6 Latihan Full Body yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

olahraga-full-body-doktersehat

DokterSehat.Com – Latihan full body adalah latihan yang melatih semua otot yang dimiliki oleh tubuh. Selama ini latihan yang dilakukan di gym banyak berfokus pada salah satu otot saja. Padahal melatih banyak otot dalam sekali waktu bisa membuat semua fungsi tubuh meningkat dan cocok untuk Anda yang tidak memiliki cukup banyak waktu.

Jenis latihan full body

Sebenarnya Anda bisa melakukan jenis latihan apa pun sesuai dengan kebutuhan. Mau melakukan latihan per bagian otot atau seutuhnya bisa dilakukan kalau memiliki waktu banyak. Kalau Anda tidak memiliki waktu banyak, latihan full body bisa dilakukan agar banyak otot di tubuh berjalan dengan baik dan bisa berkembang. Berikut beberapa jenis latihan full body.

  1. Push up

Push up adalah gerakan full body yang bisa dilakukan oleh semua orang bahkan wanita sekali pun. Dengan melakukan push up, otot di tubuh bisa dilatih dengan baik mulai dari seluruh tangan, kaki, hingga perut. Kalau Anda bisa melakukan push up dengan benar, ada baiknya melakukan perlahan-lahan dengan tidak meluruskan kaki dahulu. Kalau sudah bisa baru melakukan push up seperti biasa.

Oh ya, gerakan push up ini harus dilakukan dengan benar agar tidak membuat kaki dan tangan jadi nyeri dan cedera. Lakukan sesuai dengan kemampuan saja per sesinya. Anda bisa melakukan 5-10 kali per set. Naikkan pengulangan dari push up ini hingga beberapa kali sampai mendekati batas yang Anda miliki.

  1. Squat

Squat bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dilakukan tanpa pemberat sekali pun. Anda bisa melakukan squat dengan berat dari tubuh yang Anda miliki. Selanjutnya, ulangi beberapa set sesuai dengan kebutuhan. Cara ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di dalam kamar sekali pun.

Kalau Anda ingin mendapatkan tantangan yang jauh lebih besar lagi, ada baiknya untuk melakukannya di gym. Gunakan barbell untuk pemberat di atas tubuh. Lalu lakukan squat seperti biasa dengan gerakan yang sempurna.

  1. Lari

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan. Olahraga ini akan membuat Anda jadi semakin sehat dan tidak butuh banyak alat. Lari bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang perlu diperhatikan hanyalah kecepatan, napas, dan menggunakan sepatu yang tepat agar kaki tidak menjadi sakit.

Kalau Anda melakukan lari, gerakan yang dilakukan berjenis aerobik atau kardio. Meski demikian, dengan melakukan lari secara rutin setiap harinya, otot di seluruh tubuh akan ikut aktif meski di area kaki gerakannya akan lebih maksimal. Tidak mengherankan kalau lari sangat menguras energi dan setelah melakukannya badan lelah semuanya.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan seseorang untuk olahraga dan rekreasi. Dengan bersepeda otot di seluruh tubuh akan dipaksa untuk bergerak dengan maksimal. Apalagi kalau menghadapi berbagai medan yang menantang. Tumpuan tangan hingga pedal di kaki harus dilakukan dengan sempurna.

Saat bersepeda pastikan memakai pakaian yang tepat untuk menghindari gesekan berlebihan di tubuh. Selain itu kaki juga harus melakukan fungsi dengan baik dan memakai sepatu untuk menghindari berbagai jenis lecet yang terjadi kalau sampai kaki lepas kendali dan terkena pukulan dari pedal yang berputar.

  1. Lunge

Lunge dilakukan dengan cara membuat sudut siku-siku dengan salah satu kaku setelah dimajukan. Selanjutnya kaki satunya dipanjangkan ke belakang. Lakukan gerakan naik dan turun sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan latihan sisi per sisi dari kaku atau keduanya dengan cara lunge berjalan.

Lunge dilakukan untuk melatih semua otot di bagian tubuh bawah khususnya kaki. Kalau Anda ingin menambahkan beban bisa membawa dumbbell atau barbel di bagian atas tubuh untuk meningkatkan kesulitannya.

  1. Naik turun tangga

Latihan terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot adalah dengan naik dan turun tangga. Di beberapa pusat kebugaran ada alat dengan konsep ini. Namun, kalau di rumah atau taman ada tangga atau undakan yang bisa digunakan, coba lakukan olahraga disana. Naiklah dengan cepat atau perlahan lalu turun. Lakukan hingga beberapa set.

Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan juga ketahannya. Kadang kuat saja tidak cukup dan butuh ketahanan agar bisa digunakan dalam jangka  waktu lama. Kalau Anda melakukan latihan ini ada baiknya untuk memakai sepatu dan berhati-hati. Naik dan turun tangga rawan jatuh kalau tidak dilakukan dengan gerakan yang benar.

Hal yang harus diperhatikan

Melakukan latihan full body dan melatih semua otot yang dimiliki oleh tubuh akan membuat Anda jadi sangat lelah. Beberapa kali latihan tubuh akan terasa sangat nyeri di beberapa bagian. Kondisi Ini sangat wajar dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Setelah beberapa kali latihan nyeri akan hilang dengan sendirinya.

Otot yang ada di tubuh belum bisa menyesuaikan diri dengan jenis latihan yang dilakukan. Beberapa otot yang awalnya pasif menjadi sangat aktif dan akhirnya terjadi tegang dan nyeri. Kondisi ini hanya sementara saja dan akan membaik dengan sendirinya perlahan-lahan.

Oh ya, saat melakukan latihan, ada baiknya untuk mengetahui kemampuan tubuh. Jangan hanya berfokus pada berapa kali pengulangan dan set. Di awal latihan, fokuskan pada form atau kesesuaian gerakan. Dengan melakukan ini Anda tidak akan melakukan kesalahan. Ke depannya kalau tubuh sudah kuat, Anda bisa segera menambah pengulangan dan set.

Inilah beberapa ulasan tentang latihan full body yang bisa kita lakukan dengan baik dan melatih semua otot di tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya dan bisa dijadikan acuan kalau ingin memulai latihan di seluruh tubuh.