Lakukan Hal Ini Demi Mencegah Mabuk Perjalanan

doktersehat-mual-muntah

DokterSehat.Com– Anda berencana untuk bepergian di akhir pekan? Bagi sebagian orang, bepergian dengan menggunakan kendaraan bisa menjadi hal yang sangat menyiksa karena akan membuatnya mengalami mabuk perjalanan. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang nyaman. Untuk mencegahnya, sebagian orang akan mengkonsumsi obat anti mabuk atau bahkan memakai plester pada pusarnya. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah mabuk perjalanan seperti berikut ini.

Tidak mengkonsumsi makanan ini
Beberapa jenis makanan yang perlu kita hindari sebelum atau saat menggunakan kendaraan adalah makanan pedas, berlemak, dan bersantan, makanan berbau menyengat, dan minuman beralkohol. Makanan dan minuman ini bisa meningkatkan munculnya mual-mual saat perjalanan.

Tidak makan dengan berlebihan
Makan dengan berlebihan akan membuat lambung penuh. Padahal, saat dalam perjalanan, tubuh akan banyak terguncang sehingga akhirnya mengalami mual-mual.

Memilih posisi duduk di kendaraan yang tepat
Pilihlah kursi yang tidak begitu menyebabkan guncangan saat berkendara. Sebagai contoh, pilihlah kursi di dekat sayap pesawat atau duduk di kursi mobil yang paling depan. Ada baiknya kita juga tidak duduk di kursi yang mengarah ke belakang karena bisa membuat kita lebih mudah pusing atau mual-mual.

Tidak melakukan hal-hal ini
Saat berkendara dengan mobil, ada baiknya kita tidak membaca buku, koran, ponsel, atau laptop yang bisa membuat kita mudah merasa pusing dan mual-mual. Aktifitas ini cenderung tidak begitu memberikan dampak tersebut saat kita menggunakan pesawat terbang atau kereta api.

Menghirup udara segar
Jika anda membawa mobil sendiri, cobalah untuk membuka jendela untuk mendapatkan udara segar jika sudah mulai merasa pusing. Selain itu, sering-seringlah berhenti atau beristirahat untuk mencari udara segar dan meregangkan tubuh.

Tidur
Tidur dalam perjalanan ternyata bisa menurunkan resiko terkena mabuk.

Dengan melakukan hal-hal ini, maka perjalanan pun akan menjadi lebih nyaman dan tubuh pun akan terasa lebih bugar sesampainya di tempat tujuan.