Terbit: 4 Mei 2021 | Diperbarui: 5 Mei 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menghilangkan duri di tenggorokan sangat dibutuhkan karena jika dibiarkan akan terasa menyakitkan ketika menelan, batuk, atau bahkan ludah berdarah. Selengkapnya simak tips mengeluarkan tulang ikan dalam tenggorokan.

11 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan (Alami & Medis)

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan

Menelan tulang ikan secara tidak sengaja bukan kondisi darurat, karena Anda bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa tips yang mudah, atau secara medis.

Berikut ini cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan:

1. Makan Roti yang Direndam Air

Mengonsumsi roti yang telah dicelupkan ke dalam air adalah cara mudah untuk mengeluarkan tulang ikan dalam tenggorokan.

Caranya, rendamlah sepotong roti dalam air selama sekitar satu menit, kemudian gigit dengan ukuran besar dan telan seluruhnya. Cara ini dapat membebani tulang ikan dan mendorongnya ke bawah, sehingga masuk ke dalam pencernaan.

2. Makan Roti yang Diolesi Selai Kacang

Mengonsumsi roti yang dilapisi selai kacang juga menjadi salah satu cara menghilangkan duri di tenggorokan. Roti dan selai dapat membantu tulang ikan menempel dan mendorongnya ke dalam perut.

Ambillah sepotong besar roti dan olesi dengan selai kacang, makan dan biarkan untuk merangsang keluarnya air liur dalam mulut, kemudian menelannya dalam sekali teguk.

3. Menelan Bola Nasi

Seperti menelan roti,  makan sekepal nasi juga dapat membantu mendorong duri dari tenggorokan. Cobalah untuk menelan bola-bola nasi tanpa mengunyah terlebih dahulu. Bola nasi ini diharapkan akan mendorong duri ini terlepas dari tenggorokan dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Pastikan untuk tidak menelan bola nasi terlalu besar karena bisa memicu tersedak.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Bayi Tersedak (dan Mengatasinya)

4. Makan Pisang

Beberapa orang menemukan bahwa makan pisang juga bisa mendorong tulang ikan dan membuatnya masuk ke dalam pencernaan. Caranya, ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama satu menit. Cara ini dapat membantu menyerap air liur. Kemudian telan dalam satu tegukan besar.

5. Marshmallow

Mungkin ini terdengar aneh, tapi menelan marshmallow besar yang lengket mungkin dapat membantu mendorong tulang ikan dari tenggorokan.

Kunyahlah marshmallow secukupnya untuk melembutkannya, kemudian telan dengan sekali teguk. Ketika menelan, tulang ikan akan menempel pada manisan yang lengket ini dan mendorongnya ke dalam pencernaan.

6. Minyak Zaitun

Minyak ini bisa menjadi pelumas yang alami untuk mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan. Ini menjadi cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang mudah.

Cobalah menelan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun. Ketika menelan, pastikan minyak melapisi lapisan tenggorokan dan tulang itu sendiri, sehingga lebih mudah untuk menelannya atau mudah  batuk untuk membantu mengeluarkannya.

7. Batuk

Sebagian besar tulang ikan tersangkut tepat di belakang tenggorokan atau sekitar amandel. Selain dengan menelan makanan tertentu untuk mendorongnya ke dalam pencernaan, batuk yang kuat juga dapat membantu mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut.

8. Soda

Selama bertahun-tahun, beberapa praktisi kesehatan telah menggunakan cola dan minuman bersoda lainnya untuk mengatasi makanan yang tersangkut dalam tenggorokan.

Ketika masuk ke dalam perut, soda akan melepaskan gas yang membantu menghancurkan tulang dan membuat tekanan yang dapat melepaskan tulang ikan dari tenggorokan.

9. Cuka

Cuka memiliki rasa yang sangat asam. Berkat sifat asam, minum cuka dapat membantu memecah tulang ikan, yang membuatnya lebih lembut dan lebih mudah untuk menelannya. Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak menelan cuka.

Cobalah encerkan 2 sendok makan cuka dalam secangkir air, atau anda bisa minum 1 sendok makan langsung. Jika terasa asam, segera minum air untuk membilasnya.

10. Minum Air Garam

Cara selanjutnya bisa dengan meminum segelas air garam. Caranya, tambahkan sedikit garam ke dalam segelas air garam, kemudian meminum. Jika ukurannya cukup kecil, tulang ikan akan terlepas oleh air garam dan masuk ke dalam saluran pencernaan.

11. Perawatan Medis

Perawatan secara medis untuk menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan bisa melalui serangkaian langkah, termasuk:

  • Menentukan lokasi tulang ikan. Langkah pertama, dokter akan menentukan lokasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Dokter dapat melakukan rontgen yang melibatkan menelan cairan berbasis barium. Cara lain termasuk laringoskopi untuk melihat bagian belakang tenggorokan, CT scan dalam kasus ekstrem, dan endoskopi untuk menentukan seberapa serius yang disebabkan oleh tulang ikan pada saluran pencernaan.
  • Menggunakan forsep. Ketika lokasinya sudah ditentukan, menggunakan forsep (alat khusus) biasanya akan menjadi cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Endoskopi juga dapat digunakan untuk mengangkat tulang jika forsep gagal mengambil tulang. Dalam kasus yang sangat jarang, operasi mungkin diperlukan.
  • Obat-obatan. Setelah berhasil mengeluarkan tulang ikan, dokter dapat meresepkan beberapa obat. Ini tergantung pada tingkat keparahan tempat tulang ikan berada dalam tenggorokan.

Baca Juga: Tenggorokan Terasa Mengganjal? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Kapan Waktu yang Tepat Harus ke Dokter?

Jika berbagai cara tidak membantu mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan, segera temui dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Tulang ikan tersangkut dalam kerongkongan bisa membahayakan. Ini dapat menyebabkan robekan pada kerongkongan, abses, atau dalam kondisi yang jarang terjadi dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Konsultasikanlah dengan dokter jika rasa sakit menjadi parah atau tidak kunjung hilang setelah beberapa hari. Segera dapatkan pertolongan medis jika mengalami kondisi berikut:

  • Nyeri dada dan perut.
  • Memar.
  • Demam
  • Pembengkakan.
  • Keluar air liur yang berlebihan.
  • Kesulitan untuk makan atau minum.
  • Nyeri saat menelan atau radang tenggorokan hingga muntah darah.
  • Kesulitan bernapas yang disertai dengan batuk atau tersedak.

Tips Mencegah Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan

Orang-orang tertentu berisiko lebih tinggi terkena tulang ikan atau makanan lain yang tersangkut dalam tenggorokannya. Ini paling sering terjadi pada pengguna gigi palsu yang kesulitan merasakan tulang saat mengunyah. Selain itu, ini juga sering terjadi pada anak-anak, lansia, dan orang yang makan ikan saat mabuk.

Berikut ini cara mencegah duri ikan tersangkut di tenggorokan:

  • Belilah ikan fillet daripada ikan utuh untuk mengurangi risiko tulang ikan tersangkut di tenggorokan,. Meskipun tulang kecil terkadang masih tertinggal pada ikan fillet, biasanya jumlahnya lebih sedikit.
  • Khusus untuk anak-anak, orang tua dapat mengawasinya selama mereka makan ikan yang bertulang.
  • Gigitan kecil dan makan secara perlahan akan membantu menghindari tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 7 Ways to Help When a Fish Bone Gets Stuck in Your Throat. https://www.newhealthadvisor.org/fish-bone-stuck-in-throat.html (Diakses pada 4 Mei 2021)
  2. Fletcher, Jenna. 2019. What to know about a fish bone in the throat. medicalnewstoday.com/articles/326739 (Diakses pada 4 Mei 2021)
  3. Osborn, Corinne O. 2018. What to Do When a Fish Bone Gets Stuck in Your Throat. https://www.healthline.com/health/fish-bone-stuck-in-throat (Diakses pada 4 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi