Terbit: 23 April 2018 | Diperbarui: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mom, apa yang Anda rasakan jika kurang tidur? Pasti lemas, tidak bersemangat dan cenderung cranky kan? Begitu juga dengan anak-anak dan bayi. Bayi memiliki durasi tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Untuk itu pastikan bayi mendapat tidur yang cukup karena bayi yang kurang tidur akan terganggu tumbuh kembangnya.

Kurang Tidur Dapat Berbahaya Bagi Bayi Lho, Mom!

Bahaya kurang tidur pada bayi

Dalam sehari, bayi dapat tidur sekitar 16 jam sehari. Bagi bayi, tidur bukan hanya untuk beristirahat. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat berbahaya bagi perkembangan bayi, di antaranya:

1. Mengganggu pertumbuhan bayi

Saat tertidur lelap, tubuh bayi bekerja menghasilkan hormon pertumbuhan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang rusak. Hormon pertumbuhan ini bertugas untuk memperbaiki semua sel mulai dari sel kulit, sel darah hingga sel saraf otak. Bahkan proses pertumbuhan sel ini berlangsung lebih cepat ketika bayi terlelap dibanding saat bayi sedang terjaga.

2. Mengganggu kemampuan belajar bayi
Salah satu bahaya dari kurang tidur pada bayi adalah dapat mengganggiu proses belajar serta kemampuan berpikirnya. Tidur lelap yang cukup dapat membantu perkembangan otak bayi dalam mengingat gerakan motorik dan menguatkan daya ingat. Jika kurang tidur, bayi akan mengalami kesulitan belajar.

3. Mengganggu emosi bayi
Bayi yang kurang tidur juga dapat mengalami gangguan perkembangan emosi. Saat tidur terdapat aktivitas yang memacu kerja otak sehingga meningkatkan perkembangan fungsi otak dan emosi bayi.

4. Bayi tampak lemas dan tidak bersemangat
Dampak dari bayi yang tidak tidur nyenyak semalaman adalah tampak lemas dan kurang bersemangat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya jam istirahat bayi sehingga pemulihan energi dan perbaikan sel belum maksimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

5. Bayi rewel dan pola makan/menyusu terganggu
Bayi yang kurang tidur umumnya akan rewel seharian karena merasa mengantuk, tidak fit dan merasa tubuhnya kurang nyaman. Selain itu bayi yang kurang tidur juga cenderung mengalami gangguan pola makan atau perubahan jadwal menyusu.

Nah Mom, ternyata tidur yang cukup juga penting untuk bayi. Pastikan bayi mendapat waktu tidur yang cukup ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi