4 Trik Mengatasi Lapar Ketika Sedang Diet

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan berat badan serta bentuk tubuh ideal, tentu saja kita harus melakukan serangkaian usaha dan konsistensi. Sebab, segala sesuatu memang perlu proses dan tidak ada yang instan. Biasanya, ketika ingin menurunkan berat badan, seseorang akan melakukan metode diet, yakni membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Namun, untuk melakukannya pun tak semudah yang dibayangkan. Sebab, tubuh kita akan berontak dalam tahap awal. Bagaimanapun juga, kita memerlukan makanan untuk dapat melangsungkan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Sehingga tantangan terberat ketika diet adalah mengatasi rasa lapar yang sering datang.

Jika Anda mengalami hal serupa, jangan patah semangat dulu dan membatalkan program diet yang sudah dijalankan. Sebab, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar diet tetap lancar tanpa halangan. Apa saja trik tersebut? Berikut diantaranya.

1. Jangan Lupa Sarapan

Cara pertama agar tidak tersiksa dengan rasa lapar adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Makanlah makanan sehat di pagi hari sebagai cadangan energi untuk beraktivitas. Ketika Anda melewatkan sarapan, maka rasa lapar akan sangat mengganggu di siang dan sore hari.

2. Minum Air putih

Sebagai pengganjal perut yang sangat lapar, Anda bisa mengonsumsi air putih sebagai penggantinya. Sebab, air putih merupakan minuman yang paling sehat dan tak ada risiko walau Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Selain itu, air putih juga bisa melancarkan pencernaan sehingga proses diet akan lebih maksimal.

3. Lakukan Hobi

Trik selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan hobi, misalnya bermain game, membaca, menulis, berkebun, dan sebagainya. Sebab, melakukan aktivitas yang menyenangkan sesuai hobi akan membuat kita lupa bahwa kita sedang lapar. Trik ini terbilang cukup efektif dilakukan bagi orang yang sedang diet.

4. Camilan Sehat

Jika memang rasa lapar tersebut tak tertahankan lagi, maka Anda bisa mengonsumsi makanan sehat sebagai camilan. Jangan sampai mengonsumsi makanan berat, sebab program diet akan sia-sia. Anda bisa memilih makanan ringan yang sehat seperti bayam, buah, ataupun oatmeal.