4 Jenis Obat Herbal untuk Melangsingkan Badan Pasca Melahirkan

doktersehat berat badan bumil susah naik

DokterSehat.Com– Setiap wanita yang baru menjalankan proses persalinan, pasti akan mengalami kenaikan berat badan dan penggemukan. Ada banyak faktor yang menjadikan bentuk tubuh menjadi membengkak, misalnya pola makan yang tidak teratur serta tidak melakukan aktivitas apapun sehingga terjadi penumpukan lemak.

Hal ini terbilang wajar dan normal. Sebab, bagaimanapun juga seorang wanita yang baru saja melahirkan harus makan dan istirahat yang cukup untuk kesehatan diri sendiri serta bayi yang sedang diberi ASI. Namun, kendati terbilang normal, banyak yang merasa risih dengan bentuk tubuhnya yang semakin melar. Pasalnya, tidak mudah untuk menguruskan badan.

Untuk itu, diperlukan berbagai usaha dan cara agar bisa langsing kembali. Salah satu cara yang terbilang aman dan ampuh dalam mengatasi hal ini adalah mengonsumsi obat herbal, alias jamu. Lantas, apa saja jenis jamu tersebut? Berikut diantaranya:

1. Beras Kencur

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar obat herbal yang satu ini. Ya, beras kencur adalah jamu tradisional yang memang memiliki segudang manfaat. Selain itu, beras kencur juga cukup aman dikonsumsi sebab bebas dari bahan kimia. Adapun bahan dasarnya hanya menggunakan gula merah, asam jawa, kunyit, jahe, daun pandan, serta jahe. Tentunya semua rempah tersebut sangat aman dan bermanfaat bagi tubuh.

2. Madu

Madu sendiri adalah obat alami yang bisa digunakan untuk berbagai macam masalah kesehatan. Selain itu, madu juga kerap dijadikan sebagai metode dalam penurunan berat badan, tak terkecuali bagi wanita yang baru melahirkan. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi madu setelah melahirkan. Namun, jangan terlalu banyak, tapi sewajarnya saja.

3. Jamu Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Selain itu, kunyit juga sering digunakan sebagai jamu oleh orang Jawa. Hal tersebut dikarenakan kunyit bisa memberi kesegaran, khususnya bagi yang baru saja melahirkan.

4. Delima Putih

Buah yang satu ini cukup mudah Anda temukan di pusat perbelanjaan. Delima putih dipercaya sebagai obat alami dalam mengatasi masalah organ intim, seperti keputihan, aroma tak sedap, hingga gatal-gatal. Namun, selain itu semua, delima putih juga bisa meluruhkan lemak Anda sehingga cocok dikonsumsi pasca melahirkan.