Terbit: 17 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cokelat sudah menjadi makanan yang digemari banyak orang. Kita sangat mudah dalam memperoleh cokelat karena kini cokelat telah diolah dalam berbagai bentuk. Produk makanan cokelat begitu beragam mulai dari permen, minuman, es krim, sebagai bahan pembuatan roti dan kue dalam bentuk bubuk dan yang umum kita jumpai serta menjadi favorit banyak orang adalah dalam bentuk cokelat batangan.

doktersehat-cokelat-gemuk-manis-obesitas-kerusakan-otak

Berbagai jenis prdouk cokelat yang kian berinovasi kini tidak hanya berupa inovasi dari bentuk saja namun juga dengan penambahan bahan makanan lain. Biasanya kita sering menemukan ini dalam cokelat batangan yaitu dengan pemberian tambahan bahan makanan lain untuk menambah rasa misalnya penambahan bahan makanan jenis kacang-kacangan, kismis, selai atau jeli. Hal ini semakin menambah banyak pilihan varian cokelat yang dapat kita nikmati.

Namun beberapa pakar kesehatan dalam buku Dark Chocolate Healing menyebutkan bahwa beberapa tambahan jenis bahan makanan pada cokelat kurang tepat untuk dipilih. Hal ini perlu diperhatikan apabila kita ingin mendapatkan manfaat dari cokelat. Beberapa jenis bahan makanan tambahan yang ada pada cokelat justru dapat mengurangi manfaat dari cokelat. Maka dari itu apabila kita ingin makan cokelat ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar tubuh kita mendapatkan manfaat dari cokelat itu sendiri, yaitu:

  • Sebaiknya tidak mencampur cokelat dengan susu
    Susu dapat menghambat penyerapan antioksidan yang terdapat pada cokelat. Hal ini biasa kita lakukan dalam pemilihan cokelat dengan bentuk sebagai minuman.
  • Tidak memilih cokelat yang terlalu banyak tambahan gula/ produk gula
    Penambahan gula pada cokelat tidak cocok untuk orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan atau pada penderita diabetes. Beberapa produk cokelat memberikan tambahan gula karamel yang sangat manis pada produknya sehingga kandungan gula pada cokelat menjadi sangat tinggi.

Cokelat memiliki banyak kandungan zat gizi serta antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Apabila kita ingin merasakan manfaat dari cokelat dua hal tersebut sebaiknya dihindari, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi