Terbit: 31 Maret 2021 | Diperbarui: 5 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Obat herbal setelah melahirkan dipercaya dapat memulihkan dan bahkan membantu melangsingkan. Selain obat herbal, ada banyak kiat lainnya yang tak kalah efektif. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

10 Obat Herbal setelah Melahirkan yang Bikin Langsing dan Sehat

Cara Melangsingkan Perut setelah Melahirkan

Perut buncit setelah melahirkan membutuhkan usaha dan waktu untuk mengembalikannya menjadi langsing. Tenang, ada banyak makanan atau bahan herbal yang bisa melenyapkan lemak pada perut. Agar diet aman dan efektif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, mengingat Anda sedang menyusui bayi.

Berikut ini adalah berbagai obat herbal setelah melahirkan:

1. Air Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai bahan herbal yang dapat membakar lemak dengan baik. Itu artinya bisa membantu merampingkan tubuh setelah melahirkan.

Cara mengonsumsi kayu manis cukup mudah, pertama gunakan 1/2 sendok makan bubuk kayu manis dan campur dengan air hangat. Setelah menyaring air kayu manis, campurkan satu sendok makan madu untuk menambahkan rasa. Sebaiknya minum air kayu manis ini setiap hari sebelum sarapan dan sebelum tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Teh Hijau

Terdapat banyak komponen aktif yang terkandung dalam teh hijau. Kandungan ini bisa mempercepat proses pembakaran lemak. Antioksidan utama dalam obat herbal setelah melahirkan ini disebut EGCG (Epigallocatechin gallate), juga dapat meningkatkan metabolisme.

Selain itu, menikmati teh hijau sebagai alternatif teh manis juga bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dan membantu tubuh untuk tidak mengalami penambahan berat badan.

3. Jeruk Nipis dan Madu

Minum segelas minuman hangat yang dicampur jeruk nipis dan madu pada pagi hari saat perut kosong, dapat membuang racun dan membantu membakar lemak. Campuran dari minuman ini juga dapat Anda minum sebelum makan, untuk mempercepat metabolisme dan mengurangi lemak.

4. Tomat

Buah yang kaya vitamin ini bisa menjadi obat pelangsing perut setelah melahirkan, dengan cara mengurangi lemak. Tomat menjadi makanan yang lebih sehat karena gula alami dalam tomat dapat menstabilkan kadar gula darah, sehingga mengontrol keinginan mengonsumsi gula. Ini juga bisa mengurangi rasa lapar.

Terlebih lagi tomat mengandung likopen dan beta karoten yang mengurangi kolesterol, meningkatkan metabolisme, dan karenanya bisa mengurangi lemak. Jadi, tambahkanlah tomat dalam menu makanan harian Anda.

5. Bawang Putih

Mengunyah 2-4 siung bawang putih kecil pada pagi hari bisa mengurangi lemak perut. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa bawang putih berkhasiat mengurangi timbunan lemak dan mempercepat pembakaran lemak. Jika makan bawang putih utuh, sebaiknya minum air jeruk nipis segera setelahnya.

Baca Juga: 13 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan (Aman)

6. Daun Kari

Daun yang juga disebut sebagai daun salam koja ini juga mampu mengurangi penumpukan lemak pada daerah perut, sekaligus meningkatkan metabolisme.

Salam koja menjadi ramuan penghilang lemak esensial dalam Ayurveda, ilmu kesehatan India. Ini karena daun kari dikenal bisa mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol, sekaligus membantu membuang racun dalam tubuh. Selain itu, juga meningkatkan pencernaan yang membantu mengurangi lemak tubuh.

Daun kari bisa Anda konsumsi sebagai bumbu masakan atau mengunyah daun ini setidaknya sepuluh lembar setiap hari untuk pengobatan dan sebagai obat diet setelah melahirkan.

7. Beras Kencur

Sudah tidak asing lagi bagi Anda bahwa beras kencur memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Ini juga merupakan ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Beras kencur adalah jamu tradisional Indonesia yang cukup aman karena bebas dari bahan kimia. Adapun bahan dasarnya hanya menggunakan gula merah, asam jawa, kunyit, jahe, pandan, dan jahe. Semua rempah ini sangat aman dan bermanfaat bagi tubuh.

8. Jus Labu Botol

Kita semua tahu seberapa sehat labu botol? Minumlah segelas jus labu botol segar setiap hari untuk mendapatkan perut yang rata dan menarik. Jadi, pengobatan rumahan yang baik untuk menghilangkan lemak perut setelah melahirkan

9. Apel

Tidak hanya menyehatkan, buah ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk menghilangkan lemak pada perut setelah melahirkan. Hal ini karena apel memiliki kandungan pektin dan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak.

10. Makanan Berserat Tinggi

Makan makanan yang berserat tinggi telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk setelah melahirkan. Biji-bijian dan sayuran adalah makanan sehat yang mengandung serat tinggi.

Sebuah penelitian pada tahun 2019, menemukan bahwa meningkatkan asupan serat sekitar 4 gram serat menyebabkan penurunan berat badan sekitar 1,5 kilogram selama 6 bulan. Sedangkan menurut uji klinis pada tahun 2015, makanan berserat larut juga dapat membantu merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormon kelaparan. Efek pada pencernaan ini membantu mengurangi asupan kalori.

Selain obat pelangsing perut setelah melahirkan yang telah dijelaskan sebelumnya, minum setidaknya 3 liter air setiap hari juga bisa mengecilkan lingkar pinggang Anda, lho! Alasannya, air mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan juga bisa menyeimbangkan cairan. Selain itu, air juga akan mengurangi lemak berlebih dari tubuh.

Baca Juga: 14 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui & Tips Menjaga Produksi ASI

Penyebab Berat Badan Ibu Hamil Meningkat

Setiap wanita yang baru menjalani persalinan pasti mengalami kenaikan berat badan. Ada banyak faktor yang membuat bentuk tubuh membengkak, termasuk berat cairan ketuban, dan volume rahim membesar. Faktor lainnya, seperti peningkatan cairan tubuh, darah, cadangan lemak, dan payudara bertambah besar.

Hal tersebut tergolong wajar dan normal. Bagaimanapun, wanita yang baru saja melahirkan harus makan dan istirahat yang cukup untuk kesehatan ibu dan bayi yang menyusu ASI. Meskipun terbilang normal, tidak sedikit Bunda yang merasa risih dengan bentuk tubuhnya karena tidak mudah untuk melangsingkan badan.

Oleh karena itu, diperlukan berbagai usaha agar bisa langsing kembali. Caranya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yakni menggunakan obat herbal setelah melahirkan dan melakukan tips lainnya sebagai penunjang untuk melangsingkan tubuh.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 12 Excellent Benefits of Jamu Beras Kencur – Best Indonesia Traditional Medicine. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/beverages/benefits-of-jamu-beras-kencur (Diakses pada 31 Maret 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Home Remedies To Lose Belly Fat After Delivery. https://www.beingtheparent.com/home-remedies-to-lose-belly-fat-after-delivery/ (Diakses pada 31 Maret 2021)
  3. Tipane, Jake. 2020. 16 Effective Tips to Lose Baby Weight After Pregnancy. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-after-pregnancy#tips (Diakses pada 31 Maret 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi