Terbit: 14 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa makanan khas lebaran favorit Anda? Lebaran tentu tak bisa lepas dari berbagai jenis sajian hari raya.

Lapar Mata saat Lebaran? Boleh Kok Asal Lakukan 3 Hal Ini Dulu

Mulai dari camilan, jajanan, makanan kering seperti keripik atau kerupuk, dan tentu saja masakan super nikmat. Lebaran sebagai sarana berkumpul keluarga dan silaturahmi membuat kita bisa dengan mudah lapar mata akan berbagai sajian khas lebaran yang tersedia, ya.

doktersehat-makan-setelah-tarawih

photo credit : pexels.com

Ya, lapar mata saat lebaran menjadi salah satu hal yang membuat kita berisiko mengonsumsi makanan berlebihan.

Kondisi ini tentu akan meningkatkan terjadinya peningkatan berat badan, menggagalkan diet hingga menyebabkan risiko pada kesehatan dengan membuat kadar profil darah, misalnya gula, asam urat dan kolesterol, tidak terkontrol.

Hal ini kemudian menyebabkan banyak orang beranggapan bahwa lapar mata saat lebaran tidak boleh dituruti.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Padahal dengan cara yang tepat, Anda bisa tetap memenuhi keinginan mengonsumsi makanan yang membuat Anda lapar mata, tanpa harus meningkatkan risiko yang merugikan untuk tubuh, lho.

Prinsip agar lapar mata tetap sehat

Sebelum membahas cara atau tips menuruti keinginan lapar mata saat lebaran. Perlu diketahui bahwa ada prinsip dasar yang harus kita terapkan sebelum menuruti keinginan lapar mata.

Prinsip tersebut adalah kita tetap tidak boleh melebihi batas maksimal konsumsi untuk makanan manis, asin dan berlemak dalam satu hari ya.

Tanda-kelebihan-gula-garam-lemak-saat-puasa-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch | Flickr.com/Celmens v. Vogeslang

Hal ini penting karena tiga makanan tersebut rentan dikonsumsi berlebihan dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang kerap terjadi pasca puasa.

Pastikan bahwa konsumsi makanan atau minuman manis tidak lebih dari 5-6 porsi, makanan asin tidak lebih dari 2-3 porsi atau lebih dari 1 sendok teh garam, serta makanan berlemak tidak lebih dari 5 porsi dalam sehari.

Tips agar bisa menuruti lapar mata namun tetap sehat

Nah, setelah mengetahui prinsip dasar tersebut kini caranya mengetahui bagaimana sih agar kita bisa tetap bisa menuruti lapar mata namun tetap sehat, yaitu dengan:

1. Mengonsumsi atau mencicipi berbagai makanan dalam porsi kecil

Siapa sih yang tahan tidak mencicipi berbagai sajian makanan saat lebaran? Nah, agar Anda bisa tetap mencobanya tanpa harus mengonsumsinya berlebihan, maka Anda bisa mengonsmsi berbagai sajian tersebut dalam porsi lebih kecil.

doktersehat-porsi-camilan

Photo Credit: Flickr.com/Yoppy

Porsi kecil disini adalah porsi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan porsi yang biasa Anda konsumsi atau dari porsi sesuai kebutuhan tubuh Anda.

2. Biasakan mengonsumsi air putih dalam waktu lebih sering

Agar nafsu makan bisa ditekan, usahakan Anda selalu menyediakan air putih saat hendak mencicipi banyak jenis makanan.Mengapa?

Air putih dapat mengisi volume lambung lebih banyak sehingga Anda bisa mengontrol nafsu makan.

doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024

Selain itu Anda bisa mengonsumsi air putih disela-sela waktu saat mencoba berbagai jenis makanan. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa merasakan cita rasa dari masing-masing makanan yang baru Anda coba.

Jika Anda langsung mencicipi makanan lain tanpa minum air putih, rongga mulut hingga kerongkongan masih belum bersih dari cita rasa makanan sebelumnya. Rasa asli dari makanan yang baru dikonsumsi cenderung tidak terasa dan hal ini berisiko membuat Anda mengonsumsi makanan baru tersebut dalam porsi yang berlebihan.

3. Kurangi hingga separuh porsi & pilih dalam versi sehat utamanya makanan manis, asin dan berlemak

Agar Anda bisa mengonsumsi banyak jenis makanan manis, asin, dan berlemak, namun tetap berada di bawah batas konsumsi harian.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan selalu mengonsumsi makanan manis, asin dan berlemak dalam porsi kecil, yaitu makanan atau minuman manis sebanyak 30 gram atau 50-7 ml dan makanan berlemak dalam porsi kecil yaitu 35 gram.

Angka ini setara dengan separuh porsi donat dengan cokelat manis ukuran sedang, serta separuh porsi gorengan tahu isi mie atau sayuran, ukuran sedang.

doktersehat-makanan-manis-gula

Selain itu, usahakan memilih makanan dalam versi sehat misalnya camilan yang rendah garam, yaitu keripik alami tanpa bumbu tambahan buatan atau memilih makanan yang diolah dengan metode kukus, rebus atau bakar.

Dengan cara ini Anda bisa mengonsumsi makanan manis, asin, dan berlemak dalam jenis yang lebih banyak namun tidak berlebihan, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi