Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa menu makan malam Anda hari ini? Menu makan malam biasanya disajikan spesial karena waktu makan yang lebih bebas, sehingga kita bisa lebih leluasa menikmati makanan.

4 Lauk Makan Malam yang Mengenyangkan & Super Sehat

Hal ini membuat berbagai lauk menjadi cukup khas tersaji sebagai menu makan malam. Akan tetapi, asal memilih menu bisa membuat kita jadi tidak kenyang saat makan malam, lho!

Ya, memilih lauk makan malam dengan asal dan tidak bergizi seimbang, rentan menyebabkan kita tetap merasa lapar di malam hari. Hasilnya bukan tidak mungkin kita jadi bangun di malam hari karena kelaparan, atau justru membuat kita jadi sering ngemil di tengah malam.

Keduanya tentu bukan kebiasaan yang baik. Untuk mencegah hal tersebut, pilihan menu makan malam haruslah yang mengenyangkan dan tetap sehat.

Penasan apa saja pilihan lauk makan malam yang mengenyagkan? Berikut 4 jenis lauk makan malam yang akan membuat tubuh super kenyang di malam hari:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Ikan

doktersehat ikan dan avokad

Photo credit: Pexels by Dana

Menu makan malam ikan, tidak hanya sehat namun super mengenyangkan untuk tubuh. Hal ini disebabkan ikan, utamanya ikan berlemak, mengandung lemak baik yang bisa mempertahankan rasa kenyang dalam tubuh tanpa meningkatkan kolesterol.

Akan tetapi, manfaat tersebut tentu akan dirasakan jika ikan disajikan dengan metode yang rendah lemak, misalnya kukus, rebus, panggang atau asap.

Jangan lupa, selalu lengkapi menu ikan untuk makan malam Anda dengan sayuran dan makanan berkarbohidrat. Anda bisa memilih menu sup ikan dengan tomat dan nasi, atau stik ikan dengan sayuran dan kentang.

2. Kacang-kacangan atau olahannya

Kacang-kacangan merupakan lauk nabati yang super mengenyangkan, bagaimana tidak, dalam 100 gram kacang terdapat kandungan serat yang hampir sama, sebagian bahkan lebih tinggi, dari 1 buah apel.

Hal ini membuat kita bisa memilih kacang-kacangan sebagai lauk makan malam. Anda bisa memilih tempe, tahu, atau menambahkan kacang-kacangan, misalnya kacang merah, kacang almond, di atas menu makan malam atau minuman setelah makan malam Anda.

Jika ingin asupannya maksimal, pilih menu salad sayur dengan tambahan tahu dan kacang-kacangan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Dijamin, Anda akan kenyang semalaman.

3. Daging merah bebas lemak

doktersehat-daging-sehat

Photo Credit: Flickr.com/Matt Barber

Menu daging bebas lemak juga bisa mengenyangkan karena kandungan protein hewaninya yang tinggi. Berbeda dengan ikan, daging memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Maka dari itu, untuk menghindari asupan lemak berlebih di malam hari, hindari memilih daging merah yang memiliki banyak bagian serat atau garis putih ketika masih mentah.

Sajikan daging dengan metode masak rendah lemak, misalnya panggang, kukus atau rebus. Anda bisa memilih menu sup daging dengan sayuran dan nasi, atau steak daging ala barat dengan sayuran dan kentang rebus.

4. Daging ayam tanpa kulit

Lauk ayam tentu sudah sangat familiar disajikan di sebagai menu makan malam harian, ya. Mirip dengan daging merah, daging ayam juga mengandung protein yang tinggi sehingga bisa mengenyangkan tubuh. Agar asupan lemak tidak berlebihan, hindari mengonsumsi ayam dengan kulitnya.

Sajikan ayam dengan metode kukus berkuah, atau bakar. Anda bisa memilih menu lalapan ayam bakar dengan sayuran dalam porsi banyak dan nasi. Anda tentu akan super kenyang dengan menu makan malam yang satu ini.

Nah, itu dia 4 jenis menu makan malam yang super mengenyangkan. Menu makan malam di atas tentu tidak sulit diperoleh dan mudah dibuat.

Jadi, kira-kira, mana nih menu makan malam yang Anda pilih hari ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi