4 Latihan Kardio Bagi Anda yang Malas Lari

doktersehat-jalan-kaki
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Berlari merupakan olahraga dasar yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Lari sendiri tergolong sebagai olahraga kardio yang mudah dilakukan serta perlu dijadikan rutinitas. Sebab, tubuh membutuhkan latihan kardio secara rutin agar stamina dan kebugaran tetap terjaga.

Namun, walau olahraga ini terbilang penting, tak sedikit orang yang malas melakukannya dengan berbagai alasan. Misalnya lelah, takut panas, dan malas akibat polusi udara. Sebenarnya hal itu bukan masalah jika mereka menggantinya dengan beberapa latihan kardio lainnya. Yang jadi masalah adalah ketika mereka tidak melakukan kardio sama sekali.

Nah, bagi Anda yang tidak suka berlari, maka bwerikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa digunakan sebagai alternatif latihan kardio.

1. Naik Turun Tangga

Aktivitas ini bisa Anda lakukan di rumah ataupun di kantor tempat Anda bekerja. Sebab, naik turun tangga akan membuat fungsi otot akan bekerja maksimal tanpa Anda sadari. Hal ini sangat baik untuk kebugaran tubuh. Tak perlu lama-lama, cukup 5 sampai 10 saja.

2. Lompat

Latihan selanjutnya adalah lompat. Ya, lompat memang terkesan sebagai latihan yang sangat mudah. Tapi jangan salah, di balik kemudahannya itu, lompat bisa mengganti peranan lari sebagai latihan kardio. Tak perlu memaksakan diri, kompat kecil dengan ritme padat juga terbilang cukup.

3. Push Up

Selanjutnya adalah push up. Latihan yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif bagi pengganti lari. Sebab, push up juga efektif membuat sirkulasi darah dan oksigen menjadi lancar. Tak perlu banyak-banyak, lakukanlah push up semampu Anda dengan cara yang tepat.

4. Sit Up

Selanjutnya adalah sit up. Latihan ini merupakan alternatif bagi Anda yang tak suka berlari. Sit up baik dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi, Anda tak terikat waktu ketika melakukan olahraga ini. Namun ingat, saat melakukannya harus benar-benar merasakan kontraksi atau tekanan pada otot sehingga hasilnya bisa maksimal.