Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Setiap Lebaran kita akan banyak berkunjung ke rumah-rumah saudara yang kadang jumlahnya sangat banyak. Akibat hal ini kita jadi sering pulang terlambat ke rumah dan jarang sekali tidur entah itu tidur siang atau malah tidur malam yang terlalu larut karena masih asyik mengobrol dengan banyak orang.

5 Cara Mengatasi Kurang Tidur saat Lebaran

Selain itu, Lebaran tahun ini juga sedikit berbeda mengingat perhelatan World Cup sedang berlangsung. Setiap malam kita kan sering berada di depan TV untuk menyaksikan pertandingan bola yang mulainya kadang terlalu malam mengingat lokasi pertandingannya di Rusia.

Nah, agar Lebaran tahun ini kita tetap sehat dan kondisi kurang tidur bisa sedikit dihindari, simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Jangan terlalu banyak kafeina

Jangan terlalu banyak minum sesuatu yang berkafeina seperti kopi. Meski Anda ingin menyaksikan World Cup, lebih baik minum yang lain seperti susu yang akan membuat perut jadi nyaman dan Anda bisa segera tidur setelah menghabiskannya.

Kalau Anda minum kopi, begitu pertandingan usai, Anda akan tetap terjaga. Rasa kantuk akan hilang sehingga Anda tidak akan bisa melakukan apa-apa selain menunggu kantuk yang biasanya muncul menjelang dini hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Batasi kunjungan per harinya

Kita selalu ingin mengunjungi banyak rumah dalam satu hari padahal jaraknya cukup berjauhan. Kondisi ini menyebabkan Anda harus tidak tidur dari pagi hingga malam dan berlanjut hingga menyaksikan pertandingan sepak bola pada malam harinya.

Agar Anda masih bisa tidur dan mengistirahatkan tubuh, coba batasi kunjungan per harinya. Pagi hari Anda bisa tidur 2-3 jam sebelum berangkat ke rumah saudara. Selanjutnya sore hari saat sampai rumah bisa tidur lagi 2-3 jam sebelum bangun dan menyaksikan pertandingan bola

  1. Sempatkan tidur siang

Kalau Anda tidak bisa tidur pagi hari, sempatkan tidur siang meski hanya 2 jam saja, Tidur siang akan membuat Anda bisa mencukupi kebutuhan tidur harian yang kadang terus menurun karena banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Pergi berkunjung ke rumah saudara pukul 08.00 lalu pulang pukul 12.00 untuk tidur siang. Selanjutnya, lakukan perjalanan lagi ke banyak tempat pukul 15.00 hingga malam hari atau sampai Anda merasa capai dan mencukupkan kunjungan untuk hari ini.

  1. Buat suasana kamar jadi redup

Buat suasana kamar menjadi lebih nyaman untuk tidur. Ada kalanya saat tubuh capai dan kita kebanyakan makan, tidur akan susah dilakukan. Oleh karena itu, coba redupkan lampu untuk tidur berlanjut dengan memasang wewangian aromaterapi kalau dibutuhkan.

Kalau lampu di kamar tetap menyala, Anda akan susah tidur karena cahaya membuat tubuh jadi terjaga. Selain membuat lampu kamar jadi redup, Anda harus berusaha untuk mandi dan membuat badan jadi lebih relaks. Kalau Anda tidur dalam kondisi kotor, tubuh akan gatal dan Anda susah mendapatkan rasa nyenyak.

  1. Sempatkan olahraga

Apa pun yang terjadi saat Lebaran, selalu sempatkan untuk berolahraga bagaimana pun caranya. Berolahragalah setiap pagi atau sore hari meski hanya sekadar jogging, jalan sehat, atau melakukan olahraga dengan masa tubuh.

Olahraga akan membuat peredaran darah di dalam tubuh membaik. Metabolisme juga bisa berjalan dengan lancar sehingga Anda akan mudah sekali tidur saat malam hari. Kondisi gangguan tidur seperti insomnia yang muncul sendirinya tanpa kopi bisa dihindari sehingga tubuh bisa semakin sehat sebelum mengikuti arus balik.

Mari lebih memperhatikan pola tidur selama Lebaran tiba. Jangan buat tubuh terlalu lelah sehingga saat arus balik tiba kita malah sakit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi