Terbit: 28 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda menjaga kualitas makanan? Ada cukup banyak cara yang kita lakukan agar bahan makanan berkualitas. Namun ada 4 poin kunci yang mampu menjaga kualitas makanan.

Lakukan 4C Agar Makanan Kita Aman

Pernahkah Anda membayangkan bahwa sebelum sampai ke tangan kita, bahan makanan telah melalui berbagai proses yang panjang, mulai dari panen, sortir, distribusi dan penjualan? Rangkaian panjang proses tersebut belum berakhir hingga kita mengolahnya sebagai masakan.

Untuk itu penting bagi kita menjaga kualitas bahan makanan yang sudah ada di hingga proses pemasakan selesai.
Meskipun ada banyak hal yang memengaruhi kualitas makanan, namun Safefood menyebutkan bahwa ada 4 langkah, atau 4C, yang disebut merupakan kunci kualitas keamanan makanan, yaitu:

  1. Clean

  2. Membersihkan bahan makanan akan menghilangkan kontaminan dan bakteri. Namun, Canadian Partnership for Consumer Food Safety Education menyebutkan bahwa bukan hanya bahan makanan yang menjadi fokus, namun kebersihan air, tangan kita dan alat saat mencuci juga harus kita perhatikan.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  3. Cross Contamination

  4. Kita tidak dianjurkan untuk mendekatkan bahan makanan mentah dengan matang, atau daging mentah dengan sayuran. Kontaminasi antar bahan makanan seperti ini kerap kita anggap tidak penting, namun justru hal inilah yang sering membuat bahan makanan rusak karena bakteri. Penggunaan satu talenan atau pisau untuk semua bahan makanan meningkatkan risiko kontaminasi bahan makanan.

  5. Cook

  6. Pastikan memasak dengan metode yang tepat dan matang sempurna untuk menghindari adanya bakteri. Masing-masing bahan makanan mempunyai tingkat kematangan yang berbeda. Jika masakan yang kita buat adalah campuran berbagai bahan makanan, misalnya daging dan sayur, maka pastikan semuanya matang sempurna, pastikan daging matang hingga bagian dalam/tengah daging.

  7. Chill

  8. Bekukan bahan makanan jika tidak segera Anda olah. Bakteri akan berkembang biak dengan cepat jika makanan, utamanya daging mentah, tidak disimpan dengan segera. Pastikan simpan bahan makanan dengan suhu dibawah 4 derajat celsius.

Nah, bagaimana dengan kebiasaan Anda, sudahkah melakukan 4C diatas?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi