Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Labu merupakan salah satu buah yang dikenal akan kandungan seratnya. Tidak hanya itu, rasanya yang manis juga menjadi alasan mengapa Labu kerap dipilih sebagai pengganti nasi dalam menu diet sehat. Di samping hal itu, ternyata labu juga mengandung beragam bahan aktif yang dapat menjadikan kulit semakin sehat. Berikut sejumlah manfaat labu dilansir dari situs The International Dermal Institute.

Tak Hanya Manis, Labu Juga Ampuh Merawat Kulit

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu kandungan zat aktif pada labu adalah AHA alias Alpha Hydroxy Acid. Zat satu ini merupakan salah satu eksfoliator yang akan membersihkan kulit secara optimal. Terutama dari sel kulit mati dan kotoran yang menempel atau pun menyumbat pori-pori. Tidak heran jika labu dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah dari biasanya.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menyerang siapa saja. Penyebab jerawat pun beraneka ragam. Mulai dari faktor hormon hingga produksi sebum yang berlebih. Kendati demikian, rupanya Anda dapat memanfaatkan labu untuk mengatasi jerawat. Apalagi labu juga mengandung zinc yang dapat mengontrol produksi sebum dan menyeimbangkan hormon. Lebih lanjut, kandungan zinc pada labu juga mempercepat proses penyembuhan kulit dari jerawat yang meradang.

3. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Labu juga mengandung fatty acid dan vitamin E. Kedua zat aktif tersebut berfungsi dalam menjaga kelembapan sel kulit sekaligus melindungi kulit dari serangan bakteri atau pun jamur. Lebih lanjut, vitamin E juga membentuk lapisan pelindung agar kulit tidak mudah terserang sejumlah masalah. Apalagi kombinasi dua zat tersebut juga dapat mengontrol kelebihan sebum.

Kandungan bahan aktif pada labu ternyata sangat bervariasi. Bahkan sejumlah kandungan tersebut juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Selain mengonsumsinya atau menggunakannya secara langsung, Anda juga dapat menggunakan hasil ekstraksi dari biji labu. Biasanya minyak ekstraksi tersebut juga ditambahkan pada beberapa produk perawatan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi