Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pilihan dalam kehidupan, sebagian besar dari kita dimanjakan oleh berbagai pilihan ketika menyangkut sebagian besar hal. Baik itu dengan makanan, pilihan karir, liburan, dan hal lainnya.

Lari Vs Renang, Manakah yang Lebih Baik?

Tanpa pilihan, hidup kita akan lebih sederhana dan lurus ke depan. Meskipun memiliki pilihan adalah hal positif dalam banyak kasus, itu juga dapat membuat seseorang mengalami dilema, ketika dia tidak dapat memilih satu pilihan.

Kita sudah tahu bahwa olahraga adalah salah satu kegiatan terbaik yang harus dilakukan oleh setiap manusia, yang membuat kita tetap sangat sehat, membantu mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit.

Dengan berolahraga, kita bisa tetap bugar, sehingga meningkatkan penampilan dan tetap awet muda untuk jangka waktu yang lebih lama. Bahkan, olahraga teratur dapat membantu menjaga berat badan dan dengan demikian mencegah penyakit gaya hidup seperti obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, nyeri sendi, gangguan pencernaan, infertilitas dan banyak lagi.

Berolahraga juga dapat memberikan kesehatan mental yang baik, karena meningkatkan kadar serotonin di otak, sehingga memberikan bantuan yang baik pada stres dan depresi.

Jadi, seperti melansir Boldsky, berolahraga setiap hari dapat menjadi kunci untuk kesehatan yang lebih baik.

Kembali ke pilihan Anda, banyak pilihan, bahkan ketika akan berolahraga! Seperti berlari, berenang, karate, kick-boxing, berbagai bentuk tarian, berolahraga di gym, dan jenis olahraga lainnya.

Jadi, dengan begitu banyak jenis olahraga, Anda akan sulit untuk memilih salah satunya! Tentu saja, seseorang tidak dapat mencoba berbagai bentuk latihan sekaligus, sehingga disarankan untuk mengikuti satu bentuk latihan, setidaknya selama 6 bulan.

Sekarang, jika Anda bertanya-tanya apa bentuk latihan yang dapat dipilih, ketika dihadapkan pada pilihan; berlari dan berenang. Nah, DokterSehat akan membantu membuat pilihan yang tepat untuk Anda.

Berlari Vs Berenang

Sebelum hal lain, yang terbaik adalah menjelaskan bahwa berenang dan berlari adalah bentuk olahraga yang sangat baik dan keduanya memiliki manfaatnya sendiri.

Prioritaskanlah berdasarkan kebutuhan kesehatan Anda, sehingga dapat membantu Anda memilih antara berlari dan berenang.

Baik berlari maupun berenang dapat membantu seseorang menurunkan berat badan, dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Selain itu, kedua aktivitas fisik ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhkan dari berbagai penyakit. Ini adalah beberapa manfaat kesehatan umum dari berlari dan berenang.

Sekarang mari kita ketahui bagaimana perbedaan manfaat dari berenang dan berlari, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dari orang yang berbeda.

olahraga-kardio-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

Lari

Berlari adalah bentuk latihan yang membutuhkan sedikit keterampilan dan itu bisa datang secara alami bagi kebanyakan orang. Olahraga ini tidak memerlukan pelatihan profesional apa pun.

Menjalankan sebagian besar berdampak pada bagian bawah tubuh Anda, dan bertujuan membantu Anda mengembangkan kekuatan inti dan massa otot tanpa lemak di bagian bawah tubuh Anda. Berlari selama 30 menit dapat membakar hingga 350 kalori, lho.

doktersehat-renang-olahraga

Renang

Berenang adalah suatu bentuk latihan yang harus dipelajari, sebaiknya di bawah bimbingan pelatih. Seiring dengan memperkuat inti Anda, berenang melatih bagian tubuh bagian atas dan bawah Anda.

Berenang bisa membakar hingga 400 kalori dalam 30 menit. Jadi, kesimpulannya, berenang dapat dianggap sedikit lebih baik daripada berlari, jika Anda bisa mempelajarinya!

Nan, pilih yang mana, Teman Sehat? Tentukanlah pilihan sesuai kebutuhan tubuh Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi