Sembarangan Beli Lensa Kontak, Wanita Ini Hampir Buta

keriput-bawah-mata-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Semakin banyak orang yang tertarik untuk memakai lensa kontak alih-alih memakai kacamata. Bahkan, meskipun tidak memiliki gangguan pada penglihatan, lensa kontak juga masih diminati karena bisa membuat penampilan mata menjadi lebih cantik. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika penggunaan lensa kontak juga memiliki risiko tersendiri bagi kesehatan.

Dikutip dari Siakapkeli, seorang wanita dari Kota Bharu, Malaysia dengan akun media sosial Facebook Mamy Lovy mengungkap kisah memilukan yang dialaminya gara-gara sembarangan menggunakan lensa kontak. Bagaimana tidak, ia hampir saja mengalami kebutaan gara-gara peralatan ini.

Semua berawal dari keinginan Mamy Lovy untuk mendapatkan lensa kontak yang keren namun berharga murah. Ia pun kemudian menemukan sebuah lensa kontak dengan harga yang sangat terjangkau, yakni jika dikonversikan dari Ringgit Malaysia hanyalah sekitar Rp71 ribu saja.

Awalnya, Mamy Lovy senang karena bisa mendapatkan lensa kontak ini dengan harga terjangkau, namun ia kemudian mulai menyesali pilihannya ini. Bagaimana tidak, tatkala dipakai dalam waktu lama, lensa kontak ini membuat matanya tidak nyaman. Bahkan, lama-kelamaan mata Mamy Lovy mengalami infeksi dan perdarahan. Ia pun sampai kesakitan dan tidak mampu melihat cahaya tatkala membuka mata.

Melihat kondisinya semakin memburuk, keluarga Mamy Lovy pun membawanya ke rumah sakit. Kondisinya memang belum pulih namun setidaknya ia sudah mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk mengatasi masalah pada matanya.

Tak hanya kualitas lensa kontak, penggunaan lensa kontak yang tidak benar juga bisa memicu dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Sebagai contoh, banyak orang yang malas melepas lensa kontak saat tidur malam. Selain itu, banyak orang yang tidak memberikan tetes mata saat memakai lensa kontak sehingga mata pun rentan terkena iritasi atau infeksi.