Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika usai melakukan hubungan intim, kebanyakan orang akan tertidur pulas karena seluruh energi telah digunakan untuk beraksi di atas ranjang. Kebiasaan itu memang wajar, khususnya pada kaum adam. Namun, berbeda dengan pria, justru wanita tidak boleh langsung tidur ketika selesai bercinta karena akan berdampak buruk bagi kesehatan vagina.

Demi Kesehatan Vagina, Jangan Lupa Lakukan 4 Hal Ini Usai Bercinta

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum beranjak tidur. Sebab, telah banyak kasus terjadi yang membuat vagina menjadi tak sehat akibat langsung tidur setelah bercinta, misalnya rasa sakit, gatal, mengeluarkan aroma tak sedap, hingga infeksi saluran kemih.

Dilansir dari laman Health, seorang ahli seks dari University of Southern California’s Keck School of Medicine, memberikan saran kepada seluruh wanita agar melakukan 4 hal ini setelah bercinta dengan pasangannya:

1. Cuci Sampai Bersih

Ketika sedang melakukan hubungan intim, pasti ada kontak langsung antara penis dan vagina. Perlu diketahui, setiap organ kelamin seseorang pasti memiliki bakteri. Nah, ketika keduanya bertemu, tentu saja bakteri tersebut menjadi satu dan jika tidak lekas dibersihkan bisa berdampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan kelamin. Untuk itu, jangan pernah lupa membersihkannya dengan air sebelum Anda beranjak tidur.

2. Usahakan BAK

Ada kalanya bakteri-bakteri tersebut masuk ke dalam liang vagina hingga dalam sehingga sulit dibersihkan dan tidak bisa dijangkau oleh tangan. Untuk mengatasinya, usahakan melakukan buang air kecil. Sebab, BAK akan membantu mengeluarkan bakteri dari utera. Walaupun tidak sedang ingin BAK, tunggulah momen tersebut dan jangan sampai tertidur.

3. Keringkan Terlebih Dahulu

Setelah melakukan BAK dan dicuci bersih, maka selanjutnya Anda harus mengeringkan vagina terlebih dahulu. Jangan biarkan suhunya lembab karena dapat memicu pertumbuhan bakteri lain. Selain itu, kondisi yang lembab juga bisa mendatangkan jamur yang akhirnya berujung dengan infeksi. Maka dari itu, keringkan terlebih dahulu organ intim Anda sebelum tidur.

4. Jaga Kesejukan

Yang terakhir adalah harus menjaga kesejukan dari area kewanitaan. Disarankan untuk tidur tanpa mengenakan celana dalam agar sirkulasi udara menjadi lancar dan dapat diterima organ intim dengan baik. Sebab, semakin baik sirkulasi udara yang didapatkan, maka semakin baik pula kondisi organ intim ketika Anda tidur.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi