Terbit: 8 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Law of attraction adalah hukum tarik-menarik di mana ketika seseorang fokus berpikir positif, maka akan memunculkan hal yang positif pula. Ini merupakan hal yang dapat membantu siapa pun dalam mencapai impian yang Anda idamkan. Lebih lanjut simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Law of Attraction yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental dan Tubuh

Apa Itu Law of Attraction?

Law of attraction adalah filosofi yang membuktikan bahwa pikiran positif memberikan hasil positif pula ke dalam hidup seseorang. Demikian juga pikiran negatif memberikan hasil negatif pula.

Hal tersebut berdasarkan pada keyakinan bahwa pikiran adalah bentuk energi. Memiliki energi positif bisa mencapai kesuksesan di semua bidang kehidupan, termasuk kesehatan, keuangan, dan hubungan dengan orang lain.

Cara Kerja Law of Attraction

Hukum tarik-menarik adalah gaya metafisik yang mirip dengan gaya gravitasi. Sama seperti gaya tarik gravitasi antara matahari dan planet-planet untuk menahannya dalam orbit, hukum tarik-menarik ada antara keyakinan dan perilaku seseorang.

Jika yakin mampu mencapai apa yang Anda impikan, Anda akan terinspirasi dan terpacu untuk mengejar impian tersebut. Namun, jika diri Anda yakin tidak mampu, maka tidak akan ada dorongan untuk menginspirasi Anda untuk bertindak untuk melakukan sesuatu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Hukum tarik-menarik bertindak sebagai kekuatan magnet antara impian dan tindakan yang harus Anda lakukan untuk mewujudkannya.

Ada sains yang mendukung hukum tarik-menarik. Psikolog bernama Carol Dweck telah menemukan bahwa orang dengan pola pikir yang berkembang–yaitu orang yang percaya pada kemampuannya sendiri untuk berubah dan mempelajari hal-hal baru –kemungkinan besar mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada mereka yang memiliki pola pikir sebaliknya.

Prinsip yang Membentuk Law of Attraction

Beberapa prinsip umum utama yang membentuk hukum tarik-menarik, meliputi:

1. Saling Tertarik Kemiripan

Hukum pertama ini menunjukkan bahwa hal-hal serupa tertarik satu sama lain. Hal ini berarti bahwa orang cenderung menarik orang yang mirip dengannya, tetapi ini juga menunjukkan bahwa pikiran orang cenderung menarik hasil yang serupa.

Berpikir negatif dipercaya dapat menarik pengalaman negatif, sedangkan berpikir positif dipercaya menghasilkan pengalaman positif yang orang inginkan.

2. Masa Kini yang Selalu Sempurna

Hukum kedua berfokus pada ide atau gagasan bahwa selalu ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kekurangan saat ini. Meskipun mungkin ada kesalahan atau kekurangan saat ini, alangkah baiknya memfokuskan energi untuk menemukan bagaimana cara membuat saat ini menjadi lebih baik.

3. Mengisi Pikiran dan Hidup

Hukum tarik-menarik berikutnya menunjukkan bahwa menyingkirkan hal-hal negatif dalam hidup dapat mengisi ruang dengan lebih banyak hal positif untuk menggantikannya. Hal ini juga berdasarkan pada ide atau gagasan bahwa tidak mungkin memiliki ruang kosong dalam pikiran dan hidup Anda.

Sesuatu akan selalu mengisi ruang tersebut. Jadi, penting untuk mengisi ruang itu dengan hal-hal yang lebih positif.

Baca Juga: 14 Cara Menjaga Kesehatan Mental (Mudah Dilakukan)

Cara Berlatih Law of Attraction

Menurut hukum tarik-menarik, siapa pun menciptakan realitas atau kenyataannya sendiri. Apa yang Anda fokuskan adalah apa yang Anda masukan ke dalam hidup. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang Anda percayai akan terjadi dalam hidup adalah apa yang terjadi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berlatih law of attraction:

1. Tetap Bersyukur

Pola pikir Anda adalah segalanya dalam hal mempelajari cara menggunakan hukum tarik-menarik. Memiliki sikap selalu syukur menempatkan Anda di tempat kesadaran diri yang lebih tinggi. Dengan sikap ini akan memunculkan energi yang positif ke dalam hidup Anda. Misalnya, mensyukuri apa pun, termasuk hal kecil dalam keseharian, dapat membuat hidup Anda menjadi lebih positif.   

2. Menerima Apa Adanya

Alih-alih fokus pada kesalahan atau kekurangan pada masa kini atau apa yang perlu Anda perbaiki, cobalah untuk menerima kondisi dengan apa adanya. Ini bukan berarti menyerah atau tidak berusaha terus maju menuju masa depan yang lebih baik, akan tetapi jangan larut dalam kegagalan.

3. Berlatih Positive Self-Talk 

Jika sedang berusaha untuk tidak terlalu kritis terhadap diri sendiri, cobalah untuk berlatih positive self-talk setiap hari—berdialog dengan diri sendiri dengan kata-kata positif. Seiring waktu berjalan, cara ini mungkin jauh lebih mudah dan mungkin menemukan bahwa lebih sulit untuk mempertahankan pola pikir negatif.

4. Fokus Terhadap Keinginan

Hukum tarik-menarik bekerja dengan memfokuskan kesadaran pada nilai dan tujuan terdalam Anda. Jika ragu-ragu terhadap apa yang Anda inginkan, ini akan sulit mencapainya. Memfokuskan pada tujuan yang benar-benar Anda inginkan adalah langkah pertama dalam mempelajari cara menggunakan hukum tarik-menarik.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan fokus percaya diri sangat penting untuk menerapkan hukum tarik-menarik. Ketika Anda meningkatkan fokus, kemungkinan besar harapan atau keinginan Anda akan menjadi lebih nyata.

6. Tetap Yakin

Memiliki tingkat keyakinan yang tinggi dapat mendukung setiap pilihan yang Anda buat, mulai dari hubungan hingga karir. Ketika benar-benar yakin atau percaya bahwa sesuatu hal mungkin terjadi, tidak ada yang akan menghalangi Anda untuk mencapainya.

7. Memvisualisasikan Tujuan

Cobalah membuat pengingat dengan bentuk visual atau gambar yang dapat membantu Anda mempertahankan pola pikir positif, tetap termotivasi, dan fokus pada tujuan Anda. Misalnya, pikiran bawah sadar membentuk gambar dan kata-kata yang paling indah, sesuai dengan harapan yang benar-benar Anda inginkan.

Baca Juga: Crab Mentality: Perilaku Buruk yang Menghambat Keberhasilan Orang Lain

Kaitan Law of Attraction dengan Kesehatan dan Kebugaran

Menggunakan hukum tarik-menarik untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat dapat Anda mulai dengan pola pikir. Menjadi lebih memerhatikan tubuh dan kebiasaan sehat Anda akan memberi energi dan vitalitas.

Tingkatkanlah perca diri Anda sehingga merasa lebih terinspirasi untuk berolahraga. Oleh karenanya, gunakan visualisasi tujuan dan membayangkan diri Anda berhasil, kemudian mewujudkannya dengan memulai berolahraga dan makan sehat.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. How To Use The Law Of Attraction To Get What You Want In Life. https://www.tonyrobbins.com/business/law-of-attraction/ (Diakses pada 8 Juni 2021)
  2. Scott, Elizabeth. 2020. What Is the Law of Attraction?. https://www.verywellmind.com/understanding-and-using-the-law-of-attraction-3144808 (Diakses pada 8 Juni 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi