Cara Mudah Obati Kram Tangan dan Kesemutan

Doktersehat-tangan-kebas

DokterSehat.Com – Kesemutan pada pergelangan tangan, ibu jari, jari terunjuk, dan jari tengah. Apabila kondisi tersebut terus didiamkan, otot pada telapak tangan sisi ibu jari akan mengecil. Panas atau nyeri (terutama ketika malam), sering disertai kesemutan. Keluhan nyeri seperti itu terjadi pada lengan bawah dan siku, terkadang juga di daerah bahu. Rasa nyeri itu biasanya sedikit berkurang, apabila penderita memijat atau mengistirahatkan tangan dengan meletakkannya pada posisi yang lebih tinggi.

Kesemutan pada jari-jari tangan sering dialami oleh siapa saja saat ini, tidak memandang jenis kelamin dan pekerjaan, mulai dari wartawan, mekanik sampai ibu rumah tangga. Carpal tunnel syndrome (CTS) dalam bahasa Indonesia disebut sindrom terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan.

Baca juga: Tangan Sering Kesemutan? Jangan Abaikan!

Obat Kram Tangan

Jika Anda mengalami kram tangan kanan atau kesemutan jari-jari tangan, atasi dengan enam langkah ini:

  1. Biarkan tangan Anda beristirahat selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku, memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.
  1. Lakukan peregangan di jari-jari tangan, tingkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menekankan telapak tangan ke lantai, lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat satu per satu jari di tangan yang satunya. Tahan selama lima detik untuk setiap jari.
  1. Obat tangan kram hanya dengan minum banyak air putih. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan akan mudah terasa kram dan kesemutan.
  1. Bunyikan ruas-ruas jari Anda. Meskipun kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan, tetapi ada fakta yang menunjukkan bahwa mobilitas sendi Anda bisa meningkat setelah Anda membunyikan ruas-ruas jari Anda.
  1. Gunakan atau oleskan resep obat kram tangan atau rasa sakit jika rasa kram dan kesemutan di jari-jari Anda tidak juga reda.
  1. Bila rasa kram dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Baca juga: Tangan Sering Kesemutan, Waspada Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Obat Kram Alami

Obat kram alami dapat membantu meringankan gejala, di antaranya:

  • Menghentikan aktivitas apa pun yang menyebabkan tangan kram
  • Peregangan otot
  • Memijat atau menggosok otot
  • Menerapkan panas atau dingin
  • Mengambil vitamin dan suplemen tertentu mungkin membantu, meskipun ini akan tergantung pada penyebab dan riwayat medis seseorang
  • Meningkatkan asupan cairan

Seperti halnya kondisi medis, evaluasi dan perawatan oleh dokter dianjurkan untuk mengobati penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Seorang dokter juga dapat memberikan rekomendasi untuk perawatan berdasarkan riwayat kesehatan dan kesehatan individu seseorang.

Dalam kebanyakan kasus kram tangan, penyebabnya ringan dan tidak mengancam jiwa. Namun, ada beberapa kasus di mana kram tangan disebabkan oleh sesuatu yang lebih parah, seperti penyakit Lou Gehrig, iritasi saraf, atau penyakit dan kondisi lainnya.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Tangan Kesemutan Bisa Jadi Menandakan Hal Ini

Pencegahan Kram Tangan

Pencegahan kram tangan tergantung pada penyebab kondisi tersebut. Sebagai contoh, jika dehidrasi setelah latihan intens di bawah paparan panas yang berlebihan menyebabkan kram tangan, pertimbangkan untuk berolahraga dalam suhu yang lebih dingin dan tetap terhidrasi. Beri waktu untuk jari-jari tangan beristirahat selama beberapa menit sekali ketika bekerja.

Cara lain untuk mencegah kram tangan meliputi:

  • Peregangan cukup
  • Menghindari dehidrasi
    berlatih latihan penguatan otot
  • Melakukan latihan dampak rendah, seperti bersepeda, berenang, atau berjalan
  • Menggunakan alat-alat tangan yang benar untuk menghindari mengerahkan kekuatan yang berlebihan.

Dokter akan memiliki rekomendasi untuk mencegah kram tangan tergantung pada penyebab spesifik. Kondisi yang mendasari harus ditangani oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi.