Hanya dengan Kursi, Anda Bisa Lakukan 5 Jenis Latihan ini

fitnes-dengan-kursi-doktersehat
photo credit : icine.info

DokterSehat.ComРKata siapa latihan kebugaran harus datang ke tempat fitnes? Tidak semua jenis latihan mengharuskan  kita untuk datang ke tempat fitnes. Pasalnya, ada beberapa jenis latihan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan alat bantu sederhana, misalnya kursi.

Sebab, dengan datang ke tempat fitnes, tentu saja kita harus mengeluarkan uang dan waktu yang tidak sedikit karena latihan fitnes dibutuhkan konsistensi jangka panjang. Nah, tidak semua orang punya waktu lebih, apalagi yang sangat sibuk dengan pekerjaan. Untuk itu, Anda perlu tahu bahwa hanya dengan mengandalkan kursi, Anda sudah bisa latihan kebugaran.

Tentunya hal ini menjadi lebih efektif bukan? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa latihan kebugaran yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kursi.

1. Box Squat

Latihan pertama yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan kursi adalah box squat. Sesuai dengan namanya, Anda akan melakukan latihan squat seperti biasanya, hanya saja divariasi dengan kursi. Yang membedakan squat biasa dengan box squat adalah Anda menempelkan bokong pada kursi untuk mengambil pola dasar.

2. Bulgarian Split Squat

Untuk variasi squat yang satu ini cukup familiar dalam melatih otot punggung. Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan kursi. Praktiknya sederhana, pertama posisikan tubuh Anda berdiri tegak di depan kursi. Lalu, angkat satu kaki ke belakang dan letakkan pada kursi, tahan beberapa saat dan ulangi pada kaki satunya.

3. Elevated Hip Raise

Latihan berikutnya dilakukan dengan posisi tubuh terlentang. Pada posisi ini, Anda harus tidur terlentang dan mengangkat kedua kaki untuk diletakkan pada kursi. Kemudian, angkat bokong Anda ke atas dan tahan beberapa saat sampai terasa kontraksi pada pinggang.

4. Chest Press

Latihan selanjutnya adalah chest press, yaitu sebuah latihan yang menyerupai push up, hanya saja menggunakan alat bantu kursi. Jadi, Anda tinggal meletakkan kedua tangan dan lakukan gerakan layaknya sedang push up.

5. Triceps Dips

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan gerakan yang satu ini. Ya, triceps dips merupakan salah satu gerakan fitnes yang cukup populer. Latihan ini digunakan untuk membentu otot lengan dan punggung. Tak perlu repot ke pusat kebugaran, kini Anda bisa melakukannya di rumah hanya dengan menggunakan kursi saja.