Mengapa Lapar Bisa Sebabkan Sakit Kepala?

Doktersehat-sakit-kepala-bagian-belakang
Photo Credit: Flickr.com/ainsleyaiken.info

DokterSehat.Com– Saat perut merasa lapar, kita tidak hanya akan merasakan gejala tidak nyaman pada perut, melainkan juga pada kepala kita. Kepala akan terasa berat dan kita pun tidak akan mudah berpikir atau berkonsentrasi. Sebenarnya, bagaimana bisa perut lapar menyebabkan munculnya sakit kepala?

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa jenis sakit kepala yang bisa menyerang manusia, yakni sakit kepala cluster, sakit kepala tegang, migrain, sakit kepala sinus, serta sakit kepala yang disebabkan oleh perut yang kelaparan. Penyebab sakit kepala yang dipicu oleh perut lapar sendiri bukanlah karena tidak adanya makanan, melainkan sebagai efek dari tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi makanan.

Karena kekurangan makanan, maka kadar glukosa atau gula darah akan menurun dengan drastis. Hal ini akan menyebabkan otot menjadi lebih tegang dan pembuluh darah melebar. Jika kita membiarkan hal ini dan tidak mendapatkan asupan makanan apapun, maka kepala akan terasa sakit. Selain itu, saat kadar gula darah menurun drastis akibat tidak adanya asupan makanan apapun, maka tubuh akan melepaskan hormon yang diharapkan bisa kembali menyeimbangkan kadar gula darah. Keberadaan hormon inilah yang kemudian bisa menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala yang disebabkan oleh rasa lapar biasanya akan muncul di kedua bagian sisi kepala. Selain itu, kita juga akan merasakan gejala lainnya seperti sakit pada kepala bagian belakang, sensasi kaku pada dahi, nyeri pada bagian pelipis, hingga rasa tegang pada bahu. Sakit kepala yang sudah cukup parah juga akan menyebabkan keluarnya keringat, kebingungan, rasa lelah, pusing, badan gemetaran, hingga badan yang lemah.

Demi mencegah datangnya sakit kepala yang disebabkan oleh rasa lapar, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan tetap sehat. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi makanan dari bahan karbohidrat dalam jumlah yang terlalu banyak dalam satu waktu. Pastikan untuk menjaga keseimbangan protein yang kita konsumsi karena asupan protein ini mampu meredakan sakit kepala saat merasa lapar, rasa cemas, stres, serta rasa tegang.

Jika sakit kepala tidak kunjung mereda meski kita sudah berusaha untuk mengonsumsi makanan tertentu, ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan ini ke dokter demi mendapatkan diagnosis yang tepat dan ditangani dengan baik.