4 Jenis Latihan yang Bisa Kuatkan Otot Paha

doktersehat-manfaat-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam tubuh manusia, ada beberapa bagian yang sangat penting keberadaannya, tak terkecuali paha. Paha sendiri memiliki berbagai macam fungsi, salah satunya menjadi penopang kaki saat jalan ataupun berlari. Hal itu dibuktikan, ketika kita berjalan atau berlari dengan beban yang kuat, maka paha akan terasa payah dan akhirnya menjadi pegal disertai nyeri.

Nah, hal itu memandakan bahwa paha kita tidak memiliki kekuatan otot yang cukup. Sebab, jika seseorang memiliki kekuatan pada otot paha, maka dia akan kuat berjalan tanpa rasa pegal, walaupun perjalan itu berat dan menanjak. Lantas, bagaimana cara menguatkan otot paha?

Caranya gampang, simak beberapa tips berikut ini.

1. Front Squat

Dalam dunia kebugaran, ada satu teknik latihan yang bernama squat. Squat sendiri biasa digunakan untuk melatih otot paha dan pinggul. Namun, lebih dari itu ternyata squat juga punya variasi gerakan yang bernama front squat. Gerakan ini ditujukan agar otot paha menjadi lebih terlatih dan kuat terhadap tekanan. Praktiknya mudah seperti squat pada umumnya, hanya saja beban diletakkan pada bagian depan sehingga paha yang menjadi tumpuan.

2. Lunges

Tahukah Anda apa itu lunges? Lunges merupakan teknik fitnes yang dilakukan dengan cara memberi tekanan kepada paha dan tangan. Caranya, posisikan tubuh Anda berdiri setegak mungkin dengan memegang beban pada kedua tangan. Lalu, tekuk satu kaki ke depan dan tahan beberapa detik. Kemudian, kembali pada posisi semula dan lakukan pada kaki sebelahnya secara bergantian.

3. Step Up

Dalam ilmu kebugaran, ada satu teknik kaki yang disebut step up. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu kursi dan dumbbell. Caranya, Anda berdiri tegak dengan kedua tangan memegang dumbbell, kemudian gunakan satu kaki untuk menaiki kursi di hadapan Anda. Jadi, satu kaki naik, satu kaki melayang. Tahan sampai beberapa detik dan kembali pada posisi semula.

4. Leg Extension

Kalau jenis latihan yang satu ini memang sangat bermanfaat dalam membentuk dan melatih paha. Namun, saat melakukannya Anda membutuhkan alat bantu. Nantinya, alat tersebut akan ditaruh pada kaki Anda sehingga kaki terasa berat dan Anda harus mengangkatnya sekuat mungkin. Latihan ini bertujuan untuk menguatkan otot kaki, terutama paha.