Benarkah Laser Mainan Bisa Picu Kebutaan?

laser-doktersehat
Photo Source: www.infopenerbangan.com

DokterSehat.Com– Salah satu mainan yang disukai oleh anak-anak adalah laser mainan. Mainan ini sebenarnya adalah laser penunjuk yang dipakai di kantor-kantor untuk presentasi. Hanya saja, kita tentu pernah mendengar cerita yang menyebutkan bahwa laser mainan ini bisa merusak kesehatan mata sehingga tidak boleh diarahkan langsung ke indera penglihatan. Sebenarnya, apakah cerita ini benar adanya?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyebutkan bahwa hal ini ternyata benar. Meski terlihat seperti mainan yang tidak berbahaya, dalam realitanya laser mainan jika diarahkan langsung ke mata bisa memicu cedera atau bahkan kebutaan. Efek dari laser ini ternyata jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan jika kita melihat langsung ke arah sinar matahari.

Dan Hewett dari FDA menyebut daya sinar laser mainan sangat kuat, apalagi jika kita menatapnya di ruangan yang gelap, saat pupil mata terbuka lebar agar bisa melihat dengan lebih baik. Efek ringan dari melihat langsung laser mainan adalah kehilangan penglihatan untuk sementara, namun jika efeknya berat, maka bisa memicu cedera yang cukup serius pada mata.

FDA telah menetapkan aturan yang menyebutkan bahwa laser penunjuk yang dijual di pasaran hanyalah memiliki daya maksimal 5 miliwatt. Hanya saja, banyak mainan laser yang memiliki daya jauh lebih kuat dan tidak sesuai dengan yang tertera di labelnya.

Jika kita ingin membeli laser untuk tujuan kebutuhan pekerjaan, akan jauh lebih baik jika kita tidak memilih laser dengan warna biru dan ungu. MenurutĀ Americah Academy of Opthalmology, laser dengan kedua warna ini memiliki efek jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan laser berwarna hijau dan merah.

Hanya saja, akan jauh lebih baik bagi kita untuk tidak menjadikan laser sebagai mainan anak-anak karena hal ini bisa membahayakan kesehatan.