Lapar Saat Bekerja? Bisa Jadi Karena Hal Ini

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

DokterSehat.Com– Saat pekerjaan sedang sibuk-sibuknya, kadangkala kita justru terganggu dengan munculnya rasa lapar. Tak hanya membuat konsentraasi bekerja menurun drastis, kita juga bisa tertarik untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat dan akhirnya memicu kenaikan berat badan. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya rasa lapar saat bekerja ini?

Saat bekerja keras, maka otak dan tubuh juga akan menghabiskan energi dalam tubuh yang banyak. Saat energi sudah menurun drastis, maka otak pun akan memberikan sinyal untuk kembali mendapatkan asupan energi. Hal inilah yang membuat perut menjadi sangat lapar sebelum jam makan siang tiba.

Penyebab lain dari munculnya rasa lapar saat bekerja adalah kebiasaan tidak mengonsumsi sarapan pagi sehingga kita pun hanya mengonsumsi camilan sebagai pengganjal perut. Yang menjadi masalah adalah, hal ini tidak akan memberikan energi yang cukup sehingga kita pun akan terus mencari camilan yang bisa mengatasi rasa lapar. Padahal, jika kita kerap mengonsumsi camilan yang tidak mengenyangkan namun kaya akan kalori dan gula, maka risiko untuk terkena diabetes atau kenaikan berat badan tentu meningkat dengan signifikan.

Agar tidak mudah lapar saat sedang sibuk-sibuknya bekerja, ada baiknya kita selalu mengonsumsi sarapan pagi. Tak hanya itu, kita juga harus benar-benar memperhatikan apa saja yang kita konsumsi. Sebagai contoh, ada baiknya kita mengonsumsi karbohidrat dengan kadar glikemik yang rendah sehingga bisa membuat kenaikan gula darah berlangsung dengan lebih lambat dan energi tubuh pun tidak akan cepat habis.

Hal lain yang harus kita perhatikan adalah asupan serat dan protein yang tidak boleh kita tinggalkan saat sarapan pagi atau makan siang. Selain itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak yang kurang baik bagi kesehatan.