Lengkuas Bisa Atasi Asam Urat?

Photo Source: Twitter/negeri_sendiri

DokterSehat.Com– Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya merasakan ketidaknyamanan pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh munculnya sensasi nyeri yang luar biasa pada persendian yang dikombinasikan dengan pembengkakan dan sensasi kaku atau sulit digerakkan. Karena alasan inilah banyak penderita penyakit ini yang berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya.

Benarkah lengkuas bisa dijadikan obat alami asam urat?

Lengkuas, laos, atau yang juga dikenal sebagai kelawas disebut-sebut bisa mengatasi masalah asam urat. Fakta ini diungkap di dalam hasil penelitian yang dipublikasikan di situs Universitas Jember, Jawa Timur pada 5 Agustus 2016.

Dalam penelitian yang melibatkan hewan percobaan ini, dihasilkan fakta bahwa kandungan flavonoid, sejenis antioksidan di dalam lengkuas bisa menghambat fungsi enzim xantin oksidase yang berpengaruh besar pada pembentukan kristal asam urat di dalam persendian. Kandungan antioksidan juga bisa membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat.

Para peneliti juga memberikan saran tentang konsumsi lengkuas agar bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Selain dijadikan bumbu masakan, kita bisa menjadikannya sebagai air rebusan yang diminum secara rutin.

Tiga buah lengkuas tinggal dipotong hingga berukuran kecil dan kemudian direbus dengan air mendidih sebanyak 1 liter. Setelahnya, kita tinggal menambahkan air perasan jeruk nipis dan madu murni. Dengan mengonsumsinya secara rutin tiga kali sehari, maka gejala serangan asam urat yang menyakitkan diharapkan bisa mereda.

Berbagai khasiat lain yang bisa didapatkan dari lengkuas

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa membantu mengatasi diare

Di dalam lengkuas terdapat kandungan anti bakteri yang bisa mengusir berbagai macam bakteri jahat di dalam perut penyebab diare. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh JAJ Sunilson pada 2009 lalu, dihasilkan fakta bahwa kandungan anti mikroba yang ada di dalam lengkuas cukup ampuh mengatsi bakteri penyebab diare dan kelebihan nutrisi makanan yang bisa memicu masalah kesehatan yang sama.

  1. Bisa membantu mencegah datangnya tumor

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris membuktikan bahwa di dalam lengkuas tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu proses regenerasi sel-sel dan DNA tubuh. Kandungan ini juga mampu melawan berbagai paparan buruk radikal bebas dan racun yang berpotensi memasuki tubuh dan memicu datangnya masalah kesehatan.

Hal ini bisa berimbas pada menurunnya risiko terkena kanker, khususnya kanker payudara dan kanker paru yang dikenal sangat mematikan.

  1. Bisa mengatasi gangguan pernapasan

Pengobatan tradisional Tiongkok telah lama menggunakan lengkuas sebagai bahan alami untuk menyehatkan sistem pernapasan. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat anti spasmodic yang bisa menurunkan jumlah dahak sekaligus melegakan saluran bronkiolus. Hal ini tentu bisa membantu meredakan gejala asma atau sesak napas.

Sementara itu, pengobatan tradisional India juga mengenal lengkuas sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah serak, nyeri tenggorokan, dan batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk lengkuas dengan air panas. Minuman ini kemudian diminum sekali sehari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

  1. Bisa membantu mengatasi masalah luka bakar

Lengkuas yang ditumbuk hingga halus ternyata bisa membantu mengatasi luka bakar dengan efektif. Kita bisa menggunakan lengkuas ini pada bagian kulit yang terkena luka bakar sekitar 2-3 kali sehari demi membantu proses penyembuhannya.

  1. Bisa mengatasi ketombe

Lengkuas memiliki sifat anti jamur sehingga bisa dijadikan untuk mengatasi masalah ketombe. Cara menggunakanya adalah dengan menggosok-gosokkan parutan lengkuas di kulit kepala.