Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Infeksi merupakan suatu kondisi dimana bakteri atau bibit penyakit masuk ke dalam tubuh. Infeksi bisa menular melalui perantara, baik benda ataupun orang lain. Ketika tubuh terinfeksi, maka akan menimbulkan masalah pada kesehatan. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara untuk mencegah infeksi tersebut datang dan menyerang tubuh.

Lakukan 3 Kebiasaan Sederhana ini agar Tubuh Bebas dari Infeksi

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi, salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu. Akan tetapi, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah infeksi, sepeti:

1. Rutin Mencuci Tangan

Ketika tangan terkena kuman dan bakteri, lantas tanpa disadari memegang makanan dan memasukkan makanan tersebut ke dalam mulut, kemungkinan besar kuman dan bakteri yang menempel pada tangan ikut masuk ke dalam tubuh. Kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan infeksi dan menimbulkan sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Untuk mencegah kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh, sebaiknya Anda mencuci tangan secara rutin. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun selama 20 detik agar tangan bebas dari kuman dan bakteri.

2. Jangan Berbagi Barang Pribadi

Setiap orang pasti mempunyai barang yang hanya digunakan secara pribadi. Barang-barang tersebut seperti sikat gigi, alat makan, alat mandi, handuk, dan masih banyak lainnya. Barang pribadi baiknya tidak dipinjamkan atau tidak disarankan untuk berbagi dengan orang lain. Sebab, hal tersebut berpotensi untuk menjadi sumber penularan infeksi. Meskipun orang yang berbagi barang pribadi dengan Anda dalam kondisi sehat, namun bisa saja Anda yang akan menularkan infeksi pada orang tersebut.

3. Jangan Jajan Sembarangan

Jajanan di luar rumah, terutama di pinggir jalan memang sangat menggoda. Banyak orang yang menyukai jajanan di pinggir jalan karena harganya yang cukup murah dan rasanya yang tak kalah lezat. Akan tetapi, jajanan di pinggir jalan belum tentu terjamin kebersihannya. Apalagi, makanan yang dibiarkan terbuka memiliki risiko terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, sehingga bisa menimbulkan infeksi. Untuk itu, kurangilah mengonsumsi jajanan di pinggir jalan. Sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dan lebih pintar memilih jajan yang aman untuk dikonsumsi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi