6 Langkah Menciptakan Pola Hidup Sehat (Mudah Dilakukan)

pola-hidup-sehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua orang pasti menginginkan kondisi tubuh yang sehat, akan tetapi ketika ditanyakan mengenai apa yang sudah dilakukan untuk mewujudkannya, sebagian besar menjawab tidak melakukan hal-hal khusus karena merasa tubuhnya sudah ‘sehat’–tanpa mengerti apa yang dimaksud pola hidup sehat. Simak penjelasan mengenai langkah pola hidup sehat selengkapnya di bawah ini.

Memahami Pola Hidup Sehat

Perlu Anda pahami bahwa menjalankan pola hidup sehat memerlukan komitmen yang kuat dari dalam diri. Hidup sehat sendiri bisa dicapai apabila kondisi fisik dan mental seseorang seimbang atau berfungsi dengan baik.

Dalam banyak kasus, kesehatan fisik dan mental memiliki kaitan erat, sehingga perubahan (baik atau buruk) secara langsung dapat memengaruhi bagian lainnya. Simak tips hidup sehat baik secara fisik maupun mental seperti berikut:

1. Konsumsi Asupan Sehat

Pola hidup sehat pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai asupan yang Anda konsumsi. Pada dasarnya, semua manusia harus mengonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda.

Berikut adalah langkah pola hidup sehat yang bisa Anda jadikan patokan, di antaranya:

  • Konsumsi makanan sehat tiga kali sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam). Namun, khusus untuk makan malam, sebaiknya asupan tidak dalam jumlah besar.
  • Pola hidup sehat lainnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
  • Daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur bisa Anda masukan ke dalam menu diet sehat yang sedang dilakukan
  • Pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (natrium), dan gula tambahan. Penting untuk melihat label kemasan karena list yang terdaftar pertama pada label terdiri dari konsentrasi bahan tertinggi.
  • Hindari soda dan minuman yang ditambah gula karena kalori yang berlebihan dalam soda dan minuman manis bisa membuat sebagian orang lebih lapar dan meningkatkan konsumsi makanan.
  • Hindari makan dalam porsi besar sebelum tidur untuk mengurangi penyakit asam lambung (GERD) dan penambahan berat badan.
  • Jika seseorang marah atau tertekan, makan tidak akan menyelesaikan situasi dan dapat memperburuk masalah yang mendasarinya.
  • Gaya hidup vegetarian. Cara ini telah dipromosikan untuk pola hidup sehat dan penurunan berat badan. Saat menjalani gaya hidup vegetarian Anda juga harus ke dokter untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan zat besi dalam makanan.
  • Memasak makanan di atas suhu 75 derajat Celcius dapat menghancurkan sebagian besar bakteri berbahaya dan patogen. Jika Anda memilih untuk makan makanan mentah seperti buah-buahan atau sayuran, makanan tersebut harus dicuci secara menyeluruh dengan air mengalir sebelum dimakan.
  • Hindari makan daging mentah atau setengah matang dari jenis apa pun.

Pada akhirnya, cari saran medis sejak dini jika Anda tidak dapat mengontrol asupan makanan, atau jika Anda memiliki diabetes dan tidak dapat mengontrol kadar glukosa darah.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Langkah pola hidup sehat ini meski mudah dilakukan, akan tetapi banyak orang jarang melakukannya. Padahal aktivitas fisik adalah penyumbang utama dalam menciptakan pola hidup sehat.

Hidup yang tidak sehat dapat terwujud dalam bentuk obesitas, tubuh mudah lelah, daya tahan menurun, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan, ini adalah kondisi yang dapat mendorong perkembangan penyakit.

Berikut beberapa tips hidup sehat yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Olahraga teratur dapat mencegah penurunan terkait massa dan kekuatan otot, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan daya tahan, serta mengurangi risiko jatuh pada orang tua.
  • Olahraga teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur yang menahan beban juga dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kekuatan tulang.
  • Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesehatan mental secara umum.
  • Olahraga teratur dapat membantu mengendalikan berat badan dan membantu  menghilangkan lemak di tubuh.

Sementara itu, meski semua usia dapat memulai olahraga ringan tanpa pemeriksaan medis khusus, namun orang-orang berikut harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai olahraga yang lebih berat, antara lain:

  • Pria di atas usia 40 atau wanita di atas usia 50.
  • Seseorang dengan penyakit jantung atau paru-paru, asma, radang sendi, atau osteoporosis.
  • Seseorang yang mengalami nyeri dada ketika melakukan aktivitas fisik, atau orang yang mengalami sesak napas dengan mudah.
  • Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, atau memiliki anggota keluarga yang mengalami serangan jantung dan penyakit jantung koroner dini.
  • Seseorang yang gemuk dan tidak sehat.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Pola hidup sehat tidak hanya melibatkan aktivitas fisik saja, akan tetapi juga mencakup kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa langkah pola hidup sehat yang mendukung kesehatan mental, di antaranya:

  • Tidur cukup setiap hari. Bagi orang dewasa, tidur cukup adalah 7-9 jam setiap harinya.
  • Cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru atau melakukan hal-hal yang menarik perhatian Anda.
  • Bersenang-senanglah. Melakukan perjalanan dengan seseorang yang Anda cintai, pergi berbelanja, atau pergi memancing. Jangan biarkan waktu liburan berlalu begitu saja.
  • Biarkan diri Anda senang dengan prestasi yang Anda lakukan sendiri, baik besar maupun kecil.
  • Jaringan pertemanan. Seseorang yang memiliki sistem dukungan sosial yang kuat dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat.
  • Mintalah bantuan dan saran sejak dini jika Anda merasa depresi, memiliki pikiran untuk bunuh diri, atau mempertimbangkan untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Cobalah untuk tersenyum dan tertawa keras beberapa kali sehari. Hal itu bisa membantu mengatasi situasi yang membuat Anda stres. Selain itu, cobalah untuk membaca cerita-cerita lucu, menonton film komedi, atau ceritakan lelucon untuk mengungkapkan perasaan bahagia itu.

4. Hindari Kebiasaan Merokok

Aktivitas merokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar yang sebenarnya bisa dicegah. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa merokok menjadi penyumbang terbesar kematian akibat kanker paru-paru.

Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan kanker mulut, bibir, lidah, kerongkongan, ginjal, dan kandung kemih. Bahkan, penggunaan tembakau menyebabkan penyakit aterosklerosis yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kurangnya aliran darah ke ekstremitas bawah.

Kondisi ini juga semakin meningkatkan risiko serangan jantung di antara mereka yang memiliki kolesterol tinggi, hipertensi yang tidak terkontrol, obesitas, dan sedentary lifestyle.

5. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan sirosis hati. Sirosis hati dapat menyebabkan perdarahan internal, penumpukan cairan di perut, mudah terjadi memar dan perdarahan, terjadinya pengecilan otot, gangguan mental, infeksi, dan pada kasus lebih parah dapat menyebabkan koma dan gagal ginjal.

Lantas, bagaimana cara untuk menyembuhkan ketergantungan akan alkohol?

Konsultasi dengan psikolog atau profesional kesehatan lainnya adalah cara yang tepat. Mereka telah mengembangkan program untuk membantu individu lebih baik dalam mengatasi tekanan emosional dan menghindari perilaku yang dapat menyebabkan konsumsi alkohol berlebihan.

Dukungan dan pengertian dari anggota keluarga adalah sesuatu yang tak kalah penting untuk pemulihan yang berkelanjutan.

6. Hindari Perilaku Seksual Berisiko Tinggi

Perilaku seksual berisiko tinggi dapat menyebabkan penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, herpes, atau HIV. Perilaku seksual berisiko tinggi juga diketahui menyebarkan human papillomavirus yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kanker anus pada pria dan wanita.

Perilaku seksual berisiko tinggi jika Anda memiliki banyak pasangan seks atau pasangan seks dengan riwayat menggunakan obat intravena atau penyakit kelamin. Jika Anda berencana berhubungan seks dan tidak yakin dengan status kesehatan pasangan, sebaiknya Anda menggunakan kondom.

Nah, itulah beberapa pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit. Menjalankan langkah pola hidup sehat akan memberi kesempatan Anda untuk hidup lebih lama. Masihkah ragu untuk melakukan beberapa tips hidup sehat seperti di atas?

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Davis, Charles Patrick, MD, PhD. 2019. Health Tips for Healthy Living. https://www.medicinenet.com/healthy_living/article.htm. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  2. Zelman, Kathleen M. MPH, RD, LD. 4 Steps to a Healthy Lifestyle. https://www.webmd.com/diet/features/4-steps-healthy-lifestyle. (Diakses pada 3 Oktober 2019).