Mendadak Lapar di Larut Malam, Makan atau Tidak?

DokterSehat.Com– Terkadang di waktu yang cukup larut atau menjelang waktu tidur, perut tiba-tiba saja merasa lapar. Kita pun merasakan dilema karena ingin makan namun takut mengalami kenaikan berat badan akibat makan terlalu malam. Sayangnya, jika kita menahan rasa lapar ini, bisa jadi tubuh akan kurang nyaman dan akhirnya membuat kita tidur dengan kondisi gelisah dan tidak nyenyak. Sebenarnya, sebaiknya makan atau tidak jika mendadak lapar di larut malam?

Solusi jika merasakan lapar di larut malam

Pakar kesehatan Dana Hunnes yang berasal dari Ronald Reagan UCLA Medical Center, Amerika Serikat menyarankan kita untuk tetap makan jika memang perut memang sudah lapar. Bahkan, meskipun waktu lapar ini di waktu dini hari, sebaiknya kita tetap makan dan tidak perlu benar-benar takut mengalami kenaikan berat badan.

“Jangan memaksakan diri untuk terus kelaparan di malam hari. Makan tidak akan memberikan pengaruh besar bagi berat badan asalkan tidak dilakukan terlalu sering. Membiarkan rasa lapar justru akan mengganggu sistem lain yang ada di dalam tubuh,” ungkap Dana.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa langsung mengambil gorengan, kue, atau mengonsumsi makanan apapun yang tersedia di dekat kita. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat demi mengatasi rasa lapar di larut malam tanpa memberikan efek samping bagi kesehatan. Sebagai contoh, Dana menyarankan kita untuk mengonsumsi biji-bijian atau makanan dengan kadar protein tinggi namun bebas lemak. Selain itu, konsumsilah dengan porsi kecil saja sebagai pengganjal perut, bukan sebagai pemuas rasa kenyang sebagaimana saat kita makan besar.

Hanya saja, jika memang yang tersedia adalah nasi dan lauknya, kita bisa mengonsumsi nasi tersebut asalkan dengan porsi yang sedikit. Jika ada buah-buahan segar atau jus buah, kita juga bisa mengonsumsinya demi memberikan tambahan serat yang tentu akan membantu kinerja saluran pencernaan. Meskipun begitu, sebaiknya tidak menambahkan es pada jus buah karena suhu dingin akan memperberat kinerja saluran pencernaan.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi jika kelaparan di malam hari

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih makanan yang tepat demi mengatasi rasa lapar di larut malam. Makanan-makanan ini sebaiknya tidak membebani kinerja pencernaan atau memicu peningkatan berat badan.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Makanan dengan kandungan tryptophan tinggi

Kandungan tryptophan bisa membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Hal ini berarti, setelah mengonsumsinya, maka kita pun bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Beberapa jenis makanan yang bisa menyediakan kandungan ini adalah telur, ikan salmon, kacang walnut, daging ayam, dan daging kalkun.

  1. Karbohidrat yang mudah dicerna oleh perut

Roti gandum utuh yang dipanggang dengan tambahan selai kacang bisa menyediakan karbohidrat yang cenderung mudah dicerna oleh perut sehingga tidak akan membuat perut bekerja dengan terlalu keras. Hal ini tentu akan membantu kita mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Nasi merah dan daging ikan juga bisa dijadikan pilihan yang tepat.

  1. Makanan berprotein namun rendah lemak

Lemak bisa membuat pencernaan bekerja dengan cukup lambat, namun protein bisa membantu kita cepat merasa kenyang. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi daging ayam, salad atau sayuran yang direbus, telur orak-arik, dan sedikit buah-buahan.

  1. Sayuran dengan warna gelap

Sayuran dengan warna daun cenderung gelap layaknya bayam, brokoli, atau kale biasanya memiliki kadar asam folat yang tinggi. Mengonsumsinya bisa membantu kita mendapatkan waktu tidur yang nyenyak.

  1. Mengonsumsi camilan sehat

Jangan asal ngemil demi mengatasi rasa lapar di larut malam. Konsumsilah camilan sehat dan berbobot seperti oatmeal dengan tambahan kacang, granola, yoghurt, atau smoothie pisang yang diberi tambahan susu demi mengenyangkan perut namun tidak akan memberikan dampak kenaikan berat badan yang signifikan.