Labu Siam Bisa Atasi Penyakit Asam Urat?

manfaat-labu-siam-doktersehat

DokterSehat.Com– Masalah asam urat bisa membuat pengidapnya merasa menderita. Bagaimana tidak, persendian akan terasa sangat nyeri. Bahkan, ada sebagian orang yang sampai kesulitan untuk menggerakkan persendian sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Lantas, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Mengatasi masalah asam urat dengan labu siam

Pakar kesehatan menyebut labu siam yang sering dijadikan lauk sayuran di masakan sehari-hari ternyata bisa membantu mencegah kekambuhan gejala penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, asam folat, seng, dan zat besi yang tinggi di dalamnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Davao Medical School Foundation, dihasilkan fakta bahwa kelinci percobaan yang diberi makanan labu siam secara rutin akan mengalami penurunan zat asam urat di dalam tubuh hingga 25 persen. Hal ini tentu akan berimbas besar pada menurunnya kemungkinan kekambuhan dari masalah kesehatan ini.

Selain itu, di dalam labu siam juga tinggi kandungan serat yang bisa mendukung sistem metabolisme. Hal ini tentu akan membuat asam urat akan bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Kandungan purin di dalam labu siam juga cenderung rendah. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan menyebabkan dampak buruk bagi zat asam urat di dalam tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita rutin makan labu siam

Selain rasanya yang enak, pakar kesehatan menyebut ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi labu siam.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa menurunkan tekanan darah

Pakar kesehatan menyebut hobi makan labu siam bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini akan membuat jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sehat. Selain itu, hal ini juga akan memperlancar sirkulasi darah sehingga tekanan darah pun akan ikut menurun.

  1. Bisa menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan di dalam labu siam juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini tentu akan mencegah penumpukan plak yang bisa meningkatkan datangnya berbagai macam penyakit kardiovaskular yang mematikan.

  1. Mampu menangkal paparan buruk radikal bebas

Keberadaan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam labu siam seperti senyawa flavonoid, apigenin serta luteolin bisa membantu melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya kanker.

  1. Bisa mencegah anemia

Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Biasanya hal ini disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat.

Jika kita mengonsumsi labu siam secara rutin, maka kita bisa mendapatkan kandungan zat besi dan vitamin B yang bisa mendukung produksi sel darah merah yang akan mengatasi anemia. Kita pun tidak akan mudah mengalami gejala lemah dan lesu.

  1. Bisa mencegah datangnya sembelit

Labu siam termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan serat. Kandungan ini bisa mendukung kesehatan pencernaan sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami sembelit.

  1. Bisa mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalam labu siam mampu melawan radikal bebas dan proses oksidasi yang bisa merusak kesehatan kulit. Kulit pun akan tetap terasa sehat, segar, dan tidak mudah mengalami masalah penuaan dini.