Mau Kurus dengan Cepat? Cobalah untuk Jalan Kaki Setiap Hari!

doktersehat-jalan-kaki
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh yang gemuk memang menjadi kendala dan problem sebagian besar orang, terutama wanita. Sebab, dengan tubuh yang gemuk diklaim bisa menurunkan penampilan sehingga membuat seseorang menjadi kurang percaya diri ketika bertemu dengan orang lain. Oleh karenanya, banyak orang gemuk yang berusaha keras untuk dapat menurunkan berat badannya dengan berbagai cara.

Biasanya, orang berbadan gemuk akan melakukan diet dan serangkaian olahraga. Hal itu wajar dan baik. Tapi, tak sedikit pula yang menggunakan cara instan, yakni dengan mengonsumsi obat-obatan yang belum tentu terjamin khasiatnya. Bahkan, ada beberapa kasus terjadi, banyak orang mengalami gangguan kesehatan karena efek samping obat-obatan pelangsing yang dikonsumsinya.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda melakukan cara yang sehat dalam menurunkan berat badan. Salah satu cara yang terbilang sehat dan aman adalah dengan berjalan kaki setiap hari. Ya, jalan kaki adalah sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda. Selain memberikan kebugaran, jalan kaki pun dipercaya bisa menurunkan berat badan secara efektif.

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sheffield Hallam University mengenai manfaat dari jalan kaki. Hasilnya pun mengejutkan, dikatakan bahwa dengan berjalan kaki 10.000 langkah sama saja dengan berolahraga kardio selama 30 menit. Ketika seseorang rutin berjalan kaki setiap hari, maka seseorang tersebut akan lebih kebal terhadap penyakit kardiovaskular.

Untuk jumlah langkah memang terkesan cukup banyak, yakni 10.000 langkah. Tapi jika dilakukan, berjalan kaki 10.000 langkah dilakukan tak lebih dari 20 menit saja. Sebab, perjalanan normal untuk menempuh jarak 100 meter saja seseorang membutuhkan 200 langkah. Jadi, jumlah 10.000 langkah kaki bukanlah jumlah yang banyak. Sebab, pada normalnya setiap orang melakukan jalan sebanyak 7.000 langkah kaki.