Ladies, Inilah 3 Minuman yang Dapat Memicu Bau Mulut

doktersehat-mulut-bau

DokterSehat.Com– Bau mulut merupakan salah satu masalah yang kerap mengganggu, terlebih lagi bagi mereka yang diharuskan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang banyak. Terkadang, orang dengan bau mulut tidak menyadari dirinya dengan kondisi tersebut. Padahal, dia telah membuat orang lain risih dan sedikit tidak nyaman berada di dekatnya

Hal ini berlaku bagi siapa saja, terutama perempuan. Pasalnya, perempuan selalu ingin tampil sepurna tanpa kekurangan sedikitpun, termasuk bau muli. Perlu diketahui, bau mulut bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Misalnya malas menggosok gigi secara rutin setiap hari. Selain itu, penyabab lain dari mulut diakibatkan oleh sering mengonsumsi makanan yang bisa memicu bau mulut, seperti daging, bawang-bawangan, dan masih banyak lainnya.

Namun, ternyata tidak hanya makanan saja yang bisa menyebabkan bau mulut, tapi minuman juga bisa menyebabkan bau mulut. Tanpa Anda sadari, ternyata minuman tersebut sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari Anda. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda yang biasa Anda minum ternyata dapat menyebabkan bau mulut. Seperti yang Anda tahu, bahwa terlalu banyak minum minuman bersoda bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Kandungan gula dan asam di dalam minuman ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga menimbulkan bau asam yang tidak sedap.

2. Kopi

Jenis minuman yang bisa menimbulkan bau mulut selanjutnya adalah kopi. Mungkin, bagi Anda penggemar kopi, dalam sehari Ana bisa menyeruputnya 2 hingga 3 kali. Kopi memang dianggap sebagai minuman yang bisa membangkitkan semangat dan menghilangkan rasa kantuk. Sehingg, sangat cocok diminum di waktu pagi saat sarapan ataupun di malam hari saat pekerjaan masih menumpuk. Akan tetapi, kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menyebabkan mulut kering sehingga memicu bau mulut. Selain itu, kandungan sulfurnya juga bisa menimbulkan bau di dalam rongga mulut.

3. Alkohol

Meskipun tidak semua orangĀ  bisa mengonsumsi minuman ini, nyatanya tidak sedikit permpuan yang gemar mengonsumsinya, apalagi ketika sedang merayakan sebuah peristiwa penting bersama teman. Akan tetapi, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menyebutkan bahwa bau mulut juga bisa disebabkan oleh minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan konsentrasi bakteri penyebab bau mulut diperoleh dari bakteri dari minuman beralkohol itu sendiri.