8 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

doktersehat-rambut-uban

DokterSehat.ComKetombe bagi sebagian orang menganggu penampilan, apalagi ketika menggunakan pakaian hitam, akan sangat telihat serpihan putih yang jatuh di pundak.

Meski ketombe memalukan, kabar baiknya adalah bahwa masalah ini sama sekali tidak berbahaya. Tidak ada solusi obat-obatan atau farmasi yang diperlukan untuk menghilangkan ketombe, namun ada banyak cara menghilangkan ketombe dengan obat alami yang bisadidapatkan di rumah Anda sendiri.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Penyebab ketombe

Ketombe ditandai dengan serpihan putih kecil yang jatuh dari kulit kepala. Sementara dengan jumlah kecil itu normal, karena sel kulit mati mengelupas kulit kepala Anda. Banyak orang mengalami pengelupasan parah, sehingga mereka berusaha menutupinya dengan berbagai cara. Pengelupasan kulit kepala sering disertai dengan kulit kepala yang gatal, kemerahan, dan iritasi.

Ada banyak penyebab ketombe, di antaranya kulit kepala kering, kulit berminyak, diet, kebersihan, sering keramas atau mencuci rambut, dan stres. Semantara ilmuwan telah menemukan bahwa ketombe sebenarnya adalah hasil dari infeksi jamur. Dua dari infeksi jamur yang ditunjukkan adalah pityriasis capitis dan malassezia globosa.

Tapi terlepas dari penyebabnya, yakinlah bahwa ada banyak solusi alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe

Berikut adalah 9 cara menghilangkan ketombe secara alami, sepeti dilansir Natural Society.

cuka-apel-doktersehat
Source: Stylecraze

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel sangat bagus untuk membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Menggunakan cuka sari apel cukup mancampurkannya dengan air sebagai sampo. Perawatan ini dapat melegakan rasa gatal secara instan, sembari menyingkirkan ketombe hanya dengan beberapa aplikasi selama beberapa hari.

doktersehat-almond-yoghurt
pic credit: jules

2. Probiotik

Seperti yang Anda harapkan, perawatan dalam tubuh adalah solusi lain untuk mengatasi ketombe. Secara khusus, probiotik bacillus laterosporus atau bakteri baik, seharusnya cukup untuk tidak hanya mengatasi ketombe, namun membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan menambahkan bakteri menguntungkan di dalam usus Anda. Bakteri baik dalam usus sangat penting untuk kesehatan optimal. Anda bisa mendapatkan banyak suplemen probiotik di pasaran.

minyak-esensial-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

3. Minyak oregano atau tea tree oil

Minyak oregano dan tea tree memiliki khasiat antivirus, antibakteri, dan antijamur alami yang dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi. Cobalah meminum minyak oregano secara internal, atau oleskan minyak oregano dan tea tree oil di kulit kepala.

doktersehat-minyak-kelapa

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah cairan antijamur menakjubkan lainnya yang mampu membunuh jamur dan menghilangkan ketombe. Cara mengatasi ketombe dengan mengoleskan beberapa sendok teh minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala saja cukup untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut berkilau.

Caranya cairkan sedikit minyak kelapa dan sertakan 5-9 tetes tea tree oil murni untuk setiap 5 sendok makan minyak kelapa. Ini bisa bekerja hanya dalam dua kali aplikasi. Meminum minyak kelapa setiap hari juga bisa membantu.

5. Produk antijamur alami

Karena ketombe sering disebabkan oleh infeksi jamur, masuk akal mempertimbangkan untuk mengonsumsi produk antijamur. Ada banyak pilihan di pasaran, tapi sekali lagi satu produk yang direkomendasikan di sini disebut Mycozil. Terbuat dari bahan herbal organik, produk ini dibuat untuk membersihkan tubuh dari berbagai jamur, termasuk candida.

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

6. Lemon

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan mengoleskan 2 sendok makan jus lemon di kulit kepala Anda dan bilas dengan air. Setelah itu, campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan 1 gelas air dan bilas. Ulangi setiap hari.

7. Minyak kayu cedar

Menggunakan minyak dengan sifat antiseptik, anti-seboroik dan zat ringan dapat terbukti sebagai cara alami menghilangkan ketombe. Berikut adalah satu pilihan spesifik: Campurkan 6 tetes minyak kayu cedar, 6 tetes minyak esensial rosemary dan 4 tetes minyak cypress dan 50 mililiter minyak zaitun. Pijat ke kulit kepala, biarkan dalam semalam, dan keramas dengan baik keesokan harinya.

8. Sampo obat

Jika ketombe tidak kunjung hilang dengan berbagai cara menghilangkan ketombe, coba gunakan salah satu dari dua sampo ini: Selsun Blue atau Head & Shoulders. Selsun Blue mengandung bentuk selenium sulfida sedangkan Head & Shoulders mengandung seng —kedua ramuan tersebut menghilangkan jamur.

Solusi ini tidak akan menjadi pilihan pertama bagi seseorang yang mencoba mengatasi masalah secara alami, jadi alih-alih menggunakan sampo berulang kali selama bertahun-tahun, cobalah menerapkannya dan membiarkannya semalam sambil mengenakan shower cape sebagai alternatif yang lebih aman.

baking-soda-doktersehat
Photo Credit: leaf.tv

8. Baking soda

Cobalah gosokan segenggam baking soda ke kulit kepala saat mandi, alih-alih sebagai sampo. Bilas sampai bersih dan kering. Ini mungkin memakan waktu beberapa minggu dan Anda mungkin mengalami kekeringan pada awalnya, jadi solusi lainya untuk ketombe mungkin adalah pilihan yang lebih baik.

Tips lain untuk menghilangkan ketombe:

  • Mulailah membeli produk perawatan alami atau yang tidak mengandung paraben (pengawet dalam kosmetik), sodium laureth atau lauryl sulfate
  • Kurangi asupan gula
  • Tingkatkan asupan lemak omega 3 dari hewani
  • Hindari makanan olahan dan hilangkan minyak olahan seperti jagung, kedelai, kanola, safflower, dan minyak bunga matahari.

Nah, itulah 8 cara alami menghilangkan ketombe yang mudah Anda lakukan di rumah, Teman Sehat! Selamat mencoba.