3 Jenis Gerakan Olahraga Sebelum Tidur untuk Membentuk Otot

doktersehat-variasi-pushup
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Sebagian besar orang melakukan olahraga di pagi hari setelah bangun tidur. Sebab, berolahraga di pagi hari merupakan waktu yang yang pas karena tubuh masih dalam kondisi segar dan fit setelah bangun tidur. Namun, tidak sedikit pula yang merasa sulit untuk berolahraga di pagi hari dengan alasan masih ngantuk.

Bagi Anda yang sulit bangun dan berolahraga di pagi hari, solusinya adalah lakukan olahraga di malam hari sebelum tidur. Tidak perlu melakukan latihan berat, Anda hanya cukup melakukan gerakan sederhana saja yang bisa Anda lakukan di kamar sebelum beranjak ke tempat tidur. Beberapa gerakan sederhana tersebut diantaranya adalah:

1. Sit Up

Sit up merupakan salah satu gerakan yang dilakukan untuk membentuk otot perut agar tidak buncit. Gerakan ini bisa Anda lakukan di atas tempat tidur dengan meminta bantuan teman sebagai beban di kaki ataupun dilakukan sendiri. Selain dapat membentuk otot perut, sit up juga dapat menguatkan tulang pinggul.

2. Push Up

Gerakan sederhana selanjutnya adalah push up. Sama halnya dengan sit up, push up juga dilakukan untuk membentuk otot perut. Yang perlu Anda perhatikan adalah lakukan gerakan push up dengan benar. Dengan demikian otot perut Anda akan semakin kuat dan juga kalori di dalam perut bisa terbakar dengan sempurna.

3. Squat Jump

Berbeda dengan sit up dan push up, gerakan squat jump bisa dikatakan sebagai gerakan yang paling berat dan melelahkan, sehingga membuat Anda berkeringat lebih banyak. Manfaat squat jump adalah mampu menguatkan otot perut, dan juga menguatkan otot kaki. Rutin melakukan gerakan ini setiap hari sebelum tidu mampu membuat otot dan persendian di kaki Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah pegal.