Mendengarkan Lagu Macarena Bisa Menyelamatkan Nyawa

cpr_pertolongan_pertama_doktersehat
Photo Source: Flickr/Celia Looney

DokterSehat.Com– Pernahkah Sobat Sehat mendengar lagu berjudul Macarena? Lagu yang populer di tahun 90-an ini termasuk dalam salah satu lagi paling ikonik sepanjang masa meskipun tidak memiliki lirik berbahasa Inggris. Lagu ini bahkan kerap dijadikan lagu pengiring untuk melakukan senam.

Dilansir dari Metro.co.uk, lagu yang dirilis oleh grup Los del Rio pada 1993 silam ini ternyata dianggap mampu menyelamatkan nyawa. Fakta mengejutkan ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 164 siswa yang melakukan metode pertolongan pertama CPR atau menekan dada selama 2 menit.

Sebagian dari mahasiswa ini kemudian diminta untuk menyanyikan lagu ini dalam hati. Mahasiswa lainnya diminta untuk menggunakan aplikasi ponsel pintar yang bisa membuat suara dengan 103 hentakan per menit. Sementara itu, sebagian mahasiswa lainnya hanya melakukan metode CPR tanpa mendengarkan suara apapun.

Hasilnya adalah, kelompok mahasiswa yang mendendangkan lagu Macarena melakukan performa CPR 74 persen dengan lebih baik, yakni dengan melakukan kompresi dengan rasio 100-120 detak per menit. Sementara itu, mereka yang memakai aplikasi ponsel pintar mampu melakukan performa CPR 91 dengan tingkat akurasi 91 persen meskipun di fase awal mereka cenderung melakukannya dengan lebih lambat. Untuk grup yang tidak mendengarkan suara apapun, performa mereka hanya mencapai 24 persen saja.

Para peneliti pun kemudian menyimpulkan bahwa mendendangkan lagu Macarena dan menggunakan aplikasi ponsel mampu meningkatkan kemampuan performa CPR. Hal ini diharapkan bisa menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan pertolongan pertama dengan segera.

Tak hanya bisa membuat kita bergoyang, lagu ini ternyata juga bisa memberikan manfaat luar biasa bagi banyak orang.