Terbit: 28 April 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Pengobatan tradisional Cina Lianhua Qingwen juga digunakan untuk membantu menangani gejala COVID-19. Lianhua Qingwen adalah kapsul herbal yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi virus influenza di Cina. Ketahui apa itu obat herbal Lianhua Qingwen, manfaat, dan efektivitasnya dalam menyembuhkan COVID-19.

Lianhua Qingwen: Manfaat dan Penelitian | Penangkal Virus Corona?

Apa Itu Obat Herbal Lianhua Qingwen?

Obat herbal Lianhua Qingwen adalah salah satu dari daftar dari obat tradisional Cina atau Traditional Chinese medicine (TCM). Obat ini telah lama digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan virus influenza di Cina. Obat herbal ini terbukti lebih efektif untuk mengurangi gejala flu seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, demam, dan efek lemas serta kelelahan.

Lianhua-Qingwen Formula (LQF) terdiri dari 11 herbal dan 61 senyawa termasuk flavonoid, fenilpropanoid, antrakuinon, triterpenoid, iridoid, dan senyawa lain yang masih diidentifikasikan. Obat herbal ini pun telah digunakan untuk mengatasi gejala pneumonia akibat paparan Coronavirus. Penelitian terkait obat herbal Lianhua Qingwen untuk mengatasi COVID-19 pun sedang dikembangkan.

Manfaat Obat Herbal Lianhua Qingwen

Terdapat ribuan jenis pengobatan tradisional Cina, salah satu yang paling efektif digunakan adalah Lianhua Qingwen. Ketahui manfaat Lianhua Qingwen berikut ini:

  • Mengatasi infeksi virus influenza.
  • Membantu meringankan gejala influenza.
  • Membantu mengatasi demam.
  • Membantu mengatasi sakit kepala dan sakit tenggorokan.
  • Membantu mengatasi hidung tersumbat, nyeri sendi, dan nyeri otot.
  • Membantu mengatasi sindrom pernapasan akibat infeksi virus.
  • Digunakan sebagai obat darurat untuk mengurangi gejala akut pada infeksi SARS tahun 2002-2003 di Cina.

Obat ini tidak hanya digunakan di Cina, namun telah menjadi obat tradisional untuk flu yang meluas ke berbagai negara. Obat ini mungkin ditujukan untuk indikasi pengobatan lain yang belum tercantum dalam informasi ini.

Efektivitas Lianhua Qingwen untuk Menyembuhkan COVID-19

Yiling Pharmaceutical telah mendapat persetujuan dari State Drug Administration untuk menggunakan obat herbal Lianhua Qingwen baik dalam bentuk kapsul atau granule (butiran) untuk pengobatan konvensional pneumonia Coronavirus. Obat ini digunakan untuk mengurangi gejala infeksi virus ringan seperti demam ringan, batuk, dan kelelahan selama 7-10 hari perawatan.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilaporkan oleh Beijing News, obat herbal ini dapat menghambat replikasi virus Corona (SARS-CoV-2) dalam sel Vero E6 dan menginduksi faktor-faktor inflamasi seperti TNF-?, IL-6, CCL2 / MCP-1 dan CXCL-10 / IP-10. Hasil signifikan ini juga dikaitkan dapat melawan peradangan pada pasien COVID-19.

Obat ini dipercaya dapat mengatasi gejala COVID-19 karena ada hasil signifikan pada pasien yang menggunakannya, khususnya dalam menangani gejala pneumonia. Obat herbal Lianhua Qingwen memang sedikit lemat dalam melawan pneumonia Coronavirus, namun memiliki efek yang cukup baik untuk menghambat atau meredakan kerusakan peradangan sel jaringan yang disebabkan Coronavirus.

Walaupun demikian, penelitian tentang apakah Lianhua Qingwen dapat menyembuhkan COVID-19 masih dalam penelitian. Kombinasi obat herbal Cina dengan pengobatan Barat mungkin juga diteliti untuk mencari obat paling potensial untuk menghentikan wabah COVID-19 ini. Sejauh ini, Cina telah mengirimkan sekitar 100.000 kotak obat Lianhua Qingwen untuk membantu pasien COVID-19 di Italia.

Obat herbal Lianhua Qingwen adalah obat herbal pertama yang disetujui digunakan untuk penanganan gejala SARS oleh China’s National Drug Administration. Bagi Cina, obat ini juga menjadi obat tradisional Cina pertama yang sudah masuk dalam penelitian klinis sebagai obat influenza oleh US Food Drug Administration (FDA).

Baca Juga: 15 Obat Corona COVID-19 yang Sedang Dikaji (Berdasarkan Penelitian)

Penelitian Terkait Obat Herbal Lianhua Qingwen

Efektivitas obat herbal yang telah digunakan sejak dulu dibandingkan dengan obat klinis modern selalu menuai kontroversi, manfaat Lianhua Qingwen. Walaupun demikian, ada beberapa penelitian tentang obat herbal ini, yaitu:

1. Lebih Efektif dari Obat Oseltamivir

Berdasarkan penelitian yang dikumpulkan dari China Academic Journals (CNKI), WANFANG DATA, VIP, PubMed, Cochrane Library sebelum Februari 2017, obat herbal Lianhua Qingwen lebih efektif dan aman dari obat Oseltamivir, Ribavirin, dan kapsul Ankahuangmin.

Berdasarkan penelitian, obat herbal Lianhua Qingwen lebih efektif untuk mengatasi gejala influenza daripada obat Oseltamivir. Walaupun demikian, akurasi pernyataan tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut karena kurangnya kualitas penelitian.

2. Studi dari Pharmacology Research

Sebuah makalah berjudul “Efek Antivirus dan Anti-Inflamasi dari Wabah Antipiretik pada Novel Coronavirus” dipublikasikan di Pharmacology Research. Dalam penelitian ini, potensi kapsul Lianhua Qingwen (granula) untuk mengobati gejala COVID-19 dikonfirmasi berdasarkan studi klinis dan eksperimen dasar.

Selain itu, kapsul Lianhua Qingwen telah terdaftar sebagai obat paten Cina, tanaman obat, atau produk kesehatan alami yang disetujui di Hong Kong (SAR Tiongkok), Macau (SAR Tiongkok), Brasil, Indonesia, Kanada, Mozambik, Rumania, dll.

Obat Herbal Cina Lainnya yang Diduga Efektif untuk COVID-19

Pengobatan tradisional Cina telah lama digunakan untuk berbagai tujuan penyembuhan, termasuk untuk mengatasi infeksi virus. Berdasarkan keterangan dari penasihat medis untuk pemerintah pusat Cina, obat tradisional Cina memiliki potensi untuk mencegah virus masuk ke sel tubuh manusia.

Terdapat beberapa obat tradisional Cina lainnya yang sedang diuji untuk mengatasi COVID-19, yaitu:

1. Jinhua Qinggan Granule

Obat herbal Jinhua Qinggan Granule dikembangkan pertama kali saat pandemi flu babi (H1N1) pada tahun 2009. Obat tradisional ini terdiri dari 12 komponen herbal untuk mengatasi infeksi virus ringan hingga medium.

Obat ini juga sedang diteliti apakah efektif untuk mengatasi gejala COVID-19. Pada penelitian awal, hanya sekitar 11,8% pasien yang gejalanya memburuk setelah mengonsumsi obat herbal Jinhua Qinggan Granule untuk meredakan demam.

2. Xuebijing Injection

Obat herbal Xuebijing Injection dikembangkan untuk mengatasi gejala SARS pada tahun 2003. Obat ini dibuat dari 4 herbal lainnya untuk mendetoksifikasi dan mengeluarkan stasis darah. Obat Xuebijing Injection juga sedang diteliti untuk mengatasi COVID-19 di beberapa rumah sakit dan projek di Xuebijing.

3. Lung Cleansing and Detoxifying Decoction

Lung Cleansing and Detoxifying Decoction dibuat dari beberapa resep klasik obat Cina ang terdiri dari 21 komponen herbal. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala batuk, demam, pusing, dan gangguan pernapasan.

4. XuanFeiBaiDu Granule

Obat herbal ini digunakan untuk mendetoksifikasi paru-paru pada pasien dengan gejala influenza ringan. Obat ini terdiri dari 13 komponen herbal. Pengobatan herbal ini dipercaya dapat mempercepat pemulihan, namun penelitian XuanFeiBaiDu sebagai obat COVID-19 masih dikembangkan.

5. HuaShiBaiDu Formula

Berdasarkan China Academy of Chinese Medical Sciences, obat herbal HuaShiBaiDu adalah esensial penting dari obat tradisional Cina. Obat ini terdiri dari 14 komponen herbal. Obat ini dinilai memiliki potensi untuk mengatasi gejala pneumonia Coronavirus, namun penelitian terkait masih dibutuhkan.

Baca Juga: Empon-Empon: Jenis, Manfaat, Cara Membuat | Penangkal Virus Corona?

Apakah Obat Herbal Cina Ampuh untuk Menyembuhkan COVID-19?

Saat ini, pengobatan tradisional Cina memang digunakan untuk mengatasi gejala pneumonia pada pasien COVID-19 di beberapa rumah sakit di Cina. Sekitar 74.187 pasien COVID-19 di Cina diberikan beberapa rauan herbal Cina. Hasilnya, 90% mengalami kondisi yang membaik.

Walaupun demikian, penelitian lanjutan masih dibutuhkan. Terlebih lagi, virus Corona penyebab COVID-19 adalah virus baru yang masih diteliti oleh seluruh imuwan di dunia. Obat Corona pun masih dalam penelitian dan terus dikembangkan.

Saat ini, belum ada konfirmasi dari pihak manapun tentang obat COVID-19. Sementara seluruh warga dunia dianjurkan untuk menekan penyebaran dengan cara cuci tangan dengan sabun dan air yang bersih secara teratur, konsumsi makanan sehat agar sistem imun kuat, dan melakukan pembatasan sosial.

Itulah pembahasan lengkap tentang obat herbal Lianhua Qingwen. Semoga informasi ini bermanfaat. Jaga diri dan keluarga Anda dari bahaya Covid-19.

 

  1. Qian-Qian Niu, et al. 2017. [Efficacy and safety of Lianhua Qingwen capsule for influenza? a systematic review]. https://europepmc.org/article/med/29071849#impact. (Diakses pada 28 April 2020).
  2. Tao Z1, et al. 2013. Complementary and alternative medicine is expected to make greater contribution in controlling the prevalence of influenza. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24241177. (Diakses pada 28 April 2020).
  3. Shijiazhuang Yiling Pharmaceutical Co,Ltd. 2020. Lianhua Qingwen capsule (granule) was approved as an additional indication of COVID-19. https://www.prnewswire.com/in/news-releases/lianhua-qingwen-capsule-granule-was-approved-as-an-additional-indication-of-covid-19-890622097.html. (Diakses pada 28 April 2020).
  4. Global Times. 2020. TCM tests effective against COVID-19, widely applied in clinic. https://www.globaltimes.cn/content/1180045.shtml.
  5. Zinan, Cao. 2020. Respiratory expert Zhong Nanshan’s latest views on COVID-19. http://covid-19.chinadaily.com.cn/a/202004/15/WS5e96cdbaa3105d50a3d16765_2.html. (Diakses pada 28 April 2020).
  6. Ecns.cn. 2020. Lianhua Qingwen proves effective in containing novel coronavirus. http://www.ecns.cn/cns-wire/2020-03-24/detail-ifzusrwx0575644.shtml. (Diakses pada 28 April 2020).
  7. W, Jia, et al. 2015. Qualitative and quantitative analysis of the major constituents in Chinese medical preparation Lianhua-Qingwen capsule by UPLC-DAD-QTOF-MS. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed?db=PubMed&cmd=search&term=25654135. (Diakses pada 28 April 2020).
  8. Wang, Chun-hua, et al. 2015. A Network Analysis of Chinese Medicine Lianhua-Qingwen Formula to Identify its Main Effective Components. https://www.researchgate.net/publication/286638586_A_Network_Analysis_of_Chinese_Medicine_Lianhua-Qingwen_Formula_to_Identify_its_Main_Effective_Components. (Diakses pada 28 April 2020).
  9. Yangfei, Zhang. 2020. 6 effective traditional Chinese medicines for COVID-19. https://covid-19.chinadaily.com.cn/a/202003/17/WS5e702f52a31012821727fa19_5.html. (Diakses pada 28 April 2020).
  10. China Daily. 2020. Official: TCM effective in treating COVID-19 patients. http://www.ecns.cn/news/2020-03-24/detail-ifzusrwx0573938.shtml. (Diakses pada 28 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi