Terbit: 16 April 2021 | Diperbarui: 20 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kutu kasur adalah serangga kecil yang biasa bersarang pada celah kasur. Kutu ini dapat mengisap darah manusia dan hewan,yang berisiko mengalami masalah kesehatan. Ketahui bahaya dan cara menghilangkannya!

Ketahui Bahaya Gigitan Kutu Kasur dan Cara Menghilangkannya

Apa Itu Kasur?

Bedbugs atau kutu kasur adalah serangga kecil tanpa sayap yang mengisap darah hewan berdarah panas. Biasanya, manusia menjadi inang paling disukai kutu ini. Ada dua spesies bedbugs, yaitu Cimex lectularius dan Cimex hemipterus.

Alasan mengapa disebut kutu busuk adalah karena habitat yang disukainya adalah rumah manusia, termasuk kasur, sofa, pakaian, furnitur, dan perabotan lembut lainnya.Kutu ini juga lebih suka tempat gelap. Meskipun mungkin tidak menyebarkan penyakit, tetapi kutu ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahaya Gigitan Kutu Kasur

Bedbugs biasanya mengisap darah manusia dengan cara yang tidak menyakitkan ketika sedang tidur. Saat mengisap, kutu menyuntikkan sedikit air liur ke dalam kulit manusia.

Jika mengisap darah dari satu orang selama beberapa minggu, orang tersebut mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap air liur dan bahan kimia di dalamnya. Orang ini mungkin dapat memiliki alergi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Tanda dan gejala gigitan kutu kasur, termasuk:

  • Bekas gigitan. Ini sering kali terjadi pada area yang terbuka saat tidur, seperti wajah, leher, dan lengan.
  • Bercak darah di tempat tidur: Darah yang tampak pada kasur mungkin dari bekas gigitan atau kutu yang tertekan, sehingga mengeluarkan darah.
  • Bintik-bintik cokelat kecil: Ini biasanya dari kotoran kutu yang tampak seperti bintik-bintik pada tempat tidur atau furniture, terutama pada lipatan atau sudut.
  • Gatal dan pembengkakan: Beberapa orang mungkin memiliki reaksi terhadap gigitan, seperti terasa sangat gatal atau mungkin terjadi pembengkakan yang menyakitkan.
  • Reaksi anafilaksis. Meskipun sangat jarang, efek gigitan bedbugs dapat menimbulkan reaksi anafilaksis – reaksi alergi yang parah dan berisiko mengancam nyawa.

Selain itu, beberapa orang mungkin menjadi sakit dan mual, atau infeksi kulit akibat dari menggaruk gigitan kutu yang terasa gatal.

Baca Juga: Kutu Air di Tangan: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dll

Cara Menghilangkan Kutu Kasur

Bedbugs dapat berkembag biak dengan cepat dan bisa bertahan selama berbulan-bulan pada  tempat yang disukainnya. Kutu ini juga dapat bersembunyi sehingga akan sulit untuk Anda hilangkan. Untuk itu, butuh cara jitu untuk membasmi parasit kecil ini.

Berikut ini cara membasmi kutu kasur:

1. Periksa Semua Furnitur yang Mungkin Berkutu

Jika melihat bedbugs dalam rumah atau memiliki tanda gigitan kutu, segera temukan sebelum mulai berkembang biak. Kutu ini biasanya bersembunyi pada keliman kasur atau sofa dan lipatan gorden karena memiliki ukuran yang kecil dan pipih.

Selain itu, cari juga pada tempat-tempat seperti berikut:

  • Celah bingkai tempat tidur dan kepala tempat tidur.
  • Bantal sofa.
  • Sambungan furnitur.
  • Di balik wallpaper yang terkelupas.

Berikut ini ciri-ciri bedbugs dan tanda-tanda keberadaan kutu:

  • Kutu berwarna kemerahan dan berukuran kecil.
  • Bintik kecil berwarna pada benda adalah kotoran kutu.
  • Noda kemerahan pada kasur dari kutu yang tertekan.
  • Telur atau cangkang kutu berwarna kuning pucat.

2. Bersihkan Semua Benda yang Mungkin Berkutu

Setelah mengetahui bahwa ada bedbugs dalam rumah Anda, segera membersihkannya. Cara cepat dan mudah untuk menghilangkan kutu ini menggunakan alat penyedot debu pada semua tempat atau benda yang mungkin menjadi sarang kutu. Ini termasuk tempat tidur, meja rias, karpet, dan benda lainnya.

Setelah menyedot kutu, masukkan isi penyedot debu ke dalam kantong plastik dan buang. Kemudian bersihkan alat ini secara menyeluruh sampai bersih dari debu dan kutu.

3. Persiapan Menyingkirkan Bedbugs

Sebelum mulai membersihkan rumah, lakukan sedikit persiapan untuk memaksimalkan peluang untuk menghilangkan kutu ini. Pastikan semua linen, karpet, gorden, pakaian, dan tempat lainnya telah dibersihkan atau membuangnya.

Selanjutnya singkirkan sarang kutu, seperti buku, majalah, pakaian, dan apa pun yang ada di bawah tempat tidur. Jangan memindahkan barang ke ruangan yang bersih, karena dapat menyebarkan kutu.

Langkah selanjutnya tutup semua area terbuka, rekatkan wallpaper yang mulai terkelupas atau longgar, dan geser tempat tidur atau furnitur setidaknya 6 inci dari dinding agar kutu tidak bisa naik ke atas.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami

4. Mematikan Bedbugs

Membasmi bedbugs memiliki dua cara, meliputi: 

Cara Membasmi Kutu yang Alami

Cara menghilangkan kutu kasur bisa dengan tanpa bahan kimia. Kutu ini cukup mudah Abda basmi dengan suhu panas tinggi (46°C) atau sangat dingin (kurang dari 0°C)

Berikut beberapa cara mematikan kutu yang alami:

  • Cuci seprai dan pakaian dengan air panas selama 30 menit. Kemudian masukkan ke dalam pengering dengan pengaturan panas tertinggi selama 30 menit.
  • Menggunakan steamer portable pada kasur, sofa, dan tempat lain yang mungkin berkutu.
  • Masukkan barang-barang yang terinfeksi kutu ke dalam kantong hitam dan biarkan di bawah sinar matahari.
  • Masukkan kantong berisi kutu busuk ke dalam freezer dengan suhu -17 °C). Biarkan setidaknya selama empat hari.

Membasmi Bedbugs Dengan Bahan Kimia

Insektisida adalah bahan kimia bersifat racun yang dapat membantu membasmi kutu. Berikut beberapa jenis insektisida yang bisa Anda gunakan:

  • Piretrin dan piretroid. Bahan kimia yang paling umum untuk membunuh bedbugs. Namun beberapa kutu menjadi kebal terhadapnya.
  • Neonicotinoid. Ini adalah jenis nikotin yang mampu merusak sistem saraf serangga. Jenis bahan kimia ini bekerja pada kutu yang telah kebal terhadap pestisida lain.
  • Desiccant. Zat ini dapat merusak lapisan luar pelindung serangga. Tanpa lapisan ini, serangga akan mengering dan mati. Dua contoh desiccant adalah silika aerogel dan tanah diatom. 

Baca Juga: 12 Obat Kutu Air secara Medis & Alami (Ampuh)

5. Pantau Tempat yang Terkena Bedbugs

Bedbugs membutuhkan waktu beberapa saat untuk membasminya. Sebelum yakin cara membasmi kutu kasur yang Anda lakukan telah berhasil, pastikan kutu ini benar-benar telah hilang. caranya dengan memeriksa area yang terinfeksi setiap tujuh hari sekali untuk melihat tanda-tanda keberadaan kutu.

6. Mencegah Bedbugs

Setelah berhasil menghilangkan kutu, lakukan tindakan untuk mencegah kutu ini kembali. Berikut ini cara mencegah bedbugs:

  • Bersihkan rumah daru kertas, majalah, pakaian, atau barang usang lainnya yang menumpuk atau berceceran.
  • Tutupi kasur dengan sarung yang bersih dan pastikan tutup rapat.
  • Bersihkan dan cuci seprai, furnitur, gorden, dan karpet sesering mungkin.
  • Tutupi retakan di sekitar soket lampu, alas tiang, dan stopkontak agar kutu tidak bisa masuk.
  • Periksa kutu di kamar hotel saat bepergian untuk menghindari membawanya ke rumah.

 

  1. Anonim. 2019. Bedbugs. https://www.nhs.uk/conditions/bedbugs/ (Diakses pada 16 April 2021)
  2. Mayo Clinic Staff. 2019. Bedbugs. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bedbugs/symptoms-causes/syc-20370001 (Diakses pada 16 April 2021)
  3. Newman, Tim. 2018. Everything you need to know about bedbugs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/158065#_noHeaderPrefixedContent (Diakses pada 16 April 2021)
  4. Watson, Stephanie. 2019. How to Get Rid of Bedbugs. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/how-to-get-rid-of-bed-bugs (Diakses pada 16 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi