balutkan kain tersebut di jari Anda.
  • Celupkan kain dengan air hangat.
  • Pastikan untuk meniriskan kain hingga tidak ada tetesan air yang tersisa.
  • Pastikan bayi Anda gendong dengan posisi yang nyaman.
  • Buka mulut bayi, masukan jari ke bagian lidah bayi.
  • Usap kain ke lidah bayi, lakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang.
  • Jangan lupa bersihkan juga gusi, langit-langit, dan bagian dalam pipi bayi.

Anda juga dapat menggunakan alat sikat jari yang dirancang khusus untuk membersihkan mulut bayi. Anda dapat melakukannya sehari sekali atau setiap selesai menyusui.

2. Akibat Infeksi Jamur

Apabila Anda sudah mencoba membersihkan mulut bayi dengan usapan kain namun lapisan putih tersebut tidak hilang atau tidak berkurang sama sekali, maka itu tanda infeksi jamur Candida. Sebaiknya hubungi dokter. Umumnya, dokter akan menyarankan perawatan sebagai berikut:

  • Dokter akan memberi resep obat antijamur yang mengandung nistatin (dalam sediaan obat tetes atau gel).
  • Dokter mungkin akan menyarankan menggunakan suplemen makanan yang mengandung lactobacillus (bakteri probiotik) disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan bayi.

Selain itu, dokter juga akan memeriksa apabila ibu bayi mengalami gejala nyeri payudara saat menyusui. Apabila Anda juga mengalami infeksi jamur Candida pada payudara, dokter juga akan memberi resep obat antijamur untuk Anda.

Baca Juga: Pertumbuhan Gigi Bayi Hingga Balita: Tahapan dan Ciri-Ciri

Cara Mencegah Lidah Bayi Putih

Berikut ini cara mencegah lidah putih pada bayi:

  • Bersihkan mulut bayi setelah minum susu.
  • Cuci dot dan mainan bayi dengan benar.
  • Bila Anda menyimpan ASI, simpan ASI di kulkas agar tidak berjamur.
  • Jangan lupa juga untuk mencuci pompa ASI dengan air hangat (bila menggunakannya).

Bukan hanya kebersihan peralatan bayi, ibu bayi juga harus memerhatikan kebersihan dirinya sendiri, termasuk:

  • Cuci handuk, pakaian, dan bra dengan benar.
  • Bersihkan dan keringkan payudara setelah menyusui.
  • Perhatikan asupan gula karena konsentrasi glukosa yang lebih tinggi diduga meningkatkan risiko pertumbuhan jamur Candida.

Itulah pembahasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi lidah putih pada bayi. Anda tidak boleh panik dan sebaiknya bersihkan lidah bayi dengan kain dan air hangat setelah minum susu. Bila ada gejala lain yang tidak biasa pada bayi, sebaiknya hubungi dokter.

 

  1. Higuera, Valencia. 2019. What’s Causing My Baby’s White Tongue?. https://www.healthline.com/health/parenting/white-tongue-baby. (Diakses pada 18 Agustus 2020).
  2. Kennedy, Madeline. 2019. How to clean your newborn’s tongue to fight off gum disease. https://www.insider.com/how-to-clean-newborn-tongue. (Diakses pada 18 Agustus 2020).
  3. Lewis, Rhona. 2020. Treating Thrush in Babies. https://www.healthline.com/health/baby/thrush-in-babies. (Diakses pada 18 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi