Lavender, Bahan Perawatan Ciamik untuk Kulit Sensitif

lavender-kulit-sensitif-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Setiap manusia lahir dengan kondisi kulit yang berbeda. Tak hanya soal warna, tekstur kelembaban, dan sensitivitas kulit masing-masing orang juga berbeda. Karenanya, perawatan yang diperlukan pun juga berbeda satu sama lain.

Di antara sekian banyak kondisi kulit, salah satu yang cukup menyusahkan adalah kulit sensitif. Bagaimana tidak, jenis kulit ini sangat rentan dengan kondisi lingkungan sehingga mudah rusak dan mengalami iritasi. Salah produk kecantikan bisa membawa dampak mengerikan pada pemiliknya.

Jika Anda salah satu yang memiliki kulit sensitif, ada satu solusi yang sangat efektif. Anda mungkin tidak bisa sembarangan menggunakan produk atau treatment kecantikan, namun Anda bisa menjadikan bunga lavender sebagai alternatif untuk perawatan.

Selama ini, bunga lavender memang banyak dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Aromanya yang menenangkan itu memang sangat dibenci oleh serangga tersebut. Namun tak hanya memberikan rasa tenang, nyatanya lavender juga memberikan dampak positif yang lebih besar pada tubuh dan kecantikan.

Bunga ini juga memiliki kandungan antiseptik yang bisa membunuh kuman, namun di sisi lain juga memicu relaksasi otot. Dengan demikian, lavender akan membantu mencegah jerawat, komedo, peradangan, dan sekaligus memicu produksi kolagen. Alhasil, kulit akan lebih kenyal dan kencang. Selain itu, lavender juga akan membantu mengobati kulit yang pecah-pecah dan terbakar sinar matahari.

Pada kulit sensitif lavender akan membantu mengendalikan sebum pada pori-pori. Karenanya, berbagai bahan yang bereaksi dengan kulit akan dapat dinetralisir sehingga mengurangi timbulnya iritasi dan peradangan. Ditambah lagi, lavender juga punya kemampuan mengendalikan produksi minyak pada kulit.

Berbagai manfaat luar biasa lavender tersebut membuat bunga ini semakin populer di industri kecantikan. Ektrak bunga ini banyak dimasukkan dalam berbagai produk untuk mengurangi dampak buruk akibat bahan kimia yang bersentuhan dengan kulit.