Terbit: 3 Februari 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Cara mengobati luka di bibir memiliki banyak pilihan, secara medis maupun alami. Ya, masalah kesehatan pada mulut yang bisa menyebabkan luka pada bibir dalam dunia medis disebut stomatitis atau angular cheilitis. Hal ini bisa memicu sensasi perih dan peradangan pada ujung bibir. Lalu, bagaimana cara mengobati bibir luka? Selengkapnya simak di bawah ini.

11 Cara Mengobati Luka di Bibir secara Alami, Mudah dan Cepat

Cara Mengobati Bibir Luka dengan Cepat

Ada berbagai pilihan obat alami untuk mengobati luka pada bibir yang bisa Anda praktikkan di rumah. Berikut cara menghilangkan luka di bibir dengan cepat:

1. Bersihkan Bibir

Cara mengobati luka di bibir yang pertama, selalu bersihkan luka hingga bersih. Anda bisa menggunakan sabun dan air yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Manfaat membersihkan bibir dapat menghilangkan bakteri, iritasi, atau kotoran lainnya. Sebaiknya, menggunakan sabun tanpa pewangi untuk mencegah iritasi. Mencuci dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko infeksi.

2. Kompres Dingin

Kondisi bibir yang pecah bisa terasa menyakitkan, untuk itu redakan dengan kompres dingin. Cara mengobati luka di bibir ini tidak hanya akan mengurangi rasa sakit, tetapi juga mengurangi pembengkakan dan mati rasa pada bibir luka. Manfaat kompres dingin juga dapat membantu merangsang aliran darah dan dapat mempercepat pemulihan.

Cara menggunakan kompres dingin cukup mudah, pertama bungkuslah es batu dengan handuk dan terapkan pada bibir yang pecah-pecah dengan tekanan ringan. Terapkan kompres es dengan tekanan lembut selama lima hingga 10 menit, lalu ulangi sampai bengkak dan nyeri berkurang.

Hindarilah menerapkan es batu atau kompres es langsung (tanpa dibungkus handuk) pada bibir luka karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Bilas Air Garam

Garam sering digunakan sebagai obat alami luka ringan, seperti bibir luka. Ini berkat kandungan sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam garam yang dapat membantu membersihkan area luka. Membilas luka pada bibir dengan air garam dapat mengurangi bakteri dan pada akhirnya mengurangi risiko infeksi.

Membuat larutan garam cukup mencampurkan satu sendok makan garam dengan air hangat. Rendam bola kapas dalam larutan, dan oleskan pada bibir dengan tekanan ringan. Ulangi cara mengobati bibir luka ini selama beberapa menit sampai pembengkakan dan perih berkurang.

Jika bilas air garam terlalu menyakitkan, cukup cuci dengan sabun dan air atau bahkan bilas dengan air biasa.

Baca juga: 12 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

4. Baking Soda

Guna membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada bibir luka, oleskan pasta baking soda pada bibir. Baking soda mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang mungkin dapat mempercepat penyembuhan.

Buatlah ramuan ini dengan mencampurkan 3 sendok baking soda dengan 1 sendok teh air, aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta pada bibir dan biarkan selama beberapa menit. Lalu gosok pasta menggunakan air dingin dengan lembut. Jika pembengkakan dan nyeri berlanjut setelah beberapa jam, ulangi cara mengobati luka di bibir ini.

5. Kunyit

Hampir sama dengan baking soda, kunyit dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya. Kunyit juga mengandung curcumin, senyawa yang membantu meningkatkan penyembuhan. Guna membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada bibir, oleskanlah pasta kunyit ke area luka.

Untuk membuat pasta kunyit, campur 3 sendok teh bubuk kunyit dengan air dingin. Oleskan pasta ke bibir Anda yang pecah-pecah, dan biarkan mengering sepenuhnya. Bilas larutan dengan air hangat.

Anda dapat mengulangi pengobatan ini setidaknya dua kali sehari selama tidak terlalu menyakitkan.

6. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya biasanya digunakan sebagai pengobatan alami untuk luka bakar. Sifat anti-inflamasi dan menenangkan dari gel lidah buaya bisa menjadi salah satu pengobatan alami yang bagus untuk mengatasi bibir luka dan pecah-pecah. Penggunaan lidah buaya adalah cara menghilangkan luka di bibir dengan cepat.

Jika tidak memiliki lidah buaya di pekarangan rumah, Anda bisa membeli lidah buaya organik dalam bentuk gel atau bisa menggunakan lidah buaya segar. Caranya pun mudah, potong daun lidah buaya dan kupas kulitnya untuk mengambil gel. Simpan dalam wadah, dan oleskan pada bibir dengan jari-jari (sudah mencuci tangan).

Selain anti-inflamasi, enzim dalam lidah buaya memiliki sifat pengelupasan ringan, jadi jika ingin membatasi penggunaan lidah buaya, gunakanlah dua atau tiga kali sehari.

7. Lemon Balm

Adalah tumbuhan yang masuk dalam keluarga mint. Sifat antivirus dalam lemon balm dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan lepuh atau melindungi infeksi di masa depan.

Cara mengobati bibir luka bisa menggunakan lip balm yang mengandung setidaknya 1% lemon balm. Anda juga bisa menggunakan kompres yang terbuat dari teh lemon balm, juga dapat memberikan manfaat serupa.

8. Petroleum Jelly

Petroleum jelly dapat membantu melembapkan dan mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah, yang dapat menghambat penyembuhan.

Sebelum mengoleskan petroleum jelly pada bibir yang luka, pastikan sudah membersihkan tangan hingga bersih. Cara mengobati bibir luka ini mudah kan?

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Luka di Sudut Bibir

9. Minyak Kelapa

Tidak seperti kulit tubuh lainnya, bibir lebih sensitif terhadap unsur-unsur, seperti angin, panas, dan dingin, sehingga bibir mudah mengalami luka.

Salah satu cara menghilangkan luka di bibir dengan cepat adalah minyak kelapa. Minyak kelapa adalah emolien yang tidak hanya melembapkan kulit, tetapi menurut penelitian terbaru, juga dapat melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi penghalang kulit alami.

Manfaat minyak kelapa lainnya bisa mengatasi bibir pecah-pecah, ini berkat sifat sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Oleskanlah minyak kelapa pada bibir pecah-pecah sesuai kebutuhan, dengan menggunakan kapas atau jari bersih. Anda dapat mendapatkan minyak kelapa murni dan organik secara online dan toko kesehatan.

10. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan sebagai penyembuhan luka. Madu telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat rumahan untuk perawatan kulit dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya. Salah satunya sebagai cara menyembuhkan luka di bibir.

Manfaat madu dapat membantu melembapkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi. Madu juga berfungsi sebagai exfoliator ringan dan membantu menghilangkan kulit mati dan kering dari bibir.

Pilihlah madu organik untuk dioleskan pada bibir sepanjang hari menggunakan jari bersih atau menggunakan kapas.

Meski biasanya aman, penderita alergi serbuk sari dan racun lebah harus menghindari madu  atau produk berbahan madu.

11. Alpukat Mentega

Cara menyembuhkan luka di bibir dengan bahan alami berikutnya adalah alpukat mentega. Menurut ulasan penelitian, alpukat mentega sangat bagus digunakan sebagai emolien (pelembut) dan pengental pada lip balm. Ini tidak berminyak dan diserap dengan baik oleh kulit.

Alpukat mentega juga mengandung beberapa asam lemak dan antioksidan yang dikenal bermanfaat bagi kulit, seperti asam oleat dan linoleat.

Anda bisa membeli alpukat mentega organik atau membuatnya sendiri di rumah menggunakan alpukat organik segar. Oleskanlah pada bibir yang pecah-pecah seperlunya dengan jari atau kapas.

Pengobatan Luka Pada Bibir Lainnya

Selain mencoba cara mengobati luka di bibir di atas, Anda yang mengalami bibir pecah-pecah mungkin ingin makan makanan lunak sampai bibir luka sembuh. Contoh makanan lunak untuk dimakan di antaranya:

  1. Smoothie
  2. Yogurt
  3. Sup
  4. Makanan yang tumbuk, seperti pisang atau kentang
  5. Orak-arik telur
  6. Pasta rebus

Cara menghilangkan luka di bibir dengan cepat yang terbaik adalah menghindari makanan yang pedas, asin, atau sangat asam, karena makanan ini dapat menyebabkan rasa sakit ketika bersentuhan dengan bibir luka.

Guna memastikan proses penyembuhan luka ini lebih cepat, ada baiknya kita juga menjaga asupan air putih agar bibir terjaga kelembapannya.

Itu dia tips mengatasi luka pada bibir dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah. Tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter tentang kondisi kesehatan, alergi, dan dosisnya ya, Teman Sehat!

 

  1. Anthony, Kiara. 2018. How to Heal a Busted Lip. https://www.healthline.com/health/busted-lip. (Diakses 3 Oktober 0219)
  2. Nall, Rachel. 2019. What to do for a busted lip. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326119.php. (Diakses 3 Oktober 0219)
  3. Schaefer, Anna. 2013. The 7 Best Cold Sore Remedies. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cold-sore-remedies. (Diakses 3 Oktober 0219)
  4. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. 5 Easy DIY Treatments for Chapped Lips. https://www.healthline.com/health/skin/home-remedies-for-chapped-lips (Diakses 3 Oktober 0219)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi