Lahir Dengan Kondisi Mengenaskan, Bayi Asal Malaysia Ini Mampu Bertahan Hidup dan Tumbuh Besar

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu berharap buah hatinya terlahir dengan kondisi yang sehat dan sempurna. Namun, apa yang terjadi pada pasangan Asaari dan Asfaizura yang berasal dari Segamat, Johor, Malaysia ini sangatlah memilukan. Buah hati yang ditunggu-tunggu kelahirannya mengalami kelainan kulit genetik yang sangat parah bernama Ichtyosis berjenis Harlequin.

Photo Source: Grid

Queen Mary’s Institute of Cell and Moleculare Science pada tahun 2005 silam menyebut penyakit kulit ini bisa muncul pada bayi yang baru lahir karena terjadinya pengerasan pada permukaan kulit yang sangat parah. Penyebab dari kondisi ini adalah berlebihannya kadar keratin pada permukaan kulit yang membuat pertumbuhan sel abnormal pada kulit, khususnya bagian mata, mulut, dan telinga. Ichtyosis berjenis Harlequin sendiri dipicu oleh kontaminasi virus dan bakteri saat janin berada di dalam kandungan.

Tak hanya membuat penderitanya memiliki kulit yang yang sangat keras namun mudah terkelupas, pertumbuhan bayi juga akan terganggu. Bahkan, banyak bayi yang akhirnya meninggal dunia karena tak kuat lagi melawan penyakit ini.

Sebenarnya, anak pertama Asaari dan Asfaizura juga mengalami kondisi yang sama namun akhirnya meninggal dunia. Hal yang berbeda terjadi pada anak terakhirnya yang diberi nama Nurfarisha Dania ini. Dania sangat kuat dan mampu bertahan hidup hingga usianya kini 6 tahun. Dania pun termasuk dalam hanya 22 bayi yang mampu bertahan hidup dan tumbuh besar meskipun mengidap masalah kesehatan ini.

Yang cukup memilukan adalah, penampilan Dania yang cukup berbeda akibat kondisi kesehatan ini membuat ada anak kecil lain yang ketakutan hingga menangis saat melihatnya. Dania bahkan sampai meminta maaf pada ibunya karena hal ini.