Terbit: 17 Desember 2018 | Diperbarui: 26 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lari adalah salah satu jenis olahraga yang cukup digemari semua kalangan, baik orangtua, dewasa, remaja, hingga anak-anak. Hal tersebut dikarenakan lari merupakan olahraga yang cukup sederhana dan mudah dilakukan di manapun serta kapanpun. Sampai saat ini, seperti lari pagi dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, di antaranya memberi kebugaran, mengusir lemak, serta membentuk otot pada betis dan perut.

Lebih Baik Lari Pagi, Siang, atau Sore Hari? Berikut Penjelasannya

Namun, tidak sedikit pula muncul perdebatan tentang olahraga yang satu ini. Perdebatan tersebut mengenai waktu yang paling baik untuk lari. Ada yang mengatakan jika lari pagi adalah waktu yang paling tepat. Lalu, tak sedikit pula yang mengatakan jika manfaat lari dapat dirasakan jika dilakukan pada siang dan sore hari. Jadi, anggapan mana yang benar?

Manfaat Lari Pagi, Siang, dan Sore Hari

Sebenarnya olahraga lari dapat dilakukan kapanpun, olahraga ini tetap memberikan manfaat bagi yang melakukannya. Memang, ada sedikit perbedaan efek jika dilakukan pagi, siang, atau sore. Seperti dilansir Runtastic, berikut perbedaan manfaat lari pagi, siang, dan sore:

1. Lari pagi

Lari pagi hari adalah cara yang paling sempurna untuk memulai hari Anda dengan berolahraga. Jika melakukan olahraga di pagi hari, Anda dapat memberi dosis oksigen yang sehat pada tubuh. Manfaat lari pagi membuat metabolisme didorong untuk membakar lebih banyak kalori.

Kandungan oksigen yang lebih tinggi di udara pagi membuat Anda lebih mudah untuk bernapas, terutama di musim panas. Manfaat lari pagi juga lebih mudah dilakukan ketika masih pagi dibandingkan dengan ketika udara panas siang hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Kekurangan lari pagi:

Lari pagi hari bisa terasa lebih sulit daripada waktu-waktu lain. Tepat setelah bangun pagi, sendi mungkin masih terasa kaku, otot-otot tegang dan tidak fleksibel. Ini berarti tubuh tidak memiliki kontrol dan koordinasi otot yang diperlukan saat berlari. Itulah mengapa setiap kali memulai olahraga harus melakukan pemanasan khusus yang dinamis di pagi hari sebelum berlari, jadi Anda tidak melawan resistensi di otot saat berlari.

Hal hang harus diperhatikan saat lari pagi:

Hindari latihan interval yang keras di pagi hari. Tubuh belum siap untuk menangani stres yang hebat dan mengubahnya menjadi tenaga. Risiko cedera atau kelelahan sangat tinggi pada saat lari pagi hari. Ini juga berlaku untuk lari setelah tidur siang.

Ketika tidur, tubuh Anda kehilangan banyak air. Penting untuk mengganti kehilangan cairan tubuh terlebih dahulu sehingga tidak mengalami dehidrasi selama lari.

2. Lari siang

Siang hari merupakan kondisi terbaik untuk lari berintensitas tinggi. Manfaat lari siang membuat potensi tenaga dalam tubuh saat makan siang adalah 100%, dan tubuh tidak terlalu lelah dari kegiatan sehari-hari. Jadi, sumber energi dipenuhi dengan baik – dibandingkan dengan pagi hari – dan aktivitas fisik terasa kurang intens. Ini adalah kondisi terbaik untuk latihan intensif. Manfaat lari siang juga membuat tubuh menangani latihan kecepatan terutama dengan baik di siang hari.

Kekurangan lari siang:

Manfaat lari siang memang sama baik dengan waktu lainnya, namun olahraga lari setelah makan siang bisa sangat menguras tenaga. Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makanan tergantung seberapa berat dan banyaknya makan siang Anda. Untuk menghindari masalah pencernaan (misalnya kram perut) selama latihan interval yang intens, ikuti panduan berikut:

  • Tunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum lari siang.
  • Jika porsi makan siang banyak, tunggu 1,5 hingga 2 jam sebelum lari siang.
  • Jika berlari setelah makan tidak membuat Anda merasa baik, lakukan latihan sebelum makan siang. Namun, mungkin lebih sulit untuk dijalankan karena sumber energi tidak sepenuhnya penuh.

3. Lari sore

Olahraga lari sore atau malam hari adalah cara yang bagus untuk relaks. Apakah Anda sedang stres setelah seharian sibuk bekerja dan mengalami kesulitan dalam melepaskan kepenatan? Salah satu caranya adalah dengan mengendalikan tubuh untuk relaks yang membantu tubuh mengeluarkan sedikit tenaga. Karena tubuh masih dalam mode bertenaga, Anda tidak perlu melakukan pemanasan sama seperti yang dilakukan sebelum lari pagi. Selain itu, manfaat lari sore atau malam yang relaks dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Kekurangan lari sore:

Olahraga lari malam dapat menyebabkan sulit untuk tertidur. Mungkin Anda ingin benar-benar berkeringat di malam hari dengan lari intensitas tinggi. Tetapi berhati-hatilah, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk tertidur, tubuh Anda diberi energi kembali oleh latihan.

Jadwal Olahraga Lari Sesuai Tujuan Anda 

Terlepas waktu yang Anda gunakan untuk lari pagi, siang atau sore, ada kelebihan dan kekurangan serta efek latihan yang berbeda. Petimbangkanlah tujuan Anda ketika menjadwalkan olahraga lari. Apakah ingin menurunkan berat badan, mengurangi stres, menjadi lebih cepat, atau berlari lebih jauh?

  • Jika ingin meningkatkan energi, Anda dapat berlatih setiap saat sepanjang hari. Pastikan melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan benar.
  • Jadwal lari siang hari adalah waktu terbaik untuk pelatihan interval intensif untuk meningkatkan tenaga.
  • Latihan lari yang bertujuan untuk relaks dan pemulihan badan paling baik dilakukan di malam hari.

Lebih baik lari pagi atau sore hari?

Jika tidak sempat lari siang hari karena pekerjaan hal lainnya, Anda harus lebih bijaksana untuk memikirkan apakah lebih bersemangat lari pagi atau lari sore hari. Segera setelah Anda memutuskan untuk mengikuti perlombaan, pastikan dapat melakukan dengan tingkat yang diinginkan saat memulai. Ini adalah sesuatu yang dapat dilatih untuk dilakukan oleh tubuh Anda.

Pada dasarnya, waktu terbaik menjalani olahraga lari adalah saat terasa paling mudah bagi Anda. Faktor-faktor seperti jadwal harian, pola tidur, kerja, waktu luang, keluarga, dan waktu makan biasanya memainkan peran utama ketika merencanakan untuk menjalani olahraga lari pagi, sian, atau sore hari.

Itu dia penjelasan manfaat lari pagi hingga manfaat lari sore yang bisa Anda dapatkan, tergantung kondisi Anda untuk memilih ketiga waktu tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi