15 Cara Mengatasi Gigi Ngilu

gigi-ngilu-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan gigi yang cukup merepotkan adalah masalah gigi ngilu. Bagaimana tidak, gara-gara hal ini kita bisa merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan yang panas ataupun dingin. Jadi makanan dan minuman menjadi penyebab gigi ngilu – lebih jelasnya akan dipaparkan juga dalam artikel ini.

Tak hanya gigi ngilu, masalah gigi sensitif juga bisa membuat kita mengalami kepala pusing yang tentu akan menghambat aktivitas sehari-hari. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah gigi ngilu?

Mengatasi Gigi Ngilu

Berikut cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda praktikkan di rumah, di antaranya.

1. Menggunakan pasta gigi khusus

Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama dengan memilih pasta gigi khusus. Kita tentu pernah mendengar iklan yang menyebutkan jika pasta gigi tertentu bisa mengatasi masalah gigi ngilu, bukan? Pakar kesehatan berkata bahwa ada baiknya penderita masalah gigi sensitif menggunakan pasta gigi khusus. Biasanya, pasta gigi yang dibuat khusus bagi penderita masalah gigi ngilu ini menggunakan teknologi Novamin yang bisa membantu pembentukan lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan lapisan alami dentin. Hal ini tentu akan membuat masalah gigi sensitif mereda.

2. Menghindari konsumsi kafein

Cara mengatasi gigi ngilu berikutnya hindari kafein. Penderita masalah gigi ngilu sebaiknya menghindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Tak hanya itu, beberapa minuman lainnya seperti minuman beralkohol atau minuman yang mengandung asam juga sebaiknya dihindari karena bisa membuat lapisan gigi lebih terbuka sehingga gigi pun bisa menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu.

3. Berhenti menggeretakkan gigi

Salah satu penyebab gigi ngilu yang tidak disadari oleh banyak orang adalah kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur yang tentu akan mengikis enamel gigi dengan cepat. Ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini dokter agar tidak lagi mengalami masalah menggeretakkan gigi saat tidur.

 

4. Kompres es

Kompres dingin dengan es dapat membantu meringankan gigi ngilu, terutama jika sakit gigi karena cedera atau gusi bengkak.

Cobalah kompres mengggunalan kantong es untuk membius gigi ngilu secara alami pada bagian luar pipi di atas gigi selama beberapa menit.

Penerapan kompres es dapat mengkonstriksi atau menyempitkan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke area gigi ngilu. Cara mengatasi gigi ngilu yang satu ini  membantu mematikan rasa sakit, juga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

5. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meluruhkan kotoran yang menempel di gigi berlubang atau di antara gigi. Ini juga dapat mengurangi gigi ngilu, pembengkakan, dan meredakan sakit tenggorokan.

Caranya: Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat dan kumurkan selama sekitar 30 detik sebelum meludahkannya. Lakukan cara ini hingga gigi ngilu sembuh.

6. Obat penghilang rasa sakit

Obat-obatan yang dijual bebas, seperti acetaminophen dan ibuprofen, dapat memberikan pereda nyeri sementara untuk gigi ngilu. Perhatian! Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 16 tahun.

7. Bawang putih

Bawang putih telah banyak digunakan untuk pengobatan sejak dahulu. Karena bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, sebagai sifat antibakteri yang kuat.

Caranya: Satu siung bawang putih segar harus dihancurkan dan kemudian dicampur dengan sedikit garam, dan campuran itu diterapkan pada gigi ngilu.

8. Teh peppermint

Seperti cengkih, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat menenangkan gigi ngilu. Menthol, yang memberikan rasa mint dan bau mint, juga dikenal sebagai antibakteri.

Caranya: Satu sendok teh daun peppermint kering dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan biarkan selama 20 menit. Setelah dingin, berkumurlah lalu diludahkan atau bahkan bisa ditelan.

Kantong teh basah yang sedikit hangat juga dapat digunakan dan kompreskan pada area pipi dengan gigi ngilu selama beberapa menit sampai rasa sakit berkurang. Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga dapat balutkan pada gigi ngilu yang menjadi obat sementara.

9. Lidah buaya

Gel lidah buaya, yang dapat ditemukan dalam daun tanaman sukulen, sejak dulu digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka kecil. Namun, sekaran ini orang menggunakan gel lidah buaya sebagai cara mengatasi gigi ngilu, membersihkan, dan menenangkan gusi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Gel lidah buaya harus diterapkan ke area mulut yang sakit dan dipijat lembut.

10. Cengkih

Cengkih adalah rempah asli Kepulauan Maluku di Indonesia. Cengkih mengandung eugenol, senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Cengkih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi gigi dan gusi.

Caranya: Rendamlah bola kapas kecil ke dalam minyak cengkih lalu menerapkannya ke area gigi ngilu.

Cengkih utuh kering juga bisa digunakan. Kunyahlah satu cengkih utuh untuk melepaskan minyaknya dan tahan di gigi yang terasa ngilu hingga 30 menit.

11. Hidrogen peroksida

Membilas dengan larutan hidrogen peroksida adalah obat kumur antibakteri yang efektif, terutama jika sakit gigi atau gigi ngilu disebabkan oleh infeksi.

Caranya: Campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air. Berkumurlah dengan campuran tersebut selama sekitar 30 detik. Setelah meludahkannya, mulut harus dibilas beberapa kali dengan air biasa. Pembilasan hidrogen peroksida tidak boleh ditelan, dan obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Hidrogen peroksida berbahaya jika tertelan sehingga dianjurkan harus berhati-hati ketika berkumur.

12. Susu Sapi

Selain membantu pertumbuhan tulang, susu sapi juga dapat menstabilkan ion fosfat, kalsium, flouride yang dapat memperbaiki kerusakan email gigi. Email gigi yang terkikis dapat menyebabkan gigi ngilu. Jadi, susu sangat baiik membantu mengatasi terkikisnya email gigi. Sebaiknya minumlah susu sapi murni.

13. Kurangi makanan asam

Mengonsumsi makanan asam menjadi penyebab gigi ngilu. Jadi, sebaiknya Anda mengurangi makan makanan asam. Seiring mengurangi makanan asam, berkurang pula gigi ngilu. Jika Anda tetap ingin makan makanan asam, disarankan jangan terlalu lama saat mengunyah makanan asam.

14. Kurangi minum minuman bersoda

Hindari minuman bersoda karena minuman ini juga memiliki rasa asam yang dapat mengikis email gigi.

15. Periksakan ke dokter gigi

Cara mengatasi gigi ngilu selanjutnya adalah pergi ke dokter gigi jika kondisinya sukar diobati. Masalah gigi sensitif tidak boleh disepelekan sehingga kita sebaiknya harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan khusus atau obat-obatan tertentu sehingga kita pun tak akan lagi merasakan gigi ngilu yang sangat mengganggu.