Terbit: 2 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Lesung pipi adalah daya tarik pada wajah seseorang ketika sedang tersenyum. Lekukan kecil pada pipi ini terbentuk sejak lahir dan bahkan bisa Anda buat! Bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya mulai dari definisi hingga jenisnya.  

Lesung Pipi: Definisi, Proses Pembentukan, Cara Membuat, Jenis, dll

Apa Itu Lesung Pipi?

Lesung pipi adalah lekukan kecil yang terbentuk pada pipi secara alami. Lekukan kecil atau disebut dimples pada pipi ini terlihat sangat menawan dan menjadi daya tarik bagi seseorang. Menurut laman National Institutes of Health’s Genetics Home Reference, lekukan kecil ini adalah kelainan otot yang menyebabkan lekukan pada pipi, terutama saat seseorang tersenyum.

Beberapa orang mempunyai lesung pipi pada kedua pipinya atau hanya pada satu pipi. Bayi cenderung memiliki dimples karena lemak bayi pada pipinya. Ketika bayi kehilangan lemak dan seiring bertambahnya usia, dimples akan menghilang.

Anak-anak yang tidak mempunyai saat lahir mungkin dapat memilikinya saat beranjak dewasa. Bagi beberapa orang, lekukan kecil pada pipi hanya bertahan sampai remaja atau dewasa muda, sementara pada orang lain ini bersifat seumur hidup.

Mengapa Lesung Pipi Menarik?

Meskipun lesung pipi adalah cacat otot yang berkembang selama perkembangan janin, memilikinya bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan. Justru ini bisa membuatmu semakin menarik, apalagi jika terbentuk pada pipi atau dagu. Bahkan, sebagian orang mencari cara membuat lesung pipi agar penampilannya lebih menarik. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Lekukan kecil pada pipi akan membuat senyum semakin indah dan membuat wajah terlihat lebih menawan. Memilikinya juga dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri. Dalam beberapa belahan dunia, memiliki lekukan kecil pada pipi bahkan bisa menjadi pertanda keberuntungan dan kebahagiaan.

Bagaimana Proses Lesung Pipi Terbentuk?

Lesung pipit adalah lekukan kecil yang terkadang terbentuk oleh perubahan pada otot wajah atau bernama zygomaticus major. Otot ini terkait dalam ekspresi wajah, yang membantu mengangkat sudut mulut saat tersenyum.

Bagi orang tanpa lekukan pada pipi, otot utama zygomaticus biasanya mulai dari tulang pada pipi atau bernama tulang zigomatik. Ini kemudian mengarah ke bawah dan menghubungkan ke sudut mulut.

Sementara pada orang dengan lesung pipi, zygomaticus major terbagi menjadi dua kumpulan otot yang terpisah saat menuju ke mulut. Satu kumpulan otot terhubung pada sudut mulut, sedangkan kumpulan lainnya terhubung pada bawah sudut mulut dan juga melekat ke kulit pada bagian atasnya.

Kedua bagian otot ini bernama zygomaticus major ganda atau bifid. Gerakan kulit di atas otot zygomaticus mayor ganda saat tersenyum menyebabkan dimples terbentuk.

Selain itu, ternyata seseorang juga bisa mengembangkan lekukan pada pipi seiring pertumbuhan. Hal ini karena separuh rahang yang tumbuh lebih besar atau lebih panjang dari yang lainnya.

Lesung Pipi dan Genetik

Seseorang dapat mewarisi satu pasang gen dari ibu dan ayah. Kebanyakan gen memiliki setidaknya dua variasi (alel). Alel bisa dominan atau resesif.

Ciri-ciri dominan persis seperti itu – cenderung mendominasi daripada sifat resesif. Jika kedua orang tua menunjukkan sifat dominan, kemungkinan anaknya juga akan menunjukkan sifat yang sama sangat tinggi.

Baca Juga: 15 Cara Meniruskan Pipi Tembem (Tips No.13 Unik)

Cara Membuat Lesung Pipi

Orang tanpa lekukan kecil pada pipi bisa memilikinya dengan prosedur operasi. Sekarang ada jenis operasi plastik yang tersedia untuk membentuk lesung pipi, yakni dimpleplasty.

Selama prosedur dimpleplasty, sayatan kecil dibuat pada tempat biasa terbentuk dimples. Langkah selanjutnya, sedikit jaringan diangkat dengan hati-hati. Jahitan kecil, yang disebut sling, dimasukkan melalui kulit dan otot pada kedua sisi area. Ini menyatukan kulit dan otot sehingga membentuk lesung pipi.

Jika tertarik dengan cara membuat lesung pipi dengan prosedur operasi, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli bedah plastik terlebih dahulu tentang manfaat dan risikonya.

Jenis Lesung Pipi

Sebagian besar orang yang memiliki lekukan kecil ini biasanya pada pipi, tetapi juga dapat terbentuk pada bagian tubuh lainnya yang terbagi menjadi tiga jenis.

Berikut ini beberapa jenis lesung pipi: 

1. Pipi

Lekukan kecil pada pipi mungkin yang paling banyak orang tahu. Ini dapat muncul pada sisi pipi atau hanya satu sisi. Ada orang yang memiliki sejak lahir, terbentuk selama masa kecil, atau melalui operasi.  

Lekukan kecil pada pipi terkadang bertahan sampai seseorang mencapai usia dewasa. Namun, ini juga bukan kasus langka karena orang bisa memilikinya seumur hidup.

Orang dengan lesung pipi memiliki sesuatu yang bernama bifid zygomaticus major muscle. Otot ini bisa terbentuk dari variasi otot yang terjadi selama perkembangan janin dalam kandungan. Variasi otot pada awalnya adalah struktur utuh yang terbelah menjadi dua dan membentuk lekukan pada pipi.

2. Dagu

Jenis yang kedua ini terbentuk pada dagu. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai celah dagu. Ini adalah lekukan berbentuk Y yang terletak pada tengah dagu. Lekukan ini terjadi selama perkembangan janin ketika kedua sisi rahang bawah tidak menyatu sepenuhnya.

Baca Juga: Filler Dagu: Manfaat, Proses, Efek Samping, Harga, dll

3. Punggung 

Lekukan kecil pada punggung adalah ciri unik lain yang terbentuk pada sebagian orang. Lesung pada punggung atau bernama lesung Venus, adalah lekukan yang terdapat pada punggung bawah (pada atas sendi tempat panggul dan tulang belakang bertemu).

Nama tersebut berasal dari dewa Venus, dewa yang mewakili keindahan. Orang sering mengakitkan lesung punggung dengan kecantikan pada wanita.

Meskipun sangat terkait dengan kecantikan pada wanita, lesung punggung juga dapat terbentuk pada tubuh pria. Lekukan kecil pada punggung tidak berbahaya, karena hanya sebuah tanda dari ligamen yang menghubungkan panggul dengan kulit yang pendek.

 

  1. Anonim. 2010. Are facial dimples determined by genetics?. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/traits/dimples/. (Diakses pada 2 November 2020)
  2. Anonim. 2020. About Dimples: Types of Dimples and Some Interesting Facts You Should Know!. https://www.tripboba.com/article_health_know-more-about-dimples-interesting-facts-that-you-should-know.html/. (Diakses pada 2 November 2020)
  3. Altice, Miranda. 2020. Will My Baby Have Dimples? A Genetic Explanation. https://www.familyeducation.com/pregnancy/will-my-baby-have-dimples-a-genetic-explanation. (Diakses pada 2 November 2020)
  4. Seladi-Schulman, Jill. 2019. Why Do Some People Have Cheek Dimples?. https://www.healthline.com/health/cheek-dimples. (Diakses pada 2 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi