Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas bermanfaat bagi siapapun, tak terkecuali bagi wanita yang sedang hamil. Sebab, olahraga sangat membantu untuk menjaga kesehatan kandungan. Oleh karenanya, seorang wanita hamil diharuskan untuk tetap berolahraga secara rutin, asal olahraga yang dipilih harus aman dilakukan sehingga tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Jenis Latihan yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

Sebab, tidak sedikit wanita hamil yang hanya memilih untuk berdiam diri di rumah. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak benar, walaupun hamil Anda masih disarankan untuk tetap aktif bergerak. Agar lebih aman, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya:

  • Jalan-Jalan Di Pagi Hari

Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang paling sering dilakukan oleh ibu hamil. Berjalan di pagi hari dapat membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, juga dapat membuat otot menjadi rileks sehingga bisa memposisikan bayi dengan nyaman di dalam kandungan. Oleh sebab itu, lakukanlah olahraga ini setidaknya selama 15 hingga 30 menit setiap hari sambil menghirup udara segar yang bisa membuat tubuh lebih fresh.

  • Yoga

Yoga merupakan olahraga yang banyak digemari karena tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, melainkan juga kesehatan mental. Hal ini dikarenakan yoga dipercaya ampuh dapat menghilangkan stres dan membuat pikiran serta suasana hati menjadi lebih tenang. Sehingga, sangat cocok bagi ibu hamil yang selalu cemas selama mengandung.

  • Zumba

Walaupun zumba identik dengan gerakan tubuh dan irama musik yang cepat, namun bukan berarti ibu hamil tidak bisa melakukannya. Olahraga ini aman dilakukan bagi ibu hamil asal kondisi tubuh diperhatikan terlebih dahulu. Lakukan zumba selama 30 menit saja, jika tubuh terasa lelah, segera hentikan dan beristirahat terlebih dahulu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi