Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut yang kering ternyata juga dapat diatasi dengan minyak sayur. Terutama minyak sayur yang berasal dari lemak sayuran, yang biasa digunakan untuk mencairkan minyak esensial. Seperti yang dilansir dari Livestrong, berikut yang bisa Anda lakukan dan upayakan untuk merawat rambut kering dengan minyak sayur.

Langkah Merawat Rambut Kering dengan Minyak Sayur

Photo Credit: pexels.com

1. Pilih Minyak yang Tepat

Kenali minyak sayur yang tepat terlebih dahulu. Anda bisa memilih minyak yang berasal dari tanaman-tanaman yang banyak terdapat di alam, seperti minyak zaitun, minyak alpukat untuk membantu menebalkan rambut. Selain itu, Anda bisa mencoba minyak almond, minyak brokoli atau minyak dari biji bunga matahari. Pilih lebih dahulu, jenis minyak sayur yang pas untuk kebutuhan Anda.

2. Mulai Membuat Minyak untuk Rambut

Setelah memilih minyak yang akan dipakai, Anda bisa mulai membuatnya sendiri. Didihkan minyak tersebut, lalu tambahkan minyak esensial. Setelah mendidih dan dingin, Anda bisa menyimpannya ke dalam botol kaca untuk digunakan setiap hari. Merawat rambut kering dengan minyak sayur, bisa mulai Anda lakukan setelahnya.

3. Pijit dan Ratakan Minyak ke Kulit Kepala

Jika akan menggunakan, panaskan kembali minyak yang sudah disimpan dalam botol kaca. Lalu, pijatkan ia ke kulit kepala, merata sampai ujung rambut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Bungkus Rambut dengan Handuk

Setelah meratakan minyak ke seluruh bagian rambut, Anda bisa menyisirnya, kemudian bungkus rambut dengan handuk untuk mengunci kelembapan rambut. Biarkan begitu selama kurang lebih 20-60 menit. Penting untuk menyisir dulu rambut Anda sebelum membungkusnya. Agar, rambut tidak patah atau kusut.

5. Bilas Rambut Hingga Bersih

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat rambut kering dengan minyak sayur adalah membilas rambut dengan shampoo hingga bersih. Keringkan dengan lembut, lalu ulangi pemakaian.

Minyak sayur yang kaya akan lemak, dapat membantu melembapkan rambut Anda yang kering. Selama dilakukan dengan rutin, rasanya tidak mustahil, rambut Anda yang kering bahkan pecah-pecah bisa teratasi. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi