Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidur adalah sebuah aktivitas yang terbilang sangat penting bagi setiap orang. Pasalnya, dengan tidur sama saja dengan mengistirahatkan seluruh organ di dalam tubuh. Selain itu, tidur juga menjadi salah satu cara tubuh mengeluarkan seluruh racun serta senyawa berbahaya secara alami.

Lakukan 4 Aktivitas ini untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Maka dari itu, pakar kesehatan menganjurkan agar seseorang menerapkan pola tidur yang baik dan berkualitas untuk menunjang kesehatan. Namun, walau tidur memiliki banyak manfaat, faktanya tidak  sedikit orang yang mengabaikan waktu tidur mereka karena berbagai alasan. Lebih parahnya lagi, banyak pula orang yang tidak bisa mendapatkan kualitas serta jam tidur yang baik.

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki masalah dalam urusan tidur, ada baiknya Anda mencoba 4 tips ini agar mendapatkan kualitas serta jam tidur yang baik. Berikut 4 tipsnya:

1. Jogging Sore Hari

Jogging di sore hari adalah salah satu aktivitas yang terbilang cukup baik dan memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bisa memberikan kualitas tidur yang baik di malam hari. Dilansir dari Jurnal Kesehatan Amerika, jogging pada sore hari ternyata cukup ampuh dalam menekan angka insomnia sampai 30 persen. Sebab, jogging pada sore hari akan membuat otak memberikan rangsangan lelah kepada tubuh sehingga tidur pun menjadi terlelap di malam hari.

2. Yoga

Cara ini memang terkesan konvensional. Namun, sampai saat ini yoga sebelum tidur masih sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Aktivitas ini diklaim mampu memberikan stimulus serta rasa tenang yang baik sehingga menjadikan Anda mudah tertidur  dengan pulas. Seperti diketahui, insomnia adalah penyakit yang dikarenakan seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan.

3. Membaca Buku

Bukan menjadi rahasia umum lagi, di era digital ini hampir setiap orang selalu bermain ponsel sebelum tidur, baik itu melihat video atau sekedar mengirim pesan instan. Padahal, ada banyak dampak buruk yang dihasilkan dari kebiasaan ini, salah satunya adalah kanker akibat radiasi. Untuk mengatasinya, gantilah kebiasaan tersebut dengan membaca buku. Sebab aroma kertas serta teks yang dihasilkan dari buku terbukti bisa memberikan rangsangan nyaman kepada otak sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan pulas.

4. Menyisir Rambut

Memang terkesan aneh dan tidak penting. Tapi jangan salah, menyisir rambut sebelum tidur ternyata memiliki manfaat yang tak terduga. Salah satu manfaatnya adalah bisa membersihkan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, dan lemak kulit. Sehingga saat Anda sedang tertidur, bagian kepala akan meregenerasi sel baru dengan lebih baik.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi