Obat Lasix/Furosemide – Sediaan

Doktersehat-obat-furosemide

DokterSehat.Com – Lasix/Furosemide obat apa? Lasix/Furosemix adalah diuretik loop atau pil air yang mencegah tubuh Anda untuk menyerap banyak garam, sehingga garam tidak akan lewat untuk dibuang ke urine. Obat Lasix/Furosemide adalah obat yang biasanya digunakan untuk para penderita edema.

Edema adalah suatu kondisi pembengkakan jaringan akibat penumpukan cairan. Penyakit edema yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan sesak napas yang parah hingga penderita bisa terancam jiwanya. Obat Lasix/Furosemid eberfungsi untuk mengobati kondisi seperti ini.

Selain digunakan untuk mengobati kondisi edema, Lasix/Furosemide juga memiliki fungsi untuk mengobati penderita tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu obat Lasix/Furosemide juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kalsium yang tinggi dalam darah.

Obat Lasix/Furosemide adalah obat yang berfungsi sebagai diuretik. Penggunaan obat Lasix/Furosemide ini lebih baik dikonsumsi sesuai dengan dosis Lasix/Furosemide yang diberikan oleh dokter Anda. Penggunaan dosis yang sesuai akan membantu penyembuhan Anda dengan cepat.

Penggunaan Obat Lasix/Furosemide

Anda kini sudah mengetahui Lasix/Furosemide obat apa. Konsultasikan terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan mendetail mengenai penyakit yang diderita pada dokter Anda, sehingga pemulihan tubuh Anda akan terasa lebih cepat jika dibantu dengan obat Lasix/Furosemide ini.

Begitu pula, ada yang harus diperhatikan untuk penggunaan pada ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan obat Lasix/Furosemide. Penggunaan obat Lasix/Furosemide dapat memiliki efek samping yang akan memengaruhi janin dan bayi Anda.

Harap perhatikan manfaat dan risiko yang akan didapat jika Anda berniat untuk mengkonsumsi obat ini. Jika pun Anda tidak memiliki pilihan lain untuk mengkonsumsinya, diharapkan untuk melakukan konsultasi kepada dokter Anda mengenai penggunaan obat tersebut.

Setelah Anda mengetahui Lasix/Furosemide obat apa, mari ketahui mengenai manfaat, fungsi, dan komposisi Lasix/Furosemide.

Di halaman ini Anda akan diberi penjelasan mendetail mengenai informasi obat yang satu ini, supaya Anda lebih cermat dalam menggunakan jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter bagi pengidap edema atau pun hipertensi.

Fungsi & Manfaat Lasix/Furosemide

Fungsi Lasix/Furosemide adalah untuk mengurangi cairan di dalam tubuh dan membuangnya melalui saluran kemih. Sementara itu, manfaat Lasix/Furosemide adalah untuk pengobatan penderita penyakit endema dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Komposisi Lasix adalah furosemide. Furosemide bekerja di dalam ginjal untuk menghambat penyerapan garam dan tidak bisa diserap lagi oleh ginjal, sehingga air akan dibuang melalui mekanisme buang air kecil supaya tidak terjadi kelebihan cairan yang mengakibatkan di paru-paru, ginjal, jantung dan hati.

Informasi di atas sudah memberitahu Anda mengenai manfaat, fungsi dan komposisi Lasix/Furosemide. Memerhatikan fungsi Lasix/Furosemide adalah hal yang sangat penting agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini.

Jika Anda direkomendasikan obat Lasix/Furosemide oleh dokter, maka Anda harus mengetahui informasi obat Lasix/Furosemide yang lebih mendalam.

Lasix adalah nama untuk obat dengan komposisi Furosemid/Furosemide/Furosemida.

Beberapa nama dagang Furosemide:

  • Cetasix.
  • Classic.
  • Lasix®.
  • Afrosic.
  • Dierufo.
  • Edemin.
  • Farsiretic.
  • Farsix.
  • Surosemide.
  • Furosix.
  • Gralixa.
  • Husamid.
  • Impugan.
  • Laveric.
  • Mediresix.
  • Naclex.
  • Silax.
  • Uresix.
  • Yekasix.

Bentuk sediaan obat Furosemid/ Furosemide/Furosemida

  1. Injeksi, larutan: 10 mg/mL. Sediaan : (2 mL, 4 mL, 10 mL).
  2. Injeksi, larutan [bebas pengawet]: 10 mg/mL. Sediaan : (2 mL, 4 mL, 10 mL).
  3. Larutan, oral: 10 mg/mL (60 mL, 120 mL); 40 mg/5 mL (5 mL, 500 mL).
  4. Tablet, kekuatan : 20 mg, 40 mg, 80 mg.

Informasi Penting Tentang Penggunaan Obat Lasix/Furosemide

Anda sebaiknya tidak menggunakan obat furosemide jika Anda tidak bisa buang air kecil.

furosemide
Photo Credit: bestpricehecker

Jangan mengambil lebih dari dosis yang dianjurkan. Furosemide dosis tinggi dapat menyebabkan gangguan pendengaran ireversibel.

Sebelum menggunakan furosemide, beritahu dokter Anda jika Anda menderita penyakit ginjal, pembesaran prostat, masalah kencing, sirosis atau penyakit hati lainnya, ketidakseimbangan elektrolit, kolesterol tinggi, asam urat, lupus, diabetes, atau alergi terhadap obat sulfa.

Beritahu dokter Anda jika Anda baru saja menjalani MRI (magnetic resonance imaging) atau jenis pemindaian menggunakan pewarna radioaktif yang disuntikkan ke pembuluh darah Anda. Jangan minum obat ini lebih banyak daripada yang dianjurkan.

Jika Anda dirawat karena tekanan darah tinggi, tetap gunakan obat furosemide bahkan jika Anda merasa baik-baik saja. Penghentian penggunaan obat tanpa berdasarkan anjuran dokter justru dapat menyebabkan keadaan menjadi semakin memburuk. Bisa saja tubuh masih membutuhkan obat namun pasien tidak menyadari hal tersebut. Tekanan darah tinggi sering kali tidak memiliki gejala. Jadi, jika tidak ada saran penghentian penggunaan obat dari dokter, sebaiknya tetap konsumsi obat sesuai anjuran dokter Anda.

Informasi di atas adalah informasi awal tentang obat Lasix/Furosemide. Untuk informasi yang lebih mendalam mengenai obat ini, silakan membaca pada halaman selanjutnya.

Perlu diingat bahwa penggunaan obat Lasix/Furosemix harus berada di bawah pengawasan dokter, agar efek samping yang merugikan atau reaksi obat yang tidak efektif dapat dicegah.

Obat Lasix/Furosemide – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5