Terbit: 29 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rasa lelah adalah hal yang wajar untuk kita rasakan, apalagi jika kita baru saja melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Hanya saja, jika kita selalu merasa lelah setiap hari meski tidak selalu melakukan aktivitas yang berat, bisa jadi hal ini adalah tanda dari diabetes.

Selalu Merasa Lelah? Waspada Tanda Diabetes!

Dikutip dari Boldsky, diabetes terjadi karena terjadinya gangguan metabolisme tubuh yang disebabkan oleh melonjaknya kadar gula darah. Biasanya, hal ini terkait dengan gangguan pada produksi hormon insulin oleh pankreas. Yang menjadi masalah adalah, diabetes tidak bisa disembuhkan namun masih bisa dikendalikan dengan obat-obatan atau perubahan gaya hidup.

Salah satu tanda dari diabetes adalah munculnya rasa lelah yang membuat kita ingin tidur siang. Padahal, waktu masih belum menunjukkan tengah hari dan kita tidak melakukan aktivitas yang berat sebelumnya. Selain itu, rasa lelah atau mengantuk ini tetap saja muncul meski kita sudah tidur dengan cukup.

Jika kita merasa lelah di antara pukul 13.00 hingga 16.00 atau setelah makan siang, bisa jadi hal ini disebabkan oleh tubuh yang bekerja sangat keras memproses kadar gula yang melonjak drastis akibat rendahnya kadar insulin pada tubuh.

Gejala lain dari diabetes adalah munculnya rasa haus yang berlebihan, sering buah air kecil, penglihatan yang kabur, dan penurunan berat badan secara drastis. Jika kelelahan yang kita rasakan juga disertai dengan berbagai hal ini, maka ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan untuk memastikan apakah terkena diabetes atau tidak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Agar tidak mudah terkena diabetes, ada baiknya kita mengubah gaya hidup, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang lebih seimbang. Jangan berlebihan mengonsumsi makanan berlemak dan makanan atau minuman yang manis. Jagalah berat badan tetap seimbang dan rajin-rajinlah berolahraga setiap hari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi